Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi oleh Orang Lain

Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi oleh Orang Lain

Saya punya seorang teman, dia memiliki sifat mudah dipengaruhi. Suatu ketika dia bertemu dengan temanya, dia mudah sekali terpengaruh oleh apa yang disampaikan temanya. Dan ketika dia bertemu dengan temanya yang lain dia  juga mudah terpengaruh oleh apa yang disampaikan temanya itu.

Fenomena semacam ini, apakah pernah anda alami?, Apakah itu salah satu masalah yang ingin anda atasi sehingga anda membaca tulisan saya ini?, Jika iya maka silahkan lanjut membaca tulisan ini, disini saya akan mencoba  jawaban permasalahan yang anda alami.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa menerapkan beberapa hal. Berikut adalah hal yang harus anda lakukan agar tidak mudah dipengaruhi orang lain :

1. Berfikirlah sebelum mengatakan iya

Biasakan berfikir dulu sebelum mengatakan iya. Ketika kita berfikir setidaknya kita berusaha meminimalisir terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Misalnya menghindari ditipu orang lain, berusaha tidak mengatakan iya sebelum kita tahu apakah itu menguntungkan bagi kita atau tidak.

2. Kenali siapa yang berbicara

Langkah sederhana yang bisa dilakukan agar tidak mudah dipengaruhi orang lain adalah dengan mengenali terlebih dahulu siapa yang berbicara. Biasanya ini lebih mudah dilakukan karena kita tahu track record orang yang berusaha mempengaruhi kita, apakah baik atau buruk semua bisa kita nilai dan kita pertimbangkan sesuai dengan sejauh mana kita mengenal dia.

3. Dengarkan saran teman yang berpengalaman

Setiap orang punya pengalaman masing-masing, bisa jadi ketika ada seorang teman yang memberikan anda saran, mereka dulunya pernah ditipu oleh orang yang ingin mempengaruhi anda. Dengan begitu anda bisa melakukan pertimbangan dalam menyikapi orang yang mencoba mempengaruhi anda tersebut agar tidak terjadi hal yang sama pada diri anda.

4. Jangan ingin jatuh kejurang yang sama

Kalau sebelumnya anda pernah dipengaruhi orang kemudian anda ditipu, maka berikutnya anda harus benar-benar mengingat hal tersebut. Jangan membiarkan diri anda ditipu dua kali oleh orang yang sama hanya karena anda terlalu lalai dalam menyikapinya.

5. Harus punya prinsip sendiri

Prinsip sangatlah penting, sebab prinsip merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sebgai dasar dalam melangkah kedepanya. Peganglah teguh prinsip yang anda anggap benar. Perbanyak wawasan dan pengetahuan agar anda tidak salah dalam berprinsip.

Jadi itulah Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi oleh Orang Lain, Terimaksih sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here