10 Cara Berwirausaha untuk Anak Muda Secara Mandiri

Diposting pada

10 Cara Berwirausaha untuk Anak Muda Secara Mandiri

Memulai sebuah usaha tidak harus menunggu tua. Di usia kita yang masih muda saat ini, kita berpeluang loh untuk bisa memulai sebuah usaha secara mandiri. Faktanya diluar sana, banyak kok orang yang sudah sukses walau usianya masih sangat muda, jadi jangan pernah ragu, jika mereka bisa, kita pun bisa.

Seorang wirausaha muda yang sukses, tentu tidak mendapatkan keberhasilanya dengan cara yang mudah. Banyak hal yang harus dilewatinya, mulai dari pemilihan usaha yang tepat, memantapkan mental, mempelajari ilmu penunjang, dan masih banyak lagi lainya.

Jika kita ingin memulai usaha di usia muda, maka penting bagi kita untuk mempelajari langkah-langkah yang benar dalam memulainya, disini kita akan mencoba membahasnya bersama-sama.

Berikut ini adalah 10 Cara Berwirausaha untuk Anak Muda Secara Mandiri, agar dapat berhasil dan sukses.

1. Mulailah dari Apa yang Anda Suka

Saya yakin kita semua punya hoby, kita semua punya passion dan kecintaan terhadap sesuatu. Mengapa kita harus memulai usaha dari apa yang kita suka. Jadi gini, yang namanya sebuah usaha pasti akan banyak tantangan dan rintangan. Jika memang apa yang kita perjuangkan itu merupakan berdasarkan rasa cinta dan keikhlasan kita menjalaninya, maka sebesar apapun rintanganya, kita pasti akan mampu menghadapinya.

Namun jika sebaliknya, apa yang kita perjuangkan bukan berdasarkan apa yang kita cintai, maka bila kita mendapatkan masalah, kita akan mudah menyerah dan mudah putus asa. Jadi mulailah berwirausaha / berbisnis berdasarkan hoby, passion dan kecintaan anda. Percayalah, semua akan terasa menyenangkan, anda tidak akan merasa sedang bekerja, melainkan anda merasa seperti sedang bermain.

Jika anda belum menemukan passion anda, jangan khawatir, di artikel saya sebelumnya, saya sudah mengupasnya secara jelas. Silahkan saja anda baca saja.

Baca Juga : 6 Cara Menemukan Passion Kamu Yang Sebenarnya

2. Temukan Peluang Usaha yang Tepat

Selanjutnya, langkah yang kedua adalah, anda harus menemukan peluang disekitar anda. Artinya, ketika ada sebuah kebutuhan masyarakat di lingkungan anda, yang mana suplaynya masih sedikit atau bahkan tidak ada, maka anda bisa memanfaatkan itu sebagai sebuah peluang.

Contoh kasus : Ada seorang mahasiswa yang pandai dalam melihat peluang usaha disekitarnya. Mahasiswa ini tahu kalau yang namanya mahasiswa pasti memiliki banyak kebutuhan, contohnya seperti mencetak tugas, penjilitan dan lain sebagainya.

Jika mahasiswa ini membuka usaha percetakan dan penjilitan dengan menyewa toko disekitar kampus, mungkin akan terasa sulit sebab dia tidak memiliki banyak modal. Pada akhirnya dia pun punya ide, bagaimana kalau dia melayani mahasiswa yang ingin mencetak dan menjilit tugasnya, secara online dengan modal yang sedikit.

Kemudian ia pun mencoba membeli satu printer saja, dengan harga yang tidak terlalu mahal yang nantinya akan digunakan untuk mencetak tugas teman-temanya secara online.

Bagi mahasiswa yang malas keluar, misalnya karena terlalu malam dan banyak percetakan yang tutup, maka solusinya teman-temanya bisa mengirimkan file tugas lewat email. Nanti file itu akan dicetak dan besok paginya bisa diambil di sekolah.

Nah, apa yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa diatas merupakan gambaran saja, bahwa untuk memulai sebuah usaha ternyata bisa dimulai kapan saja. Tidak harus dengan modal yang besar. Kita hanya perlu berfokus pada peluang, peluang, dan peluang.

3. Perluas Pengetahuan Tentang Bisnis

Orang yang berhasil adalah orang yang selalu haus akan ilmu. Dia akan selalu belajar dan belajar, tujuanya agar pengetahuanya selalu bertambah, terutama dalam hal bisnis. Cara menambah pengetahuan yang paling umum kita tahu adalah dengan cara banyak membaca.

Bill gates yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia, dalam setahun bisa menghabiskan kurang lebih 50 buku. Nah, bagaimana dengan kita? dalam sehari sudah membaca berapa banyak.

Oleh sebab itu, jika kita ingin berhasi dalam usaha yang kita lakukan, maka benar seperti yang saya jelaskan di atas. Kita harus senantiasa menambah wawasan dan pengetahuan.

Baca Juga : 5 Cara Agar Menemukan Passion dalam Pekerjaan

4. Belajarlah dari Pengalaman Orang Lain

Jika kita tidak memiliki pengalaman banyak seperti orang lain, setidaknya kita berusaha belajar dari pengalaman mereka. Jangan pernah malu untuk bertanya, ada sebuah kalimat menarik berbunyi “malu bertanya sesat di jalan”.

Seperti kalimat diatas, kita seharusnya banyak bertanya kepada orang lain, tentunya agar tidak tersesat di tengah perjalanan bisnis yang kita lakukan. Bila kita merasa kesulitan untuk bertanya langsung kepada orang yang berpengalaman, maka kita juga bisa membaca biografi, dan berbagai pengalaman yang pernah dilakukanya di dalam buku yang sudah pernah di tulisnya.

5. Tuliskan Target yang Harus Anda Raih

Target juga menjadi poin penting di dalam membangun sebuah usaha. Bukan hanya usaha besar saja yang harus memiliki target, melainkan usaha kecil dan bahkan yang masih baru pun seharusnya juga memiliki target yang jelas. Baik itu target omset, kualitas produk, kuantitas produk, dan juga kemampuan sumber daya manusianya.

6. Tanamkan Keberanian

Menanamkan keberanian dalam diri ini seharusnya saya tulis pada poin paling awal, namun karena saya merasa bahwa ditengah perjalanan usaha terdapat banyak sekali tantangan dan masalah, maka saya menaruh nya di poin ke enam. Ketika kita mengalami tantangan dan permasalahan, inilah saat yang tepat dibutuhkan sebuah keberanian untuk melawanya agar dapat melewati semua masalah dengan baik.

7. Jangan Mudah Menyerah

Menyerah bukanlah sebuah solusi, menyerah hanya akan membuat hidup kita semakin lemah dan terpuruk. Saya masih ingat dengan ungkapan bijak berbunyi “Kamu belum dikatakan gagal bila kamu masih tetap berjalan, namun jika kamu berhenti dan memilih kembali, disitulah kamu dikatakan sudah gagal”.

Tetaplah berjuang dan terus berusaha, seberat apapun masalah yang kita hadapi. Percayalah, di dunia ini kita tidak mendapatkan masalah sendirian. Diluar sana ada jutaan orang yang juga mengalami masalah yang sama dengan apa yang kita alami saat ini.

8. kembangkan Usaha Anda

Selanjutnya, jika memang usaha yang anda bangun sudah mulai berjalan, semua terasa stabil. Maka saatnya anda harus mengembangkan usaha anda. Yang semulanya anda hanya membuka usaha di lokasi A, seterusnya anda harus membuka usaha juga dilokasi B,C,D dan seterunya. Inilah salah satu kunci yang dilakukan oleh banyak pengusaha sukses, sehingga dia bisa menghasilkan kekayaan yang melimpah.

9. Jangan Lakukan Pekerjaan Sendiri

Jika anda mengembangkan usaha anda seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Tentu anda membutuhkan SDM (sumber daya manusia) yang banyak bukan?. Disinilah anda harus mencoba untuk menambah pekerja anda. Jangan pernah ragu memberikan kepercayaan kepada pekerja anda, lama semakin lama pasti mereka bisa menjadi pekerja yang profesional.

10. Berdoa Kepada Tuhan

Kemudian yang terakhir, ini adalah poin yang paling penting. Yakni Jangan pernah melupakan Tuhan. Cobalah untuk selalu melibatkan Tuhan dalam segala pekejaan yang anda lakukan. Semua pekerjaan, kita serahkan kepada Tuhan, selanjutnya kita hanya bisa berdoa dan berusaha, semoga usaha kita bisa berjalan dengan baik dan terus mengalami peningkatan.

Demikian beberapa Cara Berwirausaha untuk Anak Muda Secara Mandiri. Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian. Terimakasih sudah meluangkan waktunya dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *