7 Cara Manajemen Waktu Agar Hidup Lebih Produktif

Cara manajemen waktu agar hidup lebih produktif

Waktu merupakan salah satu hal yang sering menjadi permasalahan di dalam hidup kita. Coba deh di pikirkan baik-baik, sudah berapa kali kita lalai dengan waktu yang kita miliki?, sudah berapa kali kita meremehkan waktu yang kita miliki?.

Mungkin kalau dihitung kita tidak bisa menghitungnya, karena saking banyaknya waktu dan kesempatan yang terbuang sia-sia akibat diri kita sering lalai dan meremehkanya.

Mengingat permasalahan waktu merupakan hal yang penting, maka dalam kesempatan ini saya akan sharing kepada anda mengenai cara manajemen waktu yang baik.

Bagaimana caranya? Berikut adalah cara manajemen waktu agar hidup lebih produktif :

1. Membuat rencana harian, mingguan dan bulanan

Sebetulnya segala sesuatu kalau tidak di rencanakan maka tidak akan berjalan dengan baik. Dalam proses kita menjadikan hidup lebih produktif, maka kita haruslah bisa me-manage waktu dengan baik.

Cobalah untuk membuat jadwal kegiatan / rencana kegiatan yang akan di realisasikan dalam aktivitas sehari-hari. Entah itu bentuknya harian, mingguan, atau bulanan, semua bisa diterapkan.

Dengan demikian hidup akan lebih rapi dan tertata dengan baik. Sehingga tentunya akan membuat hidup menjadi lebih produktif.

2. Dahulukan kegiatan yang lebih penting/prioritas

Biasakanlah diri untuk mendahulukan kegiatan / aktivitas yang kiranya lebih penting. Ini adalah salah satu langkah agar menjadi disiplin. Sehingga kegiatan-kegiatan penting tidak akan terlewatkan begitu saja. Prioritaskanlah kegiatan yang benar-benar penting, maka hidup akan menjadi lebih produktif.

3. Cari tahu kapan waktu luang, dan arahkan hal-hal penting pada waktu itu

Biasanya kita pasti memiliki waktu luang tersendiri. Tidak mungkin sepenuhnya aktivitas kita sehari-hari full tanpa ada waktu istirahat sedikit pun.

Saya rasa kita semua memiliki waktu luang tersendiri. Nah, pada waktu itulah kesempatan kita untuk menggunakanya dalam melakukan hal-hal penting. Misalnya seperti mengembangkan bakat, menambah wawasan dan lain sebagainya.

4. Hindari multitasking

Multitasking merupakan aktivitas dimana kita melakukan / mengerjakan suatu hal yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Kegiatan semacam ini tidaklah baik bila sering dilakukan. Sebab kita tidak bisa fokus dan pikiran pun akan sembraut tidak terarah dalam beraktivitas.

5. Buatlah batas waktu / deadline

Menetapkan deadline atau batas waktu biasanya sering dilakukan untuk mendisiplinkan diri. Kalau ada pekerjaan yang belum selesai, kemudian kita menetapkan waktu deadline, maka itu tentu tidak akan tertunda, sebab di kejar oleh deadline yang sudah di tetapkan sebelumnya. Jadi cobalah untuk membuat deadline, dengan begitu hidup pun akan terasa lebih produktif.

6. Jangan mendunda waktu

Kebiasaan menunda dapat menyebabkan hidup kita menjadi tidak produktif. Sederhananya kalau kita tidak menunda waktu dalam bekerja dan beraktivitas, maka kita sudah dikatakan telah menggunakan waktu dengan baik dan produktif.

7. Jangan lupakan waktu untuk beristirahat

Hidup itu sebenarnya bukan hanya digunakan untuk bekerja saja. Melainkan hidup yang produktif juga mementingkan kesehatan, ada waktunya tubuh kita butuh beristirahat, bukan hanya bekerja saja.

Jadi itulah ke tujuh cara dalam membuat hidup menjadi lebih produktif. Terimakasih sudah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here