5 Alasan Mengapa Anda Sulit Mendapatkan Motivasi

5 Alasan Mengapa Anda Sulit Mendapatkan Motivasi

Diposting pada

5 Alasan Mengapa Anda Sulit Mendapatkan Motivasi – Kadang kalau lagi galau, stress karena banyak masalah, pasti yang paling dicari adalah motivasi. Entah itu motivasi dari teman, saudara, keluarga atau yang lainya, yang jelas itu adalah motivasi yang mungkin bisa meningkatkan semangat dalam menghadapi masalah.

Sebetulnya yang namanya motivasi ini bisa datang kepada siapa saja dan kapan saja. Namun ada beberapa faktor yang terkadang bisa saja menjadi penghambat seseorang mendapatkan motivasi. Beberapa diantaranya, akan berusaha saya jabarkan melalui tulisan yang singkat ini.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab anda sulit mendapatkan motivasi :

1. Jarang melakukan sesuatu

Diam saja tanpa melakukan sesuatu terkadang sangat membosankan, saya pun juga merasa demikian. Kalau sudah sendiri, terus tidak tahu mau ngapain, rasanya kaya hidup dalam kegalauan.

Nah, pada kondisi seperti itu seharusnya kita berusaha untuk menyibukan diri dengan hal-hal yang produktif, dengan begitu motivasi dalam diri pun akan tumbuh.

Cobalah untuk memulai sesuatu, saya yakin kalau kita sudah memulai sesuatu, maka dapat memaksa kita untuk melakukan banyak hal.

Hindari kebiasaan terdiam tanpa melakukan apa-apa, biasanya kebiasaan seperti ini dapat membuat diri menjadi malas tanpa ada motivasi.

2. Faktor lingkungan

Lingkungan sangat menentukan terhadap motivasi dalam diri. Hidup dilingkungan orang-orang yang pesimis juga dapat membuat kita menjadi ikut pesimis.

Begitupun sebaliknya, hidup dilingkungan orang-orang yang optimis tentu dapat membuat kita menjadi optimis juga. Jadi kalau anda hari ini sering pesimis dan sulit mendapat motivasi, bisa jadi itu karena lingkungan anda yang tidak baik.

3. Terlalu meremehkan sesuatu

Bila ada seseorang yang mengajari anda sesuatu kemudian itu adalah hal yang positif, lantas anda tidak memperhatikan dan meremehkanya, bisa jadi itu adalah salah satu penyebab mengapa anda sulit mendapatkan motivasi.

Banyak orang mengibaratkan ini seperti gelas kosong dan gelas penuh. Orang yang sering meremehkan sesuatu itu sama halnya dengan gelas yang penuh, jadi kalau dimasukin air lagi tidak akan bisa masuk, karena sudah penuh. Namun kalau seperti gelas yang kosong, bila dimasukan air lagi ia pun bisa masuk, karena masih kosong.

4. Tidak punya gambaran tentang masa depan

Pernahkah anda melihat teman-teman disekitar anda yang sibuk berlomba-lomba meraih prestasi, mengejar mimpi-mimpi nya. Mengapa mereka bisa semangat dan punya motivasi tinggi?

Jawabanya sudah jelas, yakni karena mereka punya gambaran yang baik tentang masa depanya. Mereka selalu melihat ada sebuah keajaiban yang hebat di masa depan mereka kelak. Sehingga motivasinya terus mengalir memompa semangatnya dalam berjuang.

Bila anda hari ini masih pesimis dengan diri anda, maka rubahlah cara anda dalam berpikir. Mulai dari sekarang berpikirlah tentang masa depan dan mimpi-mimpi anda di masa depan, sehingga anda pun akan menjadi sama dengan mereka yang saat ini sedang semangat mengejar mimpi-mimpinya.

5. Faktor yang diserap otak

Maksud saya faktor yang diserap oleh otak ini adalah apa saja yang sering anda dengarkan dan apa saja yang sering anda lihat.

Misalkan anda sering menonton film motivasi yang positif, maka akan memberikan dampak dalam hidup anda, yakni anda jadi lebih semangat dan optimis.

Namun bila anda sering menonton film sedih yang bisa bikin galau, maka alam bawah sadar anda akan mencerna apa yang anda tonton. Alhasil dapat memberikan dampak dalam hidup anda seperti menjadi ikut sedih, menjadi malas dan lain sebagainya.

Berhati-hatilah dengan tontonan, biasanya tontonan dapat mempengaruhi diri tanpa sadar. Berusahalah untuk cerdas dalam menentukan apa yang akan di tonton dan akan di dengarkan.

Baca juga :

Itulah ke 5 alasan mengapa anda sulit mendapatkan motivasi yang dapat saya sampaikan. Terimaksih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *