Cara meningkatkan percaya diri dalam public speaking

7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking

Diposting pada

7 Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Public Speaking – Kadang bagi seorang public speaker pemula, sulit sekali untuk tampil dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Mengingat dia adalah pemula atau baru dalam public speaking, seringkali rasa minder mengganggu semangatnya belajar.

Bila anda adalah seorang public speaker pemula, stres karena percaya diri menurun saat berbicara di depan umum. Tenang, jangan khawatir, dengan membaca artikel ini, Insyaallah rasa minder anda akan teratasi, sehingga tingkat kepercayaan diri anda pun meningkat drastis.

7 Langkah Meningkatkan Kepercayaan Diri Saat Berbicara di Depan Umum

Beberapa langkah yang akan saya jelaskan ini, mungkin bisa jadi patokan anda dalam meningkatkan kepercayaan diri. Langkahnya sangat sederhana, namun dalam pengaplikasianya, butuh proses dan juga waktu. Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Bersikap Tenang dan Rileks

Tidak peduli anda berbicara dimana dan dalam kondisi apapun, bila anda sudah berada di depan banyak orang. Berusahalah untuk jangan ragu. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri anda adalah dengan bersikap tenang dan rileks.

Tarik nafas anda, kemudian keluarkan secara perlahan dari mulut. Lakukan ini secara berulang-ulang. Anda juga bisa sambil menanamkan sugesti positif seperti “saya yakin, saya bisa, saya yakin, saya mampu” terus ucapkan itu dalam hati, maka rasa minder anda akan bisa teratasi.

2. Berpenampilan Menarik

Berpenampilan menarik, bagi saya merupakan aspek yang sangat penting. Walau terkadang banyak orang yang menyepelekanya, namun jangan salah loh kepercayaan diri ini sebagian besar dipengaruhi oleh penampilan kita.

Tidak perlu menggunakan baju yang baru, dengan harga yang sangat mahal. Cukup gunakan baju yang biasa saja, namun dipakai dengan baik, perpaduanya baik, rapi dan juga enak di pandang, maka itu dapat meningkatkan kepercayaan diri anda.

3. Mulailah dengan Penuh Semangat

Pembuka adalah kunci, bila dari awal anda sudah tampil dengan semangat, memulai dengan penuh keyakinan, maka saya yakin seterusnya anda pasti akan semangat. Berusahalah untuk menunjukan antusias yang tinggi saat anda berada di depan umum. Percaya akan kemampuan yang ada di dalam diri anda.

4. Jangan Pernah Katakan Kalau Anda Minder

Mungkin tanpa sadar, anda pernah berkata “Waduh, saya minder sekali sebenarnya berbicara di depan hadirin sekalian” kata itu mungkin tak sengaja diucapkan, atau bahkan memang sengaja diucapkan.

Sebetulnya, anda tidak perlu mengakui bahwa anda sejatinya minder dan tidak percaya diri. Ketika anda berkata seperti itu, anda memberikan keyakinan bahwa anda benar-benar pesimis, maka audiens pun akan merasa bahwa anda tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam public speaking.

5. Musnahkan Pikiran Jelek dalam Otak Anda

Salah satu hal yang sangat berpengaruh besar dalam diri kita adalah, kekuatan pikiran. Seberapa pun banyaknya audiens yang yakin terhadap kemampuan presentasi anda, namun pada saat itu pikiran anda selalu mengatakan anda tidak mampu, maka anda pasti akan tidak mampu.

Dasar untuk meningkatkan kepercayaan pada diri anda, harus dimulai dari pikiran yang baik di dalam diri anda. Bayangkan yang baik-baik saja, jangan bayangkan yang gak baiknya, percayalah pasti anda akan lebih percaya diri dalam public speaking.

6. Ubah Persepsi Tentang Diri Anda

Persepsikanlah diri anda sebagai orang yang sudah ahli dalam public speaking. Saya biasa menyebutnya, mengenggap diri Superior. Yang saya maksud menganggap diri superior disini, bukan bermaksud sombong, melainkan ini hanya teknik saja untuk mengurangi rasa minder dalam diri anda.

7. Berdoalah

Yang terakhir jangan pernah anda lupa berdoa. Segala aktivitas yang kita lakukan, semua sudah diatur oleh sang pencipta. Public speking yang anda lakukan, sebetulnya juga ada ikut campur Tuhan di dalamnya.

Berdoalah dengan baik dan khusuk, minta kepada Tuhan agar kegiatan anda dilancarkan dan dimudahkan.

Kesimpulan

Tidak terasa ternyata tulisan saya sudah sampai pada bagian kesimpulan. Bagaimana? Apa anda sudah paham dengan apa yang saya sampaikan diatas. Semoga saja anda paham, Jika anda suka dengan artikel ini, jangan lupa bagikan kepada teman-teman anda.

Simak Juga Penjelasan Saya dalam Bentuk Video !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *