6 Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

Cara Mengatur Body Language

Bicara soal public speaking, tentu kita bicara soal soft skill atau keterampilan dalam berbicara di depan umum. Kita sadar bahwa tidak semua orang memiliki soft skill, terutama di bidang public speaking, bahkan banyak orang yang rela mengikuti berbagai pelatihan hanya untuk bisa belajar public speaking.

Disini saya tidak akan menyuruh anda untuk mengikuti pelatihan seperti itu, melainkan saya hanya menyuruh anda untuk menyimak tulisan ini sampai selesai.

Kita akan belajar bersama-sama tentang bagaimana cara mengatur bahasa tubuh/body language yang baik dan benar dalam public speaking.

Apa itu Body Language?

Body language atau bahasa tubuh adalah cara kita dalam menggambarkan sesuatu ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, baik secara individu maupun kelompok.

Mungkin kita sering melihat seorang MC, Presenter, Pemimpin, ketika berbicara di hadapan banyak orang mereka menggerakan tangan, mimik wajah, memasukan tangan kedalam saku dll. Itu semua merupakan contoh dari bahasa tubuh.

Mengapa body language itu penting?

Body language itu sangat penting, sebab body language bukan hanya sekedar digunakan untuk menggambarkan apa yang ingin disampaikan, melainkan juga sebagai pendukung agar public speaking terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

Lantas, bagaimana cara mengatur body language yang baik?

Ada 6 tips disini tentang cara mengatur/mengolah body language dalam public speaking. Apa saja itu?

1. Memahami ekspresi wajah

Dalam public speaking wajah merupakan hal yang sangat penting. Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain, yang pertamakali dilihat sudah pasti wajah kita.

Kalau saja kita salah dalam mengekspresikan wajah maka seketika dapat mengubah cara pandang orang lain terhadap diri kita. Oleh karenanya dalam berkomunikasi kita tentu harus mengatur ekspresi/mimik wajah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

2. Memahami penggunaan gerakan tangan

Menggunakan tangan dalam menggambarkan apa yang ingin disampaikan adalah sebuah keharusan dalam public speaking, sebab memiliki banyak manfaat. Misalkan saja seperti dapat membuat diri menjadi nyaman, dapat membuat diri menjadi percaya diri, dapat membuat lawan bicara mudah memahami apa yang disampaikan, serta juga dapat membuat audiens menjadi tidak bosan.

3. Latihan di depan cermin

Selanjutnya, cobalah latihan di depan cermin, lihat diri anda dan mulailah praktik. Dengan begitu anda bisa melihat diri anda sendiri sejauh mana kemampuan anda dalam belajar mengatur bahasa tubuh yang sudah anda pelajari sebelumnya.

4. Latihan dengan merekam diri sendiri dengan smartphone

Latihan dengan cara merekam diri sendiri ini juga tidak jauh beda dengan latihan di depan cermin, hanya saja yang membedakanya adalah kita dapat lebih jeli dalam melihat kekurangan dan kelebihan kita saat berbicara.

5. Melakukan pengulangan

Masih ingat dengan ungkapan “bisa karena terbiasa”? Mungkin itu adalah ungkapan yang tepat untuk menunjukan bahwa seseorang bisa memiliki skill apabila ia mau mengulang dan latihan secara terus menerus. Jadi buat anda yang saat ini masih belum bisa, jangan pernah pesimis tak ada yang tak mungkin kalau ada kemauan buat belajar.

6. Selalu mengevaluasi diri

Kalau yang kelima adalah melakukan pengulangan, maka yang ke enam adalah melakukan evaluasi. Kita mengulang tetapi tanpa melakukan evaluasi juga akan terasa lambat dalam berkembang. Jadi sebaiknya lakukan evaluasi dari setiap gerakan tubuh yang kita pelajari seblumnya.

Itulah ke enam cara dalam mengatur body language/bahasa tubuh dalam public speaking. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here