Alasan Kuliah itu Penting dan Tidak Penting

Alasan Kuliah itu Penting dan Tidak Penting

Diposting pada

Alasan Kuliah itu Penting dan Tidak Penting | Mungkin Ada sebagian orang, ketika disuruh oleh orang tuanya untuk kuliah, dia mengatakan, “Ngapain kuliah,? Kuliah itu tidak menjamin kesuksesan, banyak tuh orang kuliah tapi tetap saja pengangguran”.

Apa yang dikatakan diatas, memang tidak salah. Kuliah memang tidak bisa menjamin orang bisa sukses dan berhasil. Diluar sana banyak orang yang berlatar belakang pendidikan rendah, tapi dia bisa berhasil dan sukses di dalam pekerjaan.

Makanya bagi sebagian orang kadang ada yang mengatakan kuliah ini tidak penting dan ada juga sebagian lagi orang yang mengatakan kuliah ini penting.

Baca Juga : Mengapa Orang yang Drop Out Saat Kuliah Bisa Sukses

Untuk lebih jelasnya, saya disini ingin mengupasnya lebih dalam lagi. Apakah kuliah ini penting atau tidak?, berikut adalah penjelasan saya.

Alasan kuliah itu penting !

Mengapa kuliah itu penting? Jawabanya sebenarnya tergantung dari impian dan cita-cita seseorang. Jika seseorang bercita-cita menjadi orang yang profesinya membutuhkan gelar dan kompetensi profesional, seperti dokter, dosen, atau pengacara, maka wajib bagi dia untuk kuliah.

Mengapa begitu? coba deh di bayangkan, bagaimana jadinya jika seorang dokter tanpa kuliah. Misalnya belajar otodidiak, bagaimana caranya belajar, kira-kira praktiknya melakukan oprasi di mana dan objeknya siapa?, tentu ini merupakan hal yang tidak di mungkin. Makanya untuk bisa menjadi dokter seseorang haruslah kuliah.

Selain menjadi dokter, menjadi dosen juga butuh kuliah. Saat ini kita tahu syarat seseorang dapat menjadi seorang dosen minimal dia memiliki gelar S2. Makanya wajar bila orang yang bercita-cita menjadi seorang dosen harus kuliah.

Baca Juga : 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Alasan kuliah itu tidak penting !

Selanjutnya, alasan mengapa kuliah itu tidak penting adalah, jika seseorang bercita-cita menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, maka kuliah mungkin tidak terlalu penting baginya.

Menjadi seorang pengusaha membutuhkan mental yang kuat, kemampuan membaca peluang dan tahan terhadap tamparan masalah. Hal seperti itu tidak di ajarkan di bangku kuliah, mungkin yang diajarkan hanya sebatas teori formal saja.

Makanya pengusaha itu lebih kepada praktik dan tindakan nyata, bukan teori yang hanya dibaca dari buku bacaan semata tanpa di implementasikan.

Baca Juga : Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

Kesimpulannya!

Dari apa yang sudah saya jelaskan diatas. Kita bisa menyimpulkan bahwa, kuliah itu penting atau tidaknya semua tergantung. Tergantung dari tujuan, impian, dan cita-cita seseorang.

Jika tujuan seseorang ingin berprofesi di bidang yang memerlukan ijazah dan kompetensi profesional, seperti dosen, dokter, pengacara dll, maka kuliah itu penting.

Namun sebaliknya, jika seseorang ingin berprofesi di bidang yang tidak memelukan ijasah seperti pengusaha, maka kuliah itu tidak terlalu penting.

Untuk lebih jelasnya simak, video berikut !!

Demikian artikel saya tentang “Alasan Kuliah itu Penting dan Tidak Penting“. Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Alasan Kuliah itu Penting dan Tidak Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *