5 Cara Mengatasi Gugup Dalam Public Speaking

Mengatsi gugu dan grogi public speaking

Sebenarnya gugup atau grogi itu tidak bisa dihilangkan melainkan hanya bisa di kurangi. Siapapun itu apabila berada dalam kondisi yang berbeda tentu akan merasa grogi. Contoh misalkan saat ini kalian adalah seorang pengajar di kelas, kalian pasti akan merasa biasa apabila berbicara di depan siswa atau siswi. Namun jika sekarang kalian berada dalam kondisi yang berbeda, misalkan diberikan kesempatan  untuk berbicara di depan masyarakat umum, yang mana disana ada pimpinan masyarakat (Kades, Camat, Bupati) pasti kalian akan merasakan perbedaan, walaupun sebenarnya kalian sering berbicara di depan para siswa tapi tetap saja merasa sedikit grogi bila di hadapkan dengan audiens yang berbeda.

Bagaimana cara mengatasi gugup dalam public speaking?

Dalam kesempatan ini saya sudah mengumpulkan 5 poin yang harus di implementasikan agar dalam berbicara di depan umum, rasa grogi yang dialami dapat teratasi. Apa saja poin itu?

1. Berusaha Rileks

Seorang public speaker biasanya sebelum mereka memulai berbicara, mereka pasti melakukan sebuah pemanasan agar dirinya menjadi lebih rileks. Beberapa pemanasan yang sering dilakukan  seperti misalnya melatih suara, melatih pernafasan, dan melatih gerakan tubuh (body language).

Hal semacam ini juga bisa kalian lakukan agar nanti pada saat kalian tampil berbicara di depan rasa grogi kalian dapat diminimalisir.

2. Merasa Superior

Merasa superior disini adalah membayangkan bahwa diri kalian jauh lebih baik dari pada orang-orang di depan kalian. Ingat jangan mengartikan ini dari sisi yang negatif, seperti misalkan menganggap ini sebagai kesombongan dll. Cobalah artikan ini dalam hal positif, bukan bermaksud negatif melainkan lebih kepada usaha untuk mematikan rasa takut berlebihan dalam diri.

3. Repetisi / Pengulangan

Antoni robins pernah mengatakan “The repetition is the mother of skill” Pengulangan adalah ibu dari skill. Jadi sebenarnya kunci dari sebuah skill itu terletak pada seberapa sering kita mengulangnya, semakin sering kita mengulang atau latihan berbicara maka semakin baik pula public speaking kita.

Ada pepatah yang mengatakan orang bisa karena terbiasa, seorang public speaker, mengapa mereka sangat percaya diri dan tidak grogi saat berbicara di depan banyak orang? jawabanya cuma satu, yaitu karna mereka sudah terbiasa melakukan hal itu secara berulang-ulang.

4. Lupakan Teori / Just do It

Sebenarnya apapun itu, apabila diplajari hanya sebatas teori tanpa pernah di praktikan saya rasa tidak akan pernah menghasilkan apa-apa dan mungkin hanya akan menyisakan pertanyaan, pertanyaan, dan pertanyaan saja.

Bukanya saya melarang kalian untuk bertanya, namun alangkah lebih baiknya kalian mulai praktik saja dari sekarang, nanti kalo sudah action, barulah bertanya kepada diri kalian sendiri, saya yakin pasti akan terjawab dengan sendirinya.

5. Evaluasi diri secara terus-menerus

Dalam proses melakukan pembelajaran, tentu kita harus senantiasa mengevaluasi diri. Apakah sudah ada perubahan dari sebelumnya? Ataukah tetap saja seperti dulu. Pelajari dari setiap usaha yang dilakukan, lama semakin lama hasil dari sebuah proses tentu akan di dapat.

Guru terbaik adalah pengalaman, jadi kalo selama kalian merasa public speaking kalian masih kurang bagus dan masih saja kalian merasa grogi, maka jadikanlah itu sebagai sebuah pengalaman. Pelajari apa kekurangan sebelumnya yang harus kalian benahi. Di dunia ini tidak ada yang instan semua butuh proses, jadi hargailah proses karna itu lebih baik.

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengatasi gugup dalam public speaking. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here