Cara Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Cara agar lancar berbicara di depan umum

Lancar ketika berbicara di depan umum, merupakan dambaan banyak public speaker. Termasuk juga saya, atau mungkin juga anda.

Saya masih ingat ketika dulu, saya untuk pertama kalinya belajar public speaking, rasa-rasanya sulit sekali bisa mengungkapkan isi hati di depan umum dengan baik dan lancar.

Namun alhamdulillah seiring dengan berjalanya waktu, berkat banyaknya kegiatan public speaking yang saya ikuti sedikit-demi sedikit membuat saya semakin lancar dalam berbicara di depan umum.

Boleh jadi, anda yang saat ini mungkin belum bisa, namun karena anda tetap sabar dan terus mengasah kemampuan public speaking anda, anda pun lancar berbicara di depan umum.

Disini saya akan membahas topik tips agar anda lancar berbicara di depan umum, semoga bisa menjadi bahan dan motivasi anda untuk lebih meningkatkan kualitas public speaking anda.

Cara Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

Sudah menjadi jalanya, setiap orang yang ingin menguasai sesuatu, haruslah memperbanyak latihan. Ilmu apapun, tanpa dibarengi dengan latihan secara konsisten, maka tidak akan pernah memberikan dampak yang hebat.

Begitupun dengan public speaking, kunci agar lancar berbicara di depan umum tentu harus dengan cara sering-sering latihan. Berikut adalah tips agar lancar berbicara di depan umum :

Manfaatkan Teknologi

Teknologi telah banyak membantu hidup banyak orang, termasuk juga saya. Mungkin tanpa adanya teknologi seperti blog, youtube, dan media sosial, saya tidak bisa berlajar dan berbagi seperti sekarang ini.

Kadang saya banyak menghabiskan waktu untuk membaca dan menonton video public speaking di youtube. Menurut saya itu sangat membantu saya dalam meningkatkan skill public speaking.

Saya rekomendasikan anda untuk melihat beberapa contoh video public speaking orang-orang besar di channel youtube TEDX.

Manfaatkan Smartphone Anda

Kalau dulu smartphone hanya digunakan untuk teleponan semata, kini smartphone sudah banyak yang canggih, memiliki banyak fitur, termasuk fitur kamera dan video.

Nah, silahkan anda bisa menggunakan smartphone yang anda miliki untuk merekam diri anda kemudian lihat diri anda, kira-kira kekurangan apa yang harus anda perbaiki dalam public speaking anda itu apa.

Buatlah Program yang Dapat Memacu Anda untuk Tetap Latihan

Bila anda benar-benar ingin lancar berbicara di depan umum. Setidaknya anda mulai dari sekarang membuat sebuah program. Program ini berupa kegiatan rutin, yang tujuanya melatih kemampuan anda dalam public speaking. Anda bisa mengajak teman, kerabat, atau saudara anda untuk ikut berpartisipasi belajar bersama.

Lakukan Evaluasi Terhadap diri Sendiri Secara Berkala

Bila sudah menetapkan program yang baik, dan semua berjalan dengan baik selama beberapa lama. Maka anda jangan sampai lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap diri anda, kira-kira sejauh mana perkembangan public speaking anda. Apakah sudah semakin baik atai tidak.

Berusaha Mencari Forum Sebagai Tempat Anda Latihan Secara Langsung

Belajar otodidak dirumah saja, tanpa dilakukan secara nyata di hadapan banyak orang, tentu itu juga tidak terlalu efektif. Bicara soal public speaking, ini bukan hanya persoalan teori semata melainkan lebih kepada praktik. Semakin sering anda latihan, maka semakin meningkat juga kemampuan anda dalam public speaking nantinya.

Kesimpulan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kunci untuk bisa lancar berbicara di depan umum ialah dengan cara memperbanyak latihan. Dalam proses latihan, anda bisa menerapkan beberapa tips lancar berbicara di depan umum yang sudah saya jelaskan diatas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here