5 alasan mengapa kamu perlu fokus pada satu bidang usaha

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Fokus Pada Satu Bidang Usaha

Diposting pada

Kamu Perlu Fokus Pada Satu Bidang Usaha – Di awal tahun 2019 ini, ada banyak sekali usaha-usaha baru yang bermunculan. Banyak sekali orang-orang yang memulai membangun sebuah usaha, menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat.

Jika anda adalah salah satu diantaranya, Anda sedang membangun sebuah usaha / bisnis, maka artikel yang saya tulis kali ini mungkin bisa menjadi rujukan anda dalam membangun dan mengembangkan usaha.

Dalam mengembangkan sebuah usaha, tak jarang ada orang yang membangun banyak usaha sekaligus. Ketika semuanya sama-sama berhasil maka sudah pasti itu akan sangat menguntungkan, namun jika semuanya gagal, maka akan pasti sangat merugikan.

Mengapa Kamu Perlu Fokus Pada Satu Bidang Usaha?

Agar usaha dapat berjalan dengan baik, sebetulnya kita hanya perlu fokus pada satu bidang terlebih dahulu. Ada banyak pendapat yang menjelaskan alasan mengapa harus fokus pada satu bidang. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Waktu Tidak Banyak Terbuang Sia-Sia

Salah satu hal yang sangat berharga dan tak ternilai yang kita miliki saat ini adalah waktu. Tanpa waktu kita tidak bisa mengembangan berbagai macam usaha yang kita jalankan. Dengan fokus kepada satu bidang, maka waktu yang kita punya akan lebih banyak, sehingga kita bisa lebih fokus dalam membangun usaha yang kita jalankan.

2. Bisa Meningkatkan Value Usaha

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, waktu memberikan kita banyak kesempatan untuk bereksperimen lebih banyak lagi, meningkatkan kualitas produk usaha menjadi semakin baik lagi. Yang pada akhirnya kita dapat menghasilkan produk-produk berkualitas dengan nilai jual yang tinggi.

3. Usaha Akan Jauh Lebih Cepat Berkembang

Mengapa anda harus fokus pada satu bidang usaha?, salah satu alasan terpentingnya adalah supaya usaha yang anda bangun dapat berkembang lebih cepat. Bayangkan jika saja anda membangun 5 usaha sekaligus, berapa banyak waktu yang anda butuhkan. Kalau itu berhasil syukurlah, namun kalau tidak, anda hanya menghabiskan banyak waktu hanya untuk sekedar memulai setengah saja.

4. Membangun Brand Usaha yang Baik

Kegiatan usaha yang dilakukan secara konsisten, dapat membangun brand yang baik. Apa itu brand?, Secara sederhananya brand adalah image yang tumbuh pada usaha anda dimata banyak orang.

Misalkan anda fokus pada usaha konveksi, maka orang akan tahu kalau sewaktu-waktu ingin membuat seragam, mereka akan menghubungi anda. Mereka akan memesan baju kepada anda. Itulah alasan mengapa brand sangat penting.

5. Lebih Banyak Menghasilkan Uang

Memang, memiliki beberapa usaha akan menghasilkan uang yang lebih banyak. Namun sebelum anda mengarah kesitu, sebaiknya anda fokus saja kembangkan satu usaha dulu. Tujuanya tentu agar usaha anda bisa lebih maksimal dan cepat berkembang, sehingga dapat menghasilkan modal lebih banyak lagi. Sewaktu-waktu ingin membuka usaha baru di bidang yang lain anda tidak khawatir, karena usaha yang sudah anda bangun sudah berdiri tegak di hadapan anda.

Kesimpulan

Jika ingin usaha lebih cepat berkembang dengan pertumbuhan yang maksimal, maka fokuslah untuk membangun satu bidang usaha terlebih dahulu. Barulah nanti kalau yang satu sudah sukses dan berhasil, maka usaha apapun yang ingin anda bangun lagi akan lebih mudah, sebab anda sudah memiliki sumber modal yang cukup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *