5 Kebiasaan yang Dapat Memperkaya Hidup

sumber gambar : www.pexels.com

Sebenarnya memperkaya hidup yang saya maksud disini adalah hidup yang ringan dan hidup yang semakin baik. Walaupun banyak persoalan atau masalah yang menimpa, semua itu seakan-akan ringan, seolah-olah tidak ada masalah dan kita itu serasa kaya akan segala hal.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin sering melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat memperkaya hidup kita. Apa saja kebiasaan-kebiasaan itu?

Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan yang dapat memperkaya hidup!

1. Hidup jujur

Kejujuran adalah modal utama di dalam hidup ini. Berkahnya atau tidaknya suatu hal yang kita terima terletak dari kejujuran kita.

Bila hidup tidak jujur, maka akan menimbulkan banyak hal negatif. Contoh saja misalkan, kita mencari uang dengan cara menipu, membohongi orang lain, maka rezeki yang kita terima serasa tidak ada nikmat alaminya, kita pasti akan merasa was-was.

Berbeda dengan rezeki yang kita dapat dengan cara yang baik, walaupun jumlahnya mungkin tidak seberapa namun itu sangat nikmat dibanding didapat dengan cara yang tidak baik.

2. Menebar Benih

Kebiasaan menebar benih ini adalah kebiasaan selalu menanam aset sebanyak-banyaknya. Pada dasarnya hasilnya tidak dinikmati saat ini, setidaknya suatu hari kita akan memanen hasil dari semua benih-benih aset yang pernah kita tanam.

3. Berbaik Sangka

Agama kita selalu mengajarkan tentang kebaikan. Apalagi soal prasangka, tentunya kita harus berprasangka baik kepada semua orang. Jangan sampai hubungan persaudaraan terputus hanya karena prasangka-prasangka yang belum tentu kebenaranya.

4. Tidak menunda-nunda

Kerjakanlah sesuatu sesuai dengan waktunya. Artinya jangan sekali-kali menunda pekerjaan. Sesederhana apapun pekerjaan kita, sebaiknya segera diselesaikan.

Hidup tidak akan menjadi produktif bila kebiasaan menunda tidak pernah kita atasi. Bila hidup sudah tidak produktif maka pola hidup akan menjadi semakin buruk.

5. Senantiasa bersyukur

Yang terakhir adalah kita harus membiasakan diri untuk selalu bersyukur. Bersyukur atas segala nikmat dari Tuhan. Baik itu nikmat umur, kesehatan, rezeki dan yang lainya.

Jadi itulah beberapa kebiasaan yang dapat memperkaya hidup, menjadikan diri menjadi pribadi yang lebih baik. Terimakasih sudah membaca artikel ini, Semoga bermanfaat.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here