5 Cara Jitu Menjadi Orang yang Percaya Diri

Cara jitu menjadi orang yang percaya diri

5 Cara Jitu Menjadi Orang yang Percaya Diri – Ketika saya membaca beberapa komentar dari para subscriber saya di youtube. Ada sebuah komentar yang membuat saya tertarik untuk menjawabnya.

Komentar itu berbunyi “Bang roli, gimana caranya biar bisa jadi orang yang percaya diri. Kira-kira apa yang harus saya lakukan agar saya percaya diri?”.

Saya menyadari, diluaran sana ternyata masih banyak orang yang suka minder, tidak percaya diri ketika melakukan sesuatu.

Hal itu menurut saya wajar, itu merupakan hal yang lumrah pernah dialami oleh semua orang, termasuk saya sendiri juga pernah mengalaminya.

Lantas yang menjadi pertanyaan kita saat ini, bagaimana sih cara kita mengatasinya?

Disini ada beberapa tips yang sudah saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi maupun pengalaman orang lain.

Saya yakin cepat atau lambat, jika tips ini diterapkan, maka dapat mengubah diri anda menjadi lebih percaya diri.

Penasaran dengan tipsnya? Berikut adalah cara jitu agar bisa jadi orang yang percaya diri :

1. Jangan memikirkan hal buruk tentang diri sendiri

Berprasangka buruk merupakan sumber dari masalah minder yang sering dialami setiap orang. Pernah gak, anda berkata “saya mah gak bisa ini, saya mah gak bisa itu…bla..bla..bla..” Ada berbagai macam ungkapan yang anda katakan untuk menunjukan kekurangan anda kepada orang lain.

Terlalu memikirkan keburukan itu tidaklah baik, penyebab utama kenapa kita sering lemah dengan diri sendiri (minder) ya karena terlalu keseringan memikirkan kekurangan diri. Jadi, tetaplah fokus pada kelebihan anda, jangan memikirkan kekurangan anda.

2. Caritahu kelebihanmu

Setiap orang pasti punya kelebihanya masing-masing. Begitupun anda yang saat ini sedang membaca tulisan ini, pastinya anda juga punya kelebihan tersendiri.

Saya tidak tahu kelebihan apa yang anda miliki, namun pastinya kelebihan itu ada pada diri anda. Tinggal anda saja yang berusaha mencari dan menggali kelebihan yang ada pada diri anda.

Baca juga : 5 Cara Agar Menemukan Potensi Diri Sendiri

3. Bergaul dengan orang yang lebih Percaya Diri dari anda

Saya masih ingat dulu, andai saja saya tidak belajar keluar dari kampung halaman saya, kemudian keluar merantau mencari ilmu, mungkin saya tidak akan memiliki mindset-mindset yang baik.

Yang biasanya mindset di kampung saya adalah mindset yang biasa, maka dengan cara saya keluar, mencari lingkungan baru, dan belajar dengan lingkungan baru menjadikan pemikiran saya banyak berubah.

Begitupun dengan kepercayaan diri saya, semua saya dapat juga dari pergaulan yang saya alami dilingkungan sekitar saya. Jadi kalau ingin merubah diri menjadi lebih percaya diri, maka rubahlah pergaulan anda.

4. Aktif dalam komunitas / organisasi

Kalau masalah organisasi, saya rasa sudah banyak organisasi pernah saya ikuti. Ada banyak hal yang saya dapat disana, termasuk juga dalam hal meningkatkan kepercayaan diri. Suport dari teman-teman sesama organisasi, serta kesempatan untuk memetakan potensi diri, menjadikan saya menjadi lebih percaya diri.

Jika anda hari ini adalah seorang pelajar kemudian disekitar anda ada banyak organisasi yang bisa diikuti, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar di dalam nya. Ikutlah belajarlah disana, maka insyaallah rasa percaya diri anda akan tumbuh seiring dengan banyaknya pengalaman yang anda lakukan.

5. Yakin bahwa kamu bisa

Keyakinan terhadap diri sendiri bisa menjadi faktor mendasar anda dapat percaya diri. Kepercayaan diri tidak akan pernah ada tanpa memiliki keyakinan yang baik terhadap diri sendiri. Oleh sebab itu, tanamkanlah di dalam diri sebuah keyakinan bahwa anda mampu dan anda bisa, sehingga rasa percaya diri pun akan tumbuh dengan sendirinya.

Itulah beberapa tips tentang “Cara jitu menjadi orang yang percaya diri” Terimakasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here