Cara Cepat dan Mudah Belajar Public Speaking dengan Baik

Cara belajar Public Speaking dengan Baik – Ada sebagian orang yang mengatakan Public Speaking (kemampuan berbcara di depan umum) adalah hal yang hanya bisa dikuasai orang tertentu saja.

Ada yang mengatakan bakat dari lahir lah, sudah ditakdirkan bisa lah, dan berbagai macam asumsi lainya.

Perlu saya tekankan kepada anda, bahwa ilmu public speaking sebenarnya bisa dipelajari oleh siapapun. Tanpa terkecuali, anda yang saat ini membaca postingan ini pun bisa belajar public speaking.

Apapun alasan anda, entah anda tidak punya bakat dari lahir pun, tetap saya katakan anda bisa belajar public speaking.

Mari kita bahas lebih lanjut!

Dalam aktivitas sehari-hari, apakah anda pernah berfikir kalau sebetulnya anda seringkali melakukan komunikasi dengan banyak orang.

Siapapun itu, entah teman, kerabat, saudara, atau siapapun yang ada dilingkungan dan sekitar anda.

Coba anda perhatikan, anda pasti hebat bila menjelaskan sesuatu kepada orang lain kalau anda ditanya tentang suatu bidang yang anda kuasai.

Contoh, anggap saja anda hebat dalam hal komputer, kemudian ada salah seorang teman yang bertanya kepada anda tentang seputar itu, pastinya anda akan menjawab dengan sangat baik, bahkan anda sangat antusias untuk berbicara menjelaskanya kepada orang tersebut.

Nah, kalau berbicara di depan kerabat dan teman-teman saja anda pandai dan bisa, mengapa saat disuruh berbicara di depan umum anda mengatakan tidak bisa.

Persoalan public speaking ini hanya terletak pada keterbiasaan saja. Yang semulanya anda hanya terbiasa berbicara di hadapan satu atau dua orang, maka cobalah untuk membiasakan diri berbicara di depan lebih banyak orang lagi.

Dalam belajar public speaking, terdapat 5 tips yang bisa anda terapkan agar anda dapat menguasainya dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah 5 tips meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum :

1. Just do it

Gak perlu banyak mikir, Lakukan saja!. Bicara saja kepada audiens anda. Jangan ragu, ragu hanya akan membuat anda menciptakan banyak kesalahan dalam berbicara.

Bila ada kesempatan yang menawarkan anda untuk berbicara, maka kesempatan itu jangan dibuang sia-sia, jadikan itu sebagai peluang anda untuk melatih diri anda.

Kalau ada sedikit kesalahan ya wajar, namanya juga masih berproses, so nikmati saja alur nya. Lama-lama pasti akan terbiasa kok, bahkan bisa jadi anda akan ketagihan berbicara di depan umum.

2. Dengarkan

Agar public speaking anda menjadi maksimal, tidak ada salahnya mendengar orang lain saat berbicara, terlebih mereka adalah seorang profesional.

Pelajari cara bicaranya yang sekiranya bagus dan sesuai dengan diri anda. Pahami dengan baik, bagaimana orang itu menyampaikan sesuatu. Cepat atau lambat saya yakin anda pun bisa seperti mereka.

3. Rekam dan Tonton

Sekarang sudah jamanya teknologi, apa-apa serba teknologi. Kalau dulu mah orang belajar public speaking menggunakan bantuan cermin, tapi sekarang anda bisa belajar dan mengevaluasi diri anda menggunakan kamera yang anda punya, entah itu kamera hp atau sejenisnya.

4. Jadilah dirimu sendiri

Menjadi diri sendiri jauh lebih baik daripada berpura-pura menjadi orang lain. Mungkin barangkali anda nge-fans dengan seseroang, kemudian saking nge-fans nya anda, sampai-sampai semuanya anda ikut. Dari gaya bicaranya, gaya rambutnya, atau bahka gaya berpakaianya semua anda ikuti.

Sebenarnya saya tidak melarang anda melakukan itu, namun alangkah baiknya, anda jujurĀ  saja kepada diri anda sendiri. Jadilah versi terbaik dari diri anda sendiri agar anda dapat terlihat natural dan tidak dibuat-buat.

5. Evalusi dirimu

Yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Lakukan perbaikan terhadap diri sendiri. Apabila ada kekurangan-kekurangan yang sebelumnya ada pada diri anda, cobalah untuk menjadikanya lebih maksimal.

Seperti pada poin yang ketiga tadi, manfaatkan kamera yang anda punya. Rekam kegiatan anda berbicara, kemudian setelahnya tontonlah, cari titik kelemahan anda lalu perbaiki itu.

Kesimpulan

Sampai disini, apa anda sudah mengerti dengan apa yang saya sampaikan?, Semoga saja anda mengerti.

Jadi, Public Speaking ini bisa di pelajari oleh siapa saja, jangan pernah minder merasa diri lebih buruk dari yang lain.

Ingatlah dibawah anda masih banyak orang-orang yang kemampuanya jauh lebih rendah dari anda, oleh karenanya sudah sepaptut nya anda bersyukur.

Implementasikan kelima tips yang saya sampaikan diatas, Insyaallah akan berguna bagi diri anda dan banyak orang.

Tonton juga versi videonya !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here