Cara Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta

10 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta

Diposting pada

10 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta – Banyak orang di dunia ini yang patah hati karena putus cinta. Galau tanpa henti, terus bersedih dan terpuruk hanya karena persoalan cinta. Sebenarnya kita ga perlu heran dengan hal itu, semua orang pasti pernah mengalaminya, entah itu laki-laki maupun perempuan.

Ada orang menyikapi keterpurukan cintanya dengan cara menyendiri, ada yang menyikapinya dengan cara bersenang-senang, ada juga yang menyikapinya dengan cara bunuh diri. Cara yang terakhir ini sangat ekstrim, rela mati hanya karena putus cinta. Wah semoga saja kita tidak demikian.

Oleh sebab itu, tentu topik ini perlu untuk diperhatikan bersama, agar nantinya kita tidak salah dalam menyikapi persoalan cinta yang kita alami.

Sudah saatnya untuk mengobati keterpurukan cinta, bukan membiarkanya berlarut-larut hingga sampai menghambat aktivitas penting di dalam hidup kita.

Bagaimana Caranya Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta?

Mungkin beberapa tips berikut bisa menjawab pertanyaan itu. Silahkan simak saja sampai habis, semoga bermanfaat.

1. Sibukan Diri dengan Hal Positif

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyibukan diri dengan berbagai kegiatan yang positif. Tidak melulu memikirkan mantan saja, mulailah untuk belajar move on. Move on tidak harus berpalin kepada yang baru, tapi move on juga bisa berupa aktivitas, yang mana aktivitas itu bisa membelokan pikiran anda yang mengarah ke mantan anda.

Anda bisa belajar hal-hal baru, entah itu menulis, belajar musik, bernyanyi, membuat karya, dan lain sebagainya. Intinya itu merupakan kegiatan positif dan bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Selalu Berpikir Positif

2. Jauhi Semua yang Berkaitan dengan Mantan

Selanjutnya cara bangkit dari keterpurukan cinta adalah dengan menjauhi segala hal yang berkaitan tentang mantan. Terserah tu apa saja, bisa foto, bisa album kenangan, dan bisa juga mungkin video kenangan.

Kalaupun anda tidak ingin membuangnya, setidaknya berusahalah untuk menjauhkanya. Anda bisa menyimpanya rapat-rapat di tempat tersembunyi agar anda tidak tertarik untuk melihatnya lagi.

Selain itu juga anda harus hindari sikap kepo terhadap mantan. Jangan lihat akun media sosialnya secara terus menerus. Seberapapun kangen anda dengan dia berusahalah untuk tidak melakukan itu, sebab itu akan memancing emosional anda untuk ingat dengan masa lalu sehingga anda pun akan semakin terpuruk karena perasaan anda sendiri.

3. Belajar Untuk Ikhlas

Jangan mengira kebahagiaan hidup anda, hanya anda dapat ketika bersama sang mantan. Sebetulnya anda bisa mendapatkan kebahagiaan yang lebih dari itu dengan hal-hal yang lain.

Bisa jadi dengan cara berprestasi, mengikuti kompetisi, berkarya, dan berbagai pencapaian lainya, juga bisa membuat anda menjadi jauh lebih bahagia.

Ingatlah jangan menggantungkan kebahagiaan anda hanya kepada sang mantan. Masa depan anda masih panjang, masih banyak hal yang harus anda lalui. Bangkitlah jangan terdiam dan terpuruk, karena itu justru semakin membuat anda tersakiti.

Belajarlah untuk mengiklaskan apa yang sudah terjadi. Biarlah itu menjadi pengalaman berharga di dalam hidup anda, guna melangkah lebih baik lagi kedepanya.

4. Curhatlah Kepada Sahabat

Bila anda betul-betul tidak bisa menahan perasaan anda yang begitu terpuruk, maka tidak ada salahnya anda mencoba mengalirkan apa yang anda rasakan kepada orang-orang terdekat anda.

Ceritakan masalah anda kepada sahabat, teman atau kerabat anda. Barangkali dengan anda menceritakan semua masalah anda kepada mereka. Anda akan menjadi lega dan tenang. Bukan hanya itu saja, mingkin anda juga akan mendapat saran dan masukan yang baik dari mereka.

5. Menyenangkan Diri Sendiri

Kalau mungkin sebelumnya anda banyak menghabisakan waktu berdua bersama sang mantan, maka mulai sekarang belajarlah untuk menyenangkan diri dengan cara sendiri.

Anda bisa mengunjungi tempat-tempat pavorit anda, hilangkan penat dan letih yang anda rasakan. Biasakan diri untuk lebih mandiri, mampu bahagia walau tidak bersama sang mantan. Saya yakin anda akan terbiasa dengan kesendirian anda, sehingga anda bisa melupakan mantan secara perlahan.

6. Berolahragalah

Tips selanjutnya adalah dengan cara berolahraga. Mengapa poin ini saya masukan?, Karena ini merupakan bagian terpenting yang tidak boleh kita lupakan.

Dibalik otak yang baik dan sehat, semua dimulai dari kondisi fisik yang baik dan sehat juga. Dan cara menjadikan fisik menjadi baik, ya dengan cara berolahraga. Mulailah dari sekarang biasakan diri untuk berolahraga, setidaknya 1 atau 2 kali dalam seminggu.

7. Mulai Berkarya

Jadikan emosi sedih anda sebagai power anda untuk menciptakan banyak karya. Bisa itu menulis, bernyanyi, membuat video, dan berbagai kreativitas lainya.

Orang yang sedih biasanya kondisi emosionalnya lebih sensitif, makanya tak heran bila banyak karya-karya hebat yang diciptakan oleh orang-orang besar dibuat pada kondisi emosional mereka sedang sensitif.

Kalau anda hoby menulis, maka menulislah!, utarakan segala perasaan yang ingin anda curhatkan. Kalau anda adalah seorang penyanyi, maka ciptakanlah sebuah lagu dari perasaan yang anda alami. Dan kalau anda adalah seorang video kreator, maka buatlah karya yang dapat mengutarakan tentang perasaan anda.

Dengan begitu, anda akan lebih plong dan merasa ringan, sebab semua emosi yang anda rasakan dapat tereksplor dengan berbagai karya yang anda ciptakan.

8. Temukan Teman Baru

Dengan berubahnya status anda, dari yang semulanya memiliki hubungan menjadi status single, maka anda memiliki kesempatan lebih besar untuk berinteraksi dengan orang-orang baru.

Tidak ada yang mengekang dan melarang anda. Anda bisa bebas berteman dengan siapa saja. Disitulah anda akan merasakan betapa bahagianya memiliki banyak teman, bebas kemana saja tanpa ada kekangan dari orang lain.

9. Temukan Orang Baru yang Tepat dan Segera Menikah

Menjalin hubungan sebetulnya tak boleh berlama-lama, sebab itu menyakitkan. Lebih baik matangkan diri, temukan orang yang benar-benar tepat dan segeralah untuk melamarnya.

Ini merupakan cara terbaik anda untuk bisa melupakan masa lalu dengan mantan anda. Percayalah anda akan lebih bahagia membina hubungan keluarga yang sudah jelas statusnya daripada membina hubungan yang hanya sebatas “pacaran”.

Yang jelas repot dah kalau hanya sebatas pacaran dengan status yang belum jelas. Tapi kalau sudah memiliki status jelas maka anda pun tidak perlu khawatir terhadap pasangan anda, sebab anda sudah memiliki ikatan yang resmi.

10. Senantiasa Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Yang terakhir, kalau memang keterpurukan anda sulit untuk diatasi. Cobalah untuk lebih dekat dengan sang Pencipta. Barangkali anda sebelumnya terlalu melalaikan kewajiban terhadap agama dan kepatuhan terhadap Tuhan, mulailah untuk sadar bahwa semua kita akan kembali kepada sang pencipta.

Tidak ada gunanya kita meratapi hal secara berlebihan yang sifatnya sementara. Kita hidup di dunia hanyalah sementara. Mending perbaiki diri saja jadi lebih baik, anggap semua yang sudah terjadi sebagai pengalaman dan teguran dari Tuhan agar kita senantiasa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Kesimpulan

Dari kesemua tips yang saya sampaikan diatas, poin yang dapat saya simpulkan adalah kita harus tetap berusaha berjuang untuk terus memperbaiki diri. Jika memang kita terpuruk karena cinta, maka segeralah untuk mengatasinya. Jangan sampai kita terlupa hingga nanti kita menyikapinya dengan cara yang salah.

Diluar sana kalau saja kita tahu, mungkin ada banyak sekali orang yang salah dalam menyikapi perasaan buruk yang dialaminya. Ada yang larinya ke narkoba, sex bebas, bahkan parahnya sampai mengakhiri hidupnya (bunuh diri). Semua itu terjadi karena mereka menyikapinya dengan cara yang salah.

Saya menganggap anda beruntung jika sempat membaca artikel ini dan tidak sampai melakukan hal seperti itu. Tetaplah semangat!, dibalik keterpurukan yang anda alami, terdapat segudang pelajaran yang bisa anda jadikan tolak ukur dalam melangkah kedepanya.

Demikian artikel saya tentang 10 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca walau hanya sekilas. Harapan saya ini dapat memberi manfaat bagi anda yang sedang mengalami keterpurukan karena putus cinta.

One thought on “10 Cara Bangkit dari Keterpurukan Karena Putus Cinta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *