5 Kesalahan Fatal dalam Belajar Public Speaking

5 Kesalahan Fatal dalam Belajar Public Speaking
Sumber gambar : www.eckkies.nl

5 Kesalahan Fatal dalam Belajar Public Speaking – Saya masih ingat beberapa tahun yang lalu, ketika itu saya masih sangat awam sekali dengan yang namanya public speaking. Bahkan saking awam nya, disuruh berbicara memperkenalkan diri di depan saja saya malunya luar biasa.

Namun, berkat pengalaman dan proses pembelajaran yang sudah saya alami. Alhamdulillah telah banyak merubah saya, dari yang dulunya tidak bisa, hingga akhirnya sudah sedikit bisa.

Ketika proses saya belajar dulu, ada beberapa kesalahan fatal yang pernah saya lakukan. Kesalahan-kesalahan itu akan saya coba tuangkan dalam tulisan kali ini.

Apa saja kesalahan fatal itu?, Berikut adalah 5 kesalahan fatal dalam belajar public speaking :

1. Memiliki mindset yang salah

Segala sesuatu itu bersumber dari mindset, Ketika mindset atau pola pikir kita salah terhadap public speaking, maka itu dapat menghambat proses belajar kita.

Saya berikan contoh, Misalkan mindset anda meyakini bahwa public speaking itu hanya bisa dikuasai oleh orang yang terbiasa hidup di kota, bukan untuk orang yang hidup di kampung.

Secara tidak langsung alam bawah sadar anda mencoba meyakinkan hal itu terhadap usaha belajar anda. Alhasil anda pun akan sangat kesulitan sekali dalam belajar. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dengan mindset, cobalah untuk memberikan gambaran positif tentang apa yang anda pelajari.

2. Belajar hanya dari buku saja

Saya bukanya melarang anda untuk belajar dari buku, namun perlu anda pahami bahwa ilmu di buku itu hanyalah sebuah teori, dan yang namanya teori tentu butuh di praktikan.

Jadi seberapa lama pun anda membaca buku tentang public speaking, tapi kalau anda tidak pernah praktik, ya semua tidak akan pernah bisa membuat anda menjadi jago dalam public speaking.

3. Berlatih tanpa di imbangi dengan praktik yang nyata

Seperti halnya dengan membaca buku, praktik dirumah itu adalah proses latihan yang sifatnya peribadi, bisa dikatakan teori dan bukan praktik langsung di lapangan.

Jadi jangan hanya belajar dirumah saja, cobalah untuk mempraktikan public speaking secara nyata, baik itu di komunitas maupun di organisasi resmi yang anda ikuti maka public speaking anda pun akan semakin baik.

4. Tidak suka proses, ingin nya bisa secara instan

Orang yang tidak suka proses dan ingin nya hanya instan saja, untuk bisa menguasasi apapun ia tidak akan pernah bisa. Ini bukan hanya berbicara soal public speaking, melainkan dalam bidang yang lain pun juga sama.

Tidak ada suatu keberhasilan dapat diraih dengan cara yang mudah dan instan, butuh perjuangan yang keras dan harus rela berkorban banyak dulu baru bisa mendapatkanya.

Jadi buat anda yang saat ini sedang belajar public speaking, tetaplah optimis dengan proses yang anda jalani hari ini, dibalik kesulitan anda saat ini pasti suatu saat nanti akan ada hasil yang baik yang akan anda dapatkan.

5. Mudah merasa puas dengan kemampuanya

Mudah merasa puas yang saya maksudkan disini adalah seseorang yang ketika belajar public speaking kemudian dia mampu berbicara di depan banyak orang sudah merasa puas dan berhenti belajar.

Padahal ilmu public speaking bukan hanya soal berani berbicara di depan umu saja, melainkan juga ada banyak hal lain yang harus dikembangkan.

Kalau hanya sekedar bericara saja sih, saya rasa banyak orang yang bisa, namun bagaimana mempengaruhi audiens sehingga dapat membuat mereka terpesona dengan apa yang kita sampaikan ini yang sulit. Jadi ada banyak aspek-aspek lain yang harus terus dikembangkan.

Baca juga :

Itulah 5 kesalahan fatal dalam belajar public speaking. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here