6 Rahasia Sukses Jack Ma Yang Harus Ditiru oleh Para Millenial

Rahasia sukses Jack Ma

Rahasia Sukses Jack Ma Yang Harus Ditiru oleh Para Millenial – Kesuksesan bagi sebagian orang mungkin berbeda-beda, namun saya akui setiap orang meyakini secara umum kesuksesan adalah kebahagiaan yang di dapatkan ketika menjalani kehidupan ini.

Ada banyak sekali orang yang telah mendapatkan kesuksesan,  salah satunya adalah Jack ma. Kita tahu jack ma adalah salah satu orang terkaya yang ada di china. Bukan hanya persoalan kaya akan harta, ia juga telah banyak berbagi ilmu, berkontribusi bagi banyak orang, menjadi pembicara di berbagai acara di banyak negara.

Sejarah singkat kesuksesan jack ma

Dibalik kesuksesan yang ia dapatkan, terdapat banyak sekali pelajaran dan ilmu yang bisa kita ambil. Namun sebelum saya lanjut kepada tipsnya, terlebih dulu saya ingin mengulas cerita atau kisah singkat perjalanan kesuksesan jack ma.

Jack ma yang saat ini kita tahu merupakan orang terkaya di china, ternyata bukanlah orang yang memiliki kecerdasan secara akademis. Bahkan sejak SD  sampai dia SMA pun untuk bisa diterima disekolah saja ia harus melakukan tes berulang-ulang. Ini cukup membuktikan kepada kita bahwa jack ma bukanlah orang yang cerdas dalam bidang akademis.

Setelah lulus kuliah, jack ma mencoba melamar pekerjaan di salah satu cabang KFC yang secara kebetulan baru di buka di sana. Namun sayang ia tidak diterima, jacka sangat bersedih dengan penolakan itu. Tidak sampai disitu saja, ia tetap berusaha mencari pekerjaan untuk bisa menghidupi diri nya sendiri. Akhirnya dia bekerja sebagai pengajar bahasa inggris dengan membuka sekolah /kursus bahasa inggris di sana.

Kemampuan berbahasa inggris ia dapat dulu di waktu kuliah. Yang mana ia pada saat dia kuliah ia juga menjadi guide/pemandu turis secara gratis di sana.

Berkat kemampuanya dalam berbahasa inggris, telah membuka peluang / kesempatan bagi jack ma untuk datang ke amerika serikat. Kedatanganya ke amerika serikat telah membuka mindset dan pola pikirnya akan adanya sebuah peluang di depan.

Ketika itu ia ditawarkan oleh seorang teman untuk mencoba membuka internet/browsing. Awalnya ia tidak mau karena takut, namun karena terus dibujuk temanya, akhirnya ia pun mencoba.

Salah satu kata kunci yang pertama kali ditulisnya di internet adalah bir, ia menemukan banyak sekali informasi tentang minuman bir di internet, namun sayang nya disana tidak satu pun ia temukan informasi tentang bir yang berasal dari tiongkok / china.

Sepulang dari amerika serikat, jack ma terinspirasi untuk membuat perusahaan internet yang dapat mempersatukan penjual dan pembeli di berbagai tempat dengan mudah. Sebenarnya ini juga terinspirasi dari perusahaan terdahulu seperti amazon dan ebay.

Singkat cerita, kini kita kenal Alibaba merupakan perusahaan yang dibangun oleh jackma telah menjadi perusahaan jual beli di internet terbesar di china.

Disini kita akan mengupas 6 Rahasia sukses Jack Ma Yang Harus Ditiru oleh Para Millenial :

1. Pandai dalam membaca peluang

Dalam segala ktivitas hidup, tentu ada sebuah peluang yang bisa diambil untuk bisa sukses. Hal itulah yang diambil oleh jack ma hingga bisa sukses seperti sekarang. Ia merubaha permasalahan yang ada menjadi sebuah peluang yang luar biasa.

Di china pada saat itu mengalami yang mananya minim infrastruktur. Bagi banyak pengusaha itu merupakan sebuah masalah. Namun bagi jack ma itu merupakan sebuah peluang yang bisa mengantarkanya pada kesuksesan.

Ia kemudian mencoba mencipatan (alibaba) yakni wadah tempat dimana orang bisa melakukan transaksi jual beli di internet, tanpa harus bersusah paya keluar dan pergi jauh-jauh bertemu produsen. Cukup hanya dengan media internet masyarakat sudah bisa melakukan transaksi barang secara baik dan efisien.

2. Belajarlah untuk fokus

Tanpa kekuatan fokus alibaba mungkin tidak mungkin bisa sebesar ini. Jack ma terus berusaha fokus dalam mengembangkan usaha yang ia bangun. Berkat keyakinan, kegigihan, serta tekat yang ia fokuskan itulah ia berhasil menjadikan alibaba sebagai salah satu perusahaan yang sangat besar di china.

3. Tidak peduli dengan haters

Untuk menjadi sukses tentu tidaklah mudah, banyak sekali tantangan yang harus dilewati.  Pada saat jack ma mengembangkan alibaba, kemudian mencoba membuat alipay (metode pembayaran), banyak orang yang mencubir bahkan merendahkan jacka ma, namun jack ma tetap optimis dengan usahanya hingga ia telah berhasil menjadikan alipay sebagai metode pembayaran di alibaba, bahkan sekarang alipay telah menjadi salah satu metode pembayaran terbesar di china.

4. Inovatif dan kreatif

Dibutuhkan inovasi dan kreatifitas untuk bisa membuat usaha menjadi lebih maju. Hal itulah yang dilakukan jack ma. Ia telah berhasil mengembangkan alibaba kemudian menciptakan inovasi dengan membuat salah satu metode pembayaran yang sangat mudah digunakan oleh masyarakat di china yakni alipay. Hingga saat ini alipay menjadi salah satu metode pembayaran terbesar di china.

5. Tidak mudah menyerah

Ketika banyak masalah yang dihadapi, satu-satunya cara untuk bisa melawatinya adalah dengan cara pantang menyerah. Percayalah segala usaha yang dilakukan semua tentu memiliki resiko dan masalahnya masing-masing. Namun satu hal yang bisa di pelajari dari orang sukses seperti jack ma  adalah ia tidak pernah menyerah, ia terus berusaha dan berjuang dalam menggapai impianya.

6. Banyak belajar dari orang yang sudah sukses

Dalam membangun alibaba, jack ma selalu mengatakan ia terinspirasi dari orang-orang yang sudah sukses terdahulu. Terinspirasi bukan berarti meniru, terinspirasi lebih kepada pengambilan sebuah peluang. Contohnya alibaba yang dibangun jack ma juga sebenarnya terinspirasi dari perusahaan yang sudah sukses terdahulu, seperti amazon dan ebay. Jack ma melihat ini sebagai di china, yang mana disana masih belum ada perusahaan jual beli di internet seperti amazon dan ebay.

Jadi itulah beberapa tips yang dapat saya ulas terkait tentang 6 Rahasia Sukses Jack Ma Yang Harus Ditiru oleh Para Milenial. Terimakasih sudah membaca, semoga dapat menginspirasi anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here