5 Jenis Buku yang Bisa Bikin Kamu Menjadi Pintar

Diposting pada

5 Jenis Buku yang Bisa Bikin Kamu Menjadi Pintar

Hallo semuanya, salam sejahtera!, Semoga kita senantasa berada dalam kondisi sehat, amin. Sudah lama rasanya saya tidak membuat postingan di website ini, dan sudah lama rasanya saya ingin sekali menuangkan banyak hal disini, namun karena banyaknya kesibukan pribadi, maka semua rencana-rencana itu menjadi terkendala.

Hari ini, tepatnya pada hari rabu 26 juni 2019, saya ingin kembali semangat untuk terus berkarya, menebar inspirasi kepada banyak orang melalui media tulisan, dan topik yang akan menjadi judul pembahasan saya kali ini adalah “5 Jenis Buku yang Bisa Bikin Kamu Menjadi Pintar”.

Bagaimana pembahasan saya? Simak berikut ini.

Oke, pertama kita bahas dulu tentang kepintaran manusia. Ingat!, pintar itu tidak sama dengan cerdas, sekalipun banyak  orang yang mengartikanya sama, namun pada dasarnya berbeda.

Cerdas itu di dapat dari lahir, dan merupakan pemberian langsung oleh Tuhan. Contohnya emosional dalam memahami masalah, menemukan solusi. Sedangkan pintar itu bisa dibangun oleh diri manusia secara bertahap (berproses). Contohnya, anda bisa menjadi juara kelas kalau anda belajar, anda bisa memenangkan perlombaan jika anda latihan.

Jika anda ingin mengetahui perbedaanya lebih detail anda bisa membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul “Perbedaan orang cerdas dan orang pintar“.

Baiklah!, kembali lagi kepada topik awal, apa saja jenis buku yang bisa membuat kita menjadi pintar. Berikut ini adalah 5 jenis buku yang bisa membuat otak menjadi pintar!

1. Buku Pengembangan Diri

Jenis buku yang bisa bikin pintar yang pertama adalah buku pengembangan diri, buku ini berisikan pembelajaran tentang bagaimana kita mengembangkan diri kita (how to). Saya sendiri juga banyak mengoleksi buku-buku pengembangan diri, seperti cara public speaking, bagaimana membangun relasi, bagaimana berpikir lebih baik dan lain sebagainya.

Rekomendasi dari saya tentang buku pengembangan diri, salah satunya adalah buku yang berjudul “Berpikir dan Berjiwa Besar”. Baca juga review bukunya disini.

2. Buku Tentang Sejarah

Jenis buku yang kedua adalah buku tentang sejarah. Bagaimana kisah orang-orang terdahulu, serta perjalanan dan perkembangan manusia dari masa kemasa. Ini akan sangat berguna bagi kita yang sedang melangkah kedepan, tetunya kita bisa banyak belajar dari sejarah masa lalu.

Dengan mempelajari sejarah, maka kita bisa menjadi orang yang berwawasan, sehingga apabila kita bertemu dan berdiskusi dengan orang lain kita mudah bersosialisasi dan tidak akan kehabisan topik pembahasan saat diskusi.

3. Buku Tentang Hubungan Manusia dengan Tuhan (Agama)

Buku tentang keagamaan ini juga sangat penting. Karena sebetulnya segala aktivitas yang kita lakukan tentunya akan terasa memiliki makna bila ada keterkaitan agama. Kita akan paham apakah tata cara yang kita lakukan dalam proses menjadi pintar tidak melanggar hukum-hukum agama. Kita jadi tahu mana yang salah dan mana yang baik, dengan begitu bisa menjadi dasar dan benteng kita di dalam belajar menjadikan diri lebih baik.

4. Buku Motivasi

Kemudian buku yang ke empat adalah buku motivasi, buku ini juga sangat penting untuk menjadikan diri kita lebih pintar. Terkadang disaat kita sedih, kita patah semangat, baik itu di dalam belajar ataupun dalam melakukan sesuatu. Disinilah buku motivasi sangat berperan, tentunya untuk meningkatkan semangat dan motivasi di dalam diri kita.

5. Buku Tentang Pengalaman Hidup

Buku yang terakhir adalah buku tentang pengalaman hidup. Ada banyak sekali orang-orang yang menceritakan kisah hidupnya serta pengalaman mereka dalam meraih kesuksesan di dalam buku. Nah kita bisa membaca buku-buku itu untuk menjadi motivasi dan juga patokan kita di dalam melangkah, belajar dari pengalaman bagaimana cara mereka meraih kesuksesan.

Demikian artikel saya tentang 5 jenis buku yang bisa bikin kamu jadi pintar. Terimakasih banyak atas perhatian anda, sudah bersedia membaca artikel ini, semoga bermanfaat salam inspirasi.!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *