Cara Berpikir Out of The Box

5 Cara Berpikir yang Out of The Box

Diposting pada

Berpikir Out of The Box atau berpikir di luar kotak. Mungkin kata ini seringkali anda dengar. Banyak orang yang membahas tentang ini. Tahukah anda, bahwa sebagian karya terbesar manusia yang pernah diciptakan, semua diciptakan dengan pemikiran yang out of the box.

Berpikir out of the box adalah berpikir dengan cara di luar dari kebiasaan. Melakukan sesuatu yang belum pernah terbayangkan oleh banyak orang. Itulah yang dilakukan oleh Wright Bersaudara ketika dia menciptakan sebuah pesawat. Ia berpikir bagaimana manusia bisa terbang, ia pun menciptakan mesin terbang dengan meniru anatomi burung.

Pada saat itu, umumnya banyak yang mengatakan bahwa dia gila, mengatakan itu mustahil, tidak mungkin, hanya orang gila yang melakukan hal aneh semacam ini dan berbagai ungkapan negatif lainya.

Namun walau banyak sekali hinaan dari orang-orang, Wright Bersaudara terus berusaha mewujudkan mimpi-mimpinya, hingga pada akhirnya ia berhasil menciptakan pesawat terbang yang mempu membawa manusia menysuri belahan bumi.

Nah dari kisah Wright Bersaudara yang saya ceritakan diatas, tentu membuat kita menjadi terinspirasi bukan?. Kita tentu berharap keberuntungan seperti itu bisa kita dapatkan.

Bagaimana Cara Berpikir Out Of The Box?

Jika anda ingin berpikir out of the box, berpikir di luar dari kebiasaan kebanyakan orang. Tidak ada salahnya anda menerapkan beberapa tips yang sudah saya rangkum dengan penjelasan sederhana berikut ini.

1. Pertajam Kreativitas

Untuk dapat berpikir out of the box, anda bisa melakukanya dengan cara mempertajam kreativitas. Semakin anda kreatif, semakin anda mampu menciptakan sesuatu yang memiliki nilai tinggi, tentunya itu adalah hasil yang di dapat dengan cara berpikir diluar kebiasaan banyak orang.

Cara mempertajam kreatifitas, bisa anda lakukan dengan memperbanyak refrensi. Tambah pengetahuan di dalam otak anda, perbanyaklah membaca buku, menonton video yang informatif dan edukatif. Saya yakin bila dilakukan secara konsisten dan kontinyu dapat menjadikan anda menjadi pribadi yang mampu berpikir out of the box.

2. Tinggalkan Zona Nyaman

Sebagian besar orang suka berada dalam zona nyaman. Zona ini merupakan zona yang dapat membuat seseorang merasa nyaman seolah-olah tidak ingin pergi dari kondisi itu. Namun perlu kita pahami, bahwa berada dalam zona tersebut tidak akan membuat kemajuan yang berarti di dalam hidup kita. Kita akan menjadi orang yang penakut, tidak suka dengan tantangan, sehingga kita pun tidak mampu untuk berpikir out of the box. Maka dari itu belajarlah untuk keluar dari zona nyaman anda dari sekararang.

Baca Juga : 5 Cara Keluar Dari Zona Nyaman Untuk Meraih Sukses

3. Belajar dari Pengalaman

Banyak orang mengatakan, pengalaman adalah guru terbaik. Ungkapan itu memang benar adanya. Berapa banyak waktu yang kita lewati, berbagai macam masalah kita temui, semua itu merupakan pengalaman berharga yang bisa mengajarkan kita untuk melangkah lebih baik lagi kedepanya. Dengan belajar dari pengalaman, maka kita akan mempu untuk berpikir out of the box.

4. Temukan Sebuah Peluang

Peluang ada dimana-mana, peluang bisa datang kapan saja pada saat apa saja. Bisa jadi ketika anda bersantai, anda menemukan peluang, bisa jadi ketika anda bekerja, anda juga menemukan peluang. Anda harus pandai menemukan peluang di dalam hidup anda walau pada kondisi apapun, agar nanti anda dapat menciptakan sesuatu yang out of the box.

5. Terus Bereksperimen

Yang terakhir adalah teruslah bereksperimen, cobalah banyak hal. Dengan anda terus mencoba banyak hal, semakin banyak pengalaman dan pengetahuan yang akan anda dapat. Sehingga itu akan mempengaruhi mindset anda, anda akan menjadi pribadi yang lebih matang. Anda pun akan mampu memikirkan banyak peluang dan kesempatan untuk menciptakan sesuatu yang out of the box.

Demikian artikel saya tentang 5 Cara Berpikir yang Out of The Box, Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membacanya, semoga ini bisa menjadi tambahan wawasan dan pengetahuan bagi anda, guna kedepanya menjadi pribadi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *