5 Cara Berbicara Memotivasi Orang Lain

Cara berbicara memotivasi orang lain

5 Cara Berbicara Memotivasi Orang Lain – Ada beberapa profesi yang menuntut seseorang untuk bisa memberikan motivasi kepada orang lain. Contohnya misalkan seorang trainer, seorang tenaga pendidik, seorang pemimpin, dan masih banyak lagi lainya.

Memberikan sebuah motivasi bukanlah hal yang mudah, kadang tidak semua orang bisa. Kalau hanya sekedar berbicara biasa saja sih saya rasa semua orang bisa, tapi kalau berbicara membuat orang lain termotivasi dari apa yang kita sampaikan ini yang sulit.

Walau memberikan motivasi begitu sulit, tapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk dapat mempelajarinya.

Berikut akan saya jelaskan beberapa cara dalam berbicara agar orang lain dapat termotivasi :

1. Punya power

Seberapa otimisnya kita dalam berbicara dapat dilihat dari power/kekuatan kita saat berbicara. Apabila ingin memberikan motivasi, sebaiknya tunjukanlah power diri anda. Alirkan energi kepada orang lain agar mereka dapat merasakan semangat yang mengalir dari dalam diri anda.

Pernahkah anda mengikuti sebuah seminar?, kemudian anda melihat pembicara yang energic. Nah itulah yang dimaksud dengan power. Power dapat menunjukan tingkat kepercayaan diri.

Dalam profesi sebagai tenaga pendidik pun power juga sangat penting, tujuanya adalah agar para pelajar dapat menerima materi dengan baik.

2. Pemilihan kata yang tepat

Kata-kata merupakan kunci membuat orang lain menjadi termotivasi. Seberapa pun lama anda berbicara di hadapan orang lain, kalau tidak ada kata-kata yang berkesan, maka bicara anda terasa hambar.

Biasanya kalau ingin orang lain termotivasi, gunakanlah kata-kata bijak yang tentunya sesuai dengan kondisi / suasana lawan bicara anda.

3. Berbicara dengan hati dan rasa

Bicara itu sebenarnya harus benar-benar dari dalam diri sendiri. Apa yang kita sampaikan itu benar-benar mewakili perasaan anda yang sebenarnya.

Dengan begitu, diri anda akan terasa ikhlas. Sehingga apabila sudah ikhlas, maka orang lain yang mendengar pun dapat tersentuh dan termotivasi oleh apa yang di sampaikan.

4. Menggunakan body language

Komunikasi yang baik sebenarnya harus terdapat unsur body language. Body language adalah gerakan tubuh, yang paling generalnya seperti gerakan tangan, ekspresi wajah, dan cara berjalan. Ini adalah beberapa hal yang pelu di perhatikan.

Baca juga : Cara Mengatur Body Language Dalam Public Speaking

Jadi body language ini bisa dikatakan sebagai pelengkap untuk lebih meyakinkan orang lain atas apa yang disampaikan kepada mereka.

5. Ceritakan sesuatu yang bermakna

Yang terakhir adalah cobalah untuk menceritakan suatu hal yang bermanka. Biasanya orang akan lebih senang kalau mendengar cerita inspiratif dan sejarah bermakna. Tentunya hal ini dapat membuat orang lain menjadi termotivasi dengan apa yang disampaikan.

Jadi itulah ke 5 cara berbicara agar orang lain dapat termotivasi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here