3 Kunci Untuk Menjadi Seorang Public Speaker yang Hebat

3 Kunci Untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat

3 Kunci Untuk Menjadi Seorang Public Speaker yang Hebat  – Artikel ini sebenarnya saya buat karena saya terinspirasi dari orang-orang yang sangat luar biasa yang telah berhasil memenangkan Kontes Public SpeakingWORLD CHAMPIONSHIP OF PUBLIC SPEAKING” yang selalu diadakan setiap tahunya.

Sebelumnya jika kalian adalah seorang pemula dalam belajar public speaking, saya sarankan membaca artikel saya sebelumnya yang berjudul : 3 Cara Belajar Public Speaking Otodidak Dengan Mudah

Baik, jadi kebetulan di tahun 2017 kemarin beberapa daftar orang yang berhasil memenangkan Kontes Public Speaking ini diantaranya Manoj Vasudevan dengan pringkat satu, Simon Bucknall dengan pringkat kedua, dan Kevin Stamper dengan pringkat ketiga.

Saya berbagi kiat-kiat ini bukan berarti saya adalah orang yang pandai  atau mungkin kalian mengira saya setara dengan para juara diatas, sebenarnya tidak seperti itu. Justru disini saya ingin mengajak kalian semua untuk belajar bersama, kita akan belajar tentang kiat atau tips yang sebenarnya digunakan oleh mereka (para juara) sehingga mereka bisa menjadi seorang public speaker handal dan professional.

Menurut penilaian dan hemat saya, Manoj Vasudevan dan kawan-kawan mengapa mereka bisa tanpil profesional saat berbicara di depan umum, ternyata mereka melakukan tiga kuncu, apa saja ketiga kunci itu.

Berikut adalah 3 Kunci Untuk Menjadi Public Speaker yang Hebat :

Pertama : Mengutamakan Praktik

Saya sering kali mengatakan di dalam video tips public speaking yang saya publikasikan di channel youtube saya, bahwa kunci utama dalam public sepeaking itu sebenarnya praktik bukan teori. Apabila kita hanya mempelajari teori saja namun kita tidak pernah mempraktikanya maka saya rasa kita tidak akan pernah bisa menguasai public speaking. Kuncinya adalah memulai praktik dari sekarang jangan terlalu memikirkan teori.

Kedua : Selalu Mengevaluasi Diri

Dimana-mana evaluasi sangat dibutuhkan, bahkan di dalam public speaking pun evaluasi tentu dibutuhkan. Public speaking adalah seni berbicara yang mana untuk menguasainya dibutuhkan kebiasaan mengulang dan mengulang sehingga pada saat sedang mengulangnya kita harus menyelipkan evaluasi agar kedepanya public speaking kita menjadi semakin baik.

Ketiga : Berbicara Seperti Air Yang Mengalir

Seorang pembicara profesional terlihat hebat, mengapa? jawabanya adalah karena mereka berbicara seperti air yang mengalir. Dirasakan dan dihayati, tidak dengan cara menghafal, melainkan dengan cara menjelaskan apa yang dipahami menggunakan nalar yang sudah dilatih sebelumnya.

Jadi ya kalian harus banyak latihan dan banyak mempraktikan agar bisa profesional dan lancar berbicara seperti air yang mengalir.

Jadi itulah 3 Kunci Untuk Menjadi Seorang Public Speaker yang Hebat. Terimakaih atas kunjunganya, Semoga dapat menginspirasi para pembaca dalam belajar public speaking.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here