10 Cara Bergaul yang Baik Agar Punya Banyak Teman

10 Cara Bergaul yang Baik Agar Punya Banyak Teman

Diposting pada

Cara Bergaul Agar Punya Banyak Teman – Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang ingin hidup sendiri tanpa ada seorang pun disekitarnya. Manusia adalah mahluk sosial yang sama-sama saling membutuhkan. Sebagai mahluk sosial tentu penting bagi kita untuk menambah teman di dalam hidup.

Mencari teman bisa dimana saja, bisa disekolah, ditempat kerja, dilingkungan baru atau yang lainya. Mencari teman juga sangat dianjurkan oleh agama, di mana kita harus tetap menjaga hubungan baik kita dengan sesama.

Dalam proses kita mencari banyak teman, nampaknya tidak bisa mulus begitu saja. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah dalam bergaul, ada juga orang yang sulit dalam bergaul.

Saya membuatkan postingan ini, untuk membantu orang-orang yang merasa kesulitan dalam bergaul. Jika anda merasa demikian, maka artikel ini mungkin tepat bagi anda.

Ada 10 tips yang bisa anda terapkan dalam bergaul agar anda disenangi dan mudah mendapatkan banyak teman. Silahkan simak penjelasan saya berikut ini.

1. Murah Senyum

Senyuman itu adalah bahasa universal untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Meskipun anda tidak mengenal orang lain, namun dengan sikap tersenyum seolah-olah anda bisa berkomunikasi dengan baik denganya.

Ini berlaku untuk semua orang, entah itu kita bertemu dengan orang dari berbagai negara, semuanya sama. Pertama kali bertemu, pasti bahasa universalnya adalah tersenyum.

Maka dari itu jangan pernah melupakan tersenyum, dengan tersenyum anda juga menunjukan sikap menghargai orang lain.

2. Suka Menyapa

Orang yang suka menyapa adalah orang yang ramah. Setiap kali bertemu orang lain selalu berusaha untuk menyapanya. Ini merupakan perbuatan yang baik, bahkan dengan sikap seperti ini bisa saja mendatangkan rejeki secara tiba-tiba.

Saya pernah memiliki teman yang punya pengalaman demikian, dia adalah orang yang ramah dan suka menyapa. Karena sikapnya yang ramah itu akhirnya dia mendapat tawaran pekerjaan dari orang yang dia sapa. Beruntung sekali bukan?, Itulah alasanya mengapa kita jangan cuek, kita haruslah bersikap ramah.

3. Percaya Diri

Sikap percaya diri yang tinggi akan membawa banyak keberkahan di dalam hidup kita. Percaya atau tidak, coba anda bandingkan orang yang percaya diri dengan orang yang tidak percaya diri.

Orang yang percaya diri pasti lebih mudah menjalani hari-harinya walau itu berat, namun orang yang tidak percaya diri akan akan sulit menjalani hidupnya walau itu ringan.

Mengapa bisa begitu,? Sebab orang percaya diri selalu semangat, sedang orang tidak percaya diri selalu lesu, lemas, dan mudah putus asa.

Baca Juga : 5 Cara Jitu Menjadi Orang yang Percaya Diri

4. Jadilah Pendengar yang Baik

Di dalam bukunya Les Giblin yang berjudul “Seni membina hubungan untuk meraih sukses dan bahagia” saya mempelajari bahwa salah satu poin penting yang menjadi dasar kita terhubung dengan orang lain adalah selalu menganggap orang lain merasa penting.

Artinya kita menghargai orang lain dengan mau mendengarkan mereka berbicara dan menjadi seorang pendengar yang baik.

Setiap orang pada dasarnya suka di dengar, bahkan saking senangnya di dengar ada sebagian orang yang tidak pernah lelah untuk terus berbicara, menceritakan tentang dirinya.

Maka dari itu, bila kita ingin disukai oleh mereka, jadilah pendengar yang baik. Rasakan apa yang mereka rasakan, coba posisikan diri anda seperti mereka. Saya yakin anda pun akan digemari dan disenangi oleh banyak teman.

5. Jadilah Dirimu yang Apa Adanya

Jangan pernah anda berpura-pura menjadi orang lain. Bertemu dengan orang lain berusahalah untuk menjadi diri anda sendiri. Jika anda tidak menjadi diri sendiri, sama saja artinya anda tidak menghargai diri anda sendiri.

Kalau sudah tidak menghargai diri sendiri, jangan harap anda akan menjadi orang yang percaya diri. Saya yakin anda akan minder dan pesimis.

Baca Juga : 5 Cara Menjadi Diri Sendiri yang Apa Adanya

6. Mampu Mengontrol Diri Sendiri

Keahlian dalam mengontrol emosi juga penting. Bagaimana anda bisa menahan diri anda dari hal-hal yang tidak harus dilakukan. Misalkan anda mendengar salah satu ucapan teman yang menyakiti prasaan anda, sebisa mungkin anda menahan diri untuk tidak membalasnya. Berusaha sabar walau orang lain terkadang bersikap kurang baik kepada anda.

7. Netral Kepada Semua Teman

Agar disukai dan mudah mencari teman, anda juga harus memperhatikan sikap netral anda. Jangan berat sebelah dengan teman yang lain. Tunjukanlah sikap netral anda, apapun kondisinya. Sebab itu bisa menjadi penilaian orang lain terhadap anda, jika sudah di cap tidak netral kemungkinan anda akan dijauhi mereka.

8. Tidak Egosi

Jika anda memiliki sifat egois, sebaiknya anda segera untuk menghilangkanya. Sikap ini akan berbahaya bila sudah berhadapan dengan teman yang memiliki pandangan yang berbeda.

Untuk menjalin pertemanan dengan baik, bukan hanya persoalan benar dan salah, namun bagaimana saling memahami dan mau mengalah. Mengalah bukan berarti mengakui kalah, melainkan termasuk bagian dari strategi menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

9. Menjadi Pemaaf

Setiap orang pasti pernah salah. Kita sadar bahwa salah merupakan hal yang bisa saja terjadi pada semua orang, belajarlah untuk menjadi seorang pemaaf.

Bila ada salah seorang teman anda yang salah, jangan dibenci, maafkan dia. Semoga dia bisa berbenah dan berubah, agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukanya.

Dengan sikap seperti itu, anda menunjukan kedewasaan anda. Hingga anda pun dikenal sebagai teman yang baik oleh orang-orang yang anda kenal.

10. Bersikap Jujur

Cara bergaul agar punya banyak teman yang terakhir adalah dengan cara selalu bersikap jujur. Jujur memang berat, walau terkadang bisa menyakitkan. Namun jujur itu harus!, mengapa harus?, kalau dari awal sudah jujur dan suka menipu, maka diri ini akan terus ketagihan menjadi orang yang tidak jujur.

Bila sudah diketahui banyak orang bahwa kita tidak jujur, image kita pun akan jelek dimata orang lain. Bahkan bisa merusak reputasi kita untuk menjalin hubungan dengan banyak orang.

Utamakanlah kejujuran di dalam diri anda. Sepahit dan seberat apapun, berusahalah untuk selalu menjadi pribadi yang jujur. Saya yakin anda pasti bisa menjadi pribadi yang disukai dan memiliki banyak teman.

Demikian artikel saya tentan 10 Cara Bergaul yang Baik Agar Punya Banyak Teman. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini, Semoga dapat memberikan manfaat.

 

3 thoughts on “10 Cara Bergaul yang Baik Agar Punya Banyak Teman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *