5 Tips Belajar Public Speaking yang Baik untuk Pemula

Tips belajar public speaking yang baik untuk pemula
sumber gambar : www.pexels.com

Tips Belajar Public Speaking yang Baik untuk Pemula – Apakah anda mengeluhkan masalah ketidak mampuan diri anda dalam public sepaking?. Putus asa, sudah belajar banyak, tapi tetap saja belum bisa. Mungkin artikel yang saya tulis kali ini cocok untuk anda.

Disini saya akan membagikan beberapa tips public speaking, khusus bagi orang-orang yang masih pemula di bidang public speaking.

Ingat, ini untuk pemula!. Jadi, kalau anda merasa diri anda sudah cukup mahir dalam public speaking, saya tidak merekomendasikan anda untuk membacanya.

Mungkin di lain waktu saya akan mencoba menuliskan beberapa artikel Public Speaking yang berfokus untuk orang-orang profesional. Tapi untuk saat ini, saya lebih memfokuskan untuk anda yang masih baru belajar.

Bila anda merasa kesulitan dalam belajar public speaking, anda jangan khawatir. Di artikel yang saya tulis ini saya akan berbagi 5 tips belajar public speaking untuk pemula yang bisa anda coba. Let’s get started!

Pelajarilah Materi

Yang menjadi tolak ukur anda bisa dikatakan sukses dalam public speaking adalah ketika anda berhasil membawakan materi public speaking dengan baik. Hal itu dapat tercapai apabila anda mempelajari materi-materi yang akan disampaikan terlebih dahulu.

Masalah yang sering terjadi pada seorang public speaker pemula ketika menyiapkan materi adalah, dia cenderung menghafal. Padahal menghafal materi sebenarnya tidak terlalu efektif untuk mendapatkan hasil yang baik.

Boleh menghafal, tapi hanya poin penting nya saja, misalkan seperti kutipan dan data-data penting yang menunjang materi public speaking anda.

Selebihnya, saya menyarankan anda untuk memahami. Ingat memahami berbeda dengan menghafal. Ketika anda sudah berhasil memahami, andapun tidak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu ada pertanyaan yang tertuju kepada anda, sebab anda sudah paham dan insyaallah mampu dalam menjawabnya.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Public speaking yang baik adalah public speaking yang mudah di pahami. jadi apa yang disampaikan itu mudah dicerna oleh audiens, tentunya dengan cara penyampaian yang sederhana.

Untuk penggunaan bahasa istilah, saya tidak merekomendasikan anda untuk menggunakanya pada saat ini, sebab anda harus melihat dari aspek audiens anda terlebih dulu.

Bila audiens anda adalah kebanyakan orang biasa, yang tidak terlalu paham dengan bahasa-bahasa istilah maka gunakanah bahasa yang sederhana, asalkan audiensnya mengerti.

Selebihnya jika ingin menggunakan bahasa-bahasa istilah, gunakanlah pada saat anda mendapatkan audiens yang kelas nya lebih tinggi, seperti misalkan golongan mahasiswa aktivis dan para politikus.

Berlatihlah dalam Berbicara

Setiap orang pastinya berharap public speaking yang dia lakukan dapat berjalan sesuai rencana, berjalan dengan maksimal. Namun untuk bisa membuat public speaking berjalan dengan baik, tentu dibutuhkan latihan yang baik pula.

Anda bisa melakukan latihan dirumah, pada jadawal / hari-hari sebelum anda melakukan public speaking. Saya menyarankan anda untuk latihan setidak-tidaknya minimal enam kali dulu barulah anda bisa mendapatkan hasil yang baik, tapi selebihnya kalau ingin tujuh, delapan atau berapapun, itu urusan anda. Semakin sering anda latihan, semakin baik kemungkinan hasil yang akan anda dapatkan.

Lakukan Pemanasan Sebelum Tampil

Bukan hanya ketika berolahraga saja seseorang butuh pemanasan. Dalam public speaking pun pemanasan itu perlu, sebab dalam berbicara kita harus melatih kelancaran suara dan pengucapan kita.

Kalau saya secara pribadi, melakukan pemanasan sebelum public speaking dengan cara mengulang penyampaian materi yang yang sudah saya pelajari, tujuan nya agar materi itu dapat mengendap di alam bawah sadar saya.

Silahkan anda juga bisa melakukan itu, pasti hasilnya akan lebih baik dibanding anda tidak melakukan pemanasan sama sekali.

Mulailah dengan Tersenyum

Senyuman itu membawa berkah, bahkan dalam agama saya, senyum itu adalah ibadah. Makanya tak heran senyum bisa membawa banyak manfaat bagi setiap orang.

Pertama kali anda membuka public speaking, cobalah untuk tersenyum. Tunjukan senyum ikhlas anda kepada audiens. Ini bertujuan, agar diri anda bisa rileks. Dengan tersenyum, rasa takut, gugup, dan grogi di dalam diri anda juga bisa sedikt teratasi.

Kesimpulan

Kelima tips public speaking untuk pemula yang saya uraikan diatas, dapat anda jadikan sebagai dasar anda dalam belajar public speaking.

Ingat, jika anda merasa diri anda seorang profesional daam hal public speaking, silahkan anda bisa skip tulisan ini. Namun jika anda merasa, anda masih pemula dan butuh banyak belajar, maka bacalah artikel ini, lalu  terapkan dalam kehidupan anda.

Simak juga dalam bentuk video !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here