3 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

Sukses Berbicara di Depan Umum

Ada beberapa kriteria seorang public speaker bisa dikatakan sebagai seorang pembicara yang sukses dan berhasil. Diantaranya adalah lancar, percaya diri, dan memiliki daya tarik.

Lancar adalah ketika seorang public speaker berbicara, ia sedikit dalam melakukan kesalahan atau bahkan tanpa pernah melakukan kesalahan.

Yang kedua Percaya diri adalah ketika seorang public speaker mampu berbicara dengan semangat, energic, yakin akan potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Yang ketiga memiliki daya tarik, misalnya ketika berbicara, ia dapat berbicara dengan menonjolkan ciri khas yang dimiliki, sehingga ciri khas ini dapat menjadi daya tarik dia pada saat berbicara.

Dan jika ingin dikatakan sukses dalam public speaking, setidaknya harus menguasai ketiga hal tersebut.

Caranya Bagaimana? Berikut adalah 5 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum :

1. Cara Lancar dalam Berbicara

Untuk bisa lancar dalam berbicara, seorang public speaker yang handal tidaklah belajar dalam jangka waktu yang singkat. Butuh waktu lama hingga dia benar-benar bisa lancar berbicara. Lantas bagaimana mereka bisa lancar, apa saja hal yang dilakukan? Maka jawabanya adalah Repetisi / Pengulangan. Antoni robbins pernah mengatakan “The repetition is the mother of skill” Pengulangan adalah ibu dari skill. Kalau anda ingin lancar berbicara setidaknya anda harus sering-sering latihan dan mengulang.

2. Cara Percaya diri Berbicara

Kadang dalam berbicara, kita sangat kesulitan sekali menjadi orang yang percaya diri. Terlebih melihat mata audiens yang menyorot ke kita, membuat kita semakin takut / pesimis dalam berbicara.

Hal ini sebetulnya bukan hanya dialami oleh kita saja, melainka ada banyak sekali orang diluar sana yang juga mengalami hal yang sama. Begitupun dengan orang yang saat ini sudah profesional sebagai pembicara, mereka pun dulu pernah mengalami itu.

Lantas bagaimana mereka bisa melewati masa-masa itu kemudian saat ini mampu tampil percaya diri?. Jawaban nya adalah karena mereka lebih fokus kepada kelebihan yang dimilikinya, bukan kepada kekurangan yang dimiliki.

Coba deh anda pikir-pikir, mungkin sebelumnya pernah berbicara tapi gak percaya diri, evaluasi apakah pada saat itu anda selalu membayangkan akan ketidak mampuan anda, anda mengatakan “ah nanti saya di tertawai, ah nanti saya di ejek, ah nanti saya gemeteran” dan berbagai macam ungkapan pesimis lainya.

Sebenarnya itulah akar dari masalah ini. Jadi fokuslah kepada kelebihan anda, yakinlah bahwa anda mampu dan anda bisa. Kalau orang lain bisa anda pun bisa, kan sama-sama makan nasi 🙂

3. Cara Memiliki Daya Tarik

Seorang public speaker bukan hanya sekedar berbicara saja, melainkan juga harus memiliki daya tarik tersendiri agar audiens bisa mendapatkan kenyamanan pada saat mendengar apa yang disampaikan. Ketika seorang public speaker tidak memiliki daya tarik maka ia akan terlihat garing dan membosankan, oleh karenanya dibutuhkan teknik agar audiens bisa tertarik.

Anda mungkin bisa membuat audiens tertarik dengan cara memberikan jokes yang sesuai gaya anda sendiri, Atau bisa juga dengan memainkan nada dalam berbicara, itu juga dapat menciptakan ciri khas yang tentunya akan membuat audiens menjadi semakin tertarik dengan gaya berbicara anda.

Intinya, bila ingin sukses berbicara di depan umum, kuncinya jangan mudah menyerah, teruslah belajar dan berusaha memaksimalkan potensi diri. Saya yakin lama semakin lama anda pasti akan mampu menjadi pembicara yang baik.

Jadi itulah ke 3 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum, Terimakasih sudah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here