Cara Belajar Public Speaking yang Baik dan Benar

Diposting pada

Public Speaking merupakan keterampilan berbicara di depan umum. Terdapat dua unsur di dalamnya, yakni public dan speaking. Public itu maksudnya keberanian di depan umum, dan speaking itu maksudnya keahlian dalam berbicara.

Walaupun anda pandai dalam berbicara, namun ketika anda tidak berani mengutarakanya di hadapan umum, maka anda belum bisa dikatakan mampu public speaking.

Kedua unsur inilah yang memberikan arti public sepaking sebagai keterampilan berbicara di hadapan banyak orang.

Disini saya akan mengajak anda untuk sama-sama belajar, kita akan belajar tentang cara public speaking yang baik.

Terdapat 5 poin penting yang harus di perhatikan ketika belajar public speaking. Kelima poin ini akan menjadi penentu kesuksesan anda dalam public speaking.

Apa saja poin-poin itu? Berikut adalah 5 poin penting dalam belajar public speaking :

  • Suara

Suara adalah modal, tanpa suara bagaimana anda akan menjelaskan sesuatu kepada audiens anda?, jadi ibaratnya suara ini adalah senjata utama anda dalam public speaking.

Biasakan kalau berbicara suara harus jelas, sehingga audiens dapat mencerna dengan baik apa yang anda sampaikan.

  • Kontak Mata

Kemudian yang selanjutnya adalah kontak mata. Selain suara, anda juga harus memberikan perhatian lebih kepada audiens dengan melakukan kontak mata.

Audiens akan merasa lebih dihargai apabila anda menatapnya dengan baik. Kebiasaan buruk seorang public speaker pemula adalah tidak menatap kearah audiens, melainkan ke atas, ke bawah, atau bahkan ke samping.

Jadi perlu dipahami, bahwa kontak mata ini juga bagian yang sangat penting di dalam public speaking.

  • Gestur Tubuh

Gestur tubuh atau biasa dikenal dengan body language, juga merupakan hal yang sangat penting. Tanpa gerakan tubuh maka bicara anda akan terlihat kaku, sehingga itulah yang kadang menyebabkan audiens menjadi bosan.

Topik tentang body language sudah pernah saya bahas sebelumnya : 6 Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

  • Ekspresi Wajah

Wajah merupakan bagian yang paling disoroti oleh audiens, gunakanlah ekspresi wajah yang baik, ramah, dan sesuai dengan penyampaian anda.

  • Mental

Poin yang terakhir ini adalah pelengkapnya. Kalau bicara anda sudah baik. Mulai dari suara, kontak mata, gestur tubuh, sampai dengan ekspresi wajah, itu semua sudah baik. Maka yang terakhir, anda harus memiliki mental dan keberanian yang baik dalam memulai public speaking anda.

Beberapa tips yang saya sampaikan diatas merupakan dasar anda dalam belajar public speaking.

Bila poin-poin diatas tidak anda perhatikan, maka kemungkinan anda tidak dapat menguasi public speaking dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *