Cara Belajar Public Speaking dalam 5 Langkah

Cara Belajar Public Speaking dalam 5 Langkah

Diposting pada

Bagaimana cara belajar public speaking yang baik dan mudah?, Jika anda adalah seorang pemula dan ingin belajar public speaking, maka apa yang saya tulis kali ini bisa menjadi rujukan anda dalam proses belajar public speaking.

Public speaking adalah seni berbicara di depan umum. Di jaman sekarang public speaking tidak hanya dibutuhkan oleh para pelaku pembicara seperti guru / pengajar. Melainkan juga di bidang yang lain pun sudah banyak yang membutuhkan ilmu public speaking.

Saya banyak menemukan teman, ketika masih sekolah dia tidak tertarik belajar public speaking, namun ketika sudah masuk dunia kerja, dia menyesal karena tidak belajar public speaking.

Nampaknya ilmu public speaking sangat berpengaruh di dalam dunia kerja. Seperti contoh yang sudah pernah saya jelaskan pada topik public speaking saya sebelumnya, bahwa ketika sesorang memiliki keahlian public spaking, ada banyak hal yang di dapat. Misalkan seperti, naiknya pangkat/jabatan, diberikan tanggung jawab yang lebih besar (pemimpin), berani untuk meloby atasan, dan berbagai kelebihan lainya.

Nah untuk bisa menguasai ilmu public speaking, tentu kita harus belajar terlebih dahulu. Cara belajarnya bagaimana? Berikut Cara Belajar Public Speaking dalam 5 Langkah !!!

1. Belajar Mengolah Vocal / Suara

Langkah awal untuk bisa public speaking, anda haruslah memperhatikan vocal / suara. Ini adalah faktor terpenting dalam public speaking, maka wajib bagi anda untuk mempelajarinya.

Ketertarikan audiens terhadap anda, sangat ditentukan oleh bagaimana suara / vocal anda di dalam berbicara. Bila vocal anda tidak jelas, bahkan dalam menyusun kata-kata tidak baik, dan intonasi suara juga terlalu flat, maka sudah dipastikan public speaking anda belum maksimal.

Oleh sebab itu, anda harus belajar mengenai vocal / suara. Kebetulan di artikel saya sebelumnya, saya sudah pernah membahas tipsnya, silahkan anda baca.

Baca Juga : Cara Mengatur Intonasi Suara Dalam Public Speaking

2. Belajar Mengatur Body Language / Gestur Tubuh

Tips yang kedua adalah mempelajari gestur tubuh / body language. Kadang sebagian orang menyepelekan hal ini, namun perlu di pahami bahwa berbicara tanpa menggunakan body language, serasa tidak lengkap.

Coba deh di bayangin, bagaimana perasaan anda ketika ada salah seorang pembicara menjelaskan materi hanya dengan duduk saja, tanpa menggerakan tubuh.

Pastinya membosankan bukan? Nah itulah yang menjadi dasar mengapa body language atau pergerakan tubuh dalam public speaking itu sangat penting.

Tapi ingat, gerakanya pun harus sesuai, jangan terlalu berlebihan, lakukan sewajarnya saja. Untuk cara menggerakan tubuh / body language yang baik, anda bisa membaca artikel saya sebelumnya.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

3. Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Tips yang ketiga ini juga tidak ada kalah pentingnya, yakni menumbuhkan kepercayaan diri. Di dalam public speaking, sebenarnya ada tiga poin dasar yang paling penting, yakni vocal, gestur, dan percaya diri.

Selebihnya merupakan pelengkap saja, ketika anda menguasai ke tiga poin tersebut, maka barulah public sepaking anda dikatakan baik.

Menumbuhkan rasa percaya diri disini sangatlah penting, sehingga anda dapat lebih berani dalam menyampaikan materi di hadapan banyak orang.

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

4. Coba Praktik di Hadapan Banyak Orang

Tips yang selanjutnya adalah, anda harus mengimplementasikanya dalam lingkungan yang nyata. Misalkan dilingkungan sekolah, pekerjaan, dan masyarakat.

Dimana ada kesempatan untuk berbicara, disanalah anda gunakan sebagai sarana anda untuk meningkatkan kemampuan public speaking anda. Saya percaya, semakin anda sering praktik, semakin anda menjadi mahir di dalam public speaking.

5. Terus Evaluasi Kemampuan

Yang terakhir, jangan melupakan evaluasi. Sejatinya anda juga butuh berbenah. Seberapapun tingkat penguasaan anda dalam public speaking, tetap anda harus terus memperbaiki diri menjadi semakin baik.

Tidak ada yang namanya kesempurnaan, biarpun anda dikatakan sebagai profesional public speaker, bukan berarti anda prefect dan sempurna. Anda juga tetap harus terus meng-upgraede kemampuan anda.

Penutup

Demikian artikel saya tentang cara belajar public speaking dalam 5 langkah. Saya rasa kelima poin yang sudah saya jelaskan diatas sudah cukup lengkap, dan bisa menjadi pedoman anda dalam belajar public speaking dengan baik.

Terimakasih banyak sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat di dalam kehidupan anda sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *