Cara Berbicara di Depan Umum Agar Terlihat Hebat

Diposting pada

Cara Berbicara di Depan Umum Agar Terlihat Hebat – Saya sebelumnya sudah banyak membahas topik tentang public speaking. Mulai dari cara mengolah intonasi, melatih mental, sampai dengan cara mengatur body language, sudah banyak saya bagikan di website ini. Jika anda belum membacanya silahkan klik disini.

Ilmu public speaking sebenarnya merupakan seni, Seni dalam berbicara di depan banyak orang. Dan karena ini merupakan sebuah seni, kadang tidak semua orang bisa menguasainya.

Masalah yang paling sering kita temukan, mengapa orang tidak bisa public speaking adalah karena tidak berani, takut, khawatir dan sejenisnya.

Walau demikian, bukan berarti pintu untuk dapat menguasainya itu tertutup loh. Kesempatan untuk belajar itu masih besar.

Kebetulan disini saya akan membahas cara public speaking agar terlihat hebat. Walau apa yang kita bicarakan itu mungkin biasa, tapi dimata audiens pembicaraan kita itu terlihat hebat. Penasaran dengan tips nya?

Beginilah cara agar ketika berbicara di depan umum kita dapat terlihat hebat !!!

Ada sebuah peribahasa yang mengatakan “bisa karena terbiasa”, dan saya sangat sepakat dengan ungkapan itu.

Berawal dari pengalaman saya ketika dulu aktif menjadi mahasiswa organisatoris. Awalnya sih saya ga bisa public speaking. Bahkan berbicara di depan teman-teman saja masih terasa gugup, seolah-olah apa yang ingin saya ucapkan tidak bisa keluar.

Namun seperti pribahasa diatas, bisa karena terbiasa. Saya pun lama-lama bisa berbicara di depan teman-teman saya.

Saya bisa karena kebiasaan saya di dalam organisasi yang sering kumpul dan rapat, sering mengutarakan pendapat bersama teman-teman organisasi.

Setelah saya berani dan bisa dalam berbicara, ada satu lagi masalah yang ingin saya pecahkan. Saya ingin bicara saya terlihat hebat, dipandang baik oleh siapa saja yang mendengarkan saya.

Kita tahu sendiri, diluar sana banyak orang yang berani public speaking namun sedikit diantara mereka yang berbicaranya baik.

Saya pun akhir nya mencoba mencari tahu. Mencari refrensi sebanyak-banyaknya, mulai dari media online, buku, serta berbagai eksperimen yang sudah pernah saya lakukan. Alhasil saya pun menemukan jawabanya.

Ingat, ini adalah hasil eksperimen saya sendiri, jadi kalau tidak singron dengan pengalaman anda ya dimaklumi saja, manusia kadang memiliki gagasan masing-masing.

Agar public speaking kita terlihat hebat, terdapat dua unsur penting yang harus di pelajari. Apa saja unsur pnting itu? Yakni VOKAL dan GESTUR TUBUH.

Untuk cara mengolah vocal dengan baik, silahkan anda bisa membaca artikel yang sudah pernah saya tulis sebelumnya.

Kemudian soal gestur tubuh / body language, juga pernah saya bahas di artikel saya sebelumnya.

Menurut saya dua unsur ini sangat penting untuk menentukan bicara kita terlihat hebat dimata audiens.

Vokal / suara adalah hal yang sangat fundamental. Sebagai seorang pembicara yang baik tentu harus mengucapkan kalimat dengan baik, jelas, dan lugas.

Begitupun dengan gestur tubuh, juga sangat penting untuk menggambarkan isi pembicaraan agar mudah di pahami audiens. Kalau tidak ada gestur tubuh maka public speaking akan terlihat garing dan tidak menarik.

Jadi kedua poin diatas sangat penting untuk di perharikan. Saya disini membuat tulisan ini bukan berarti saya paling hebat atau pintar itu tidak!, melainkan disini saya juga masih sama-sama belajar seperti anda.

Itulah sedikit pembahasan saya soal cara berbicara di depan banyak orang agar terlihat hebat. Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membacanya.

Salam Inspirasi!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *