5 Cara Membangun Personal Branding Yang Baik


Apakah anda ingin tahu bagaimana cara membangun personal branding yang baik? Jika iya maka teruslah membaca tulisan ini, sampai anda benar-benar paham dengan apa yang saya sampaikan.

Personal branding pada dasarnya bisa dikatakan sebagai gambaran dari setiap orang. Misalnya ketika ada orang yang mendengar nama anda, maka seolah olah-olah ada suatu gambaran yang mucul di benak mereka tentang diri anda.

Pernahkah anda melihat seorang tabib yang banyak didatangi oleh orang-orang yang mengidap suatu penyakit.

Mengapa ia banyak didatangi? Itu semua karena ia selalu menunjukan kepada orang lain bahwa dia memiliki kemampuan untuk melakukan pengobatan secara tradisional, sehingga ia pun dikenal oleh orang lain sebagai seorang tabib (pengobatan tradisional).

Bila anda ingin dikenal sebagai seorang pembicara maka tunjukanlah sikap yang menunjukan bahwa diri anda adalah seorang pembicara. Atau bila anda ingin dikenal sebagai seorang penyanyi, maka tunjukan karya-karya anda yang bisa memberikan gambaran bahwa anda memiliki potensi di bidang itu.

Dalam diri seseorang ternyata personal branding sangatlah penting, mengapa demikian?, sebab sejatinya kita adalah mahluk sosial, mahluk yang selalu berhubungan satu sama lain.

Kita sama-sama saling membutuhkan, maka dengan membangun personal branding, orang lain akan tahu apa kelebihan yang dimiliki dan bisa saja sewaktu-waktu dapat berguna dan bermanfaat.

Disini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan dalam hidup anda agar memiliki personal yang baik, diantaranya sebagai berikut :

1. Kenali kelebihan anda

Pernahkah anda mendengar pribahasa yang mengatakan "tak kenal maka tak sayang"? Nampak nya itu bukan saja berlaku untuk orang lain, namun juga berlaku untuk diri kita sendiri.

Orang yang tidak kenal dengan potensi/kemampuan dirinya sendiri maka biasanya hidupnya tidak memiliki rasa dan makna. Terkadang ia kebingungan melihat teman-teman nya yang lain sudah memiliki kelebihan sedang dia sendiri tidak.

Nah bila anda ingin hidup anda lebih berarti dan anda menjadi semakin sayang dengan diri anda, alangkah baiknya kenali dulu apa sebenarnya kelebihan anda. Untuk tips mengetahui potensi diri, silahkan anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya.


2. Publikasikan kelebihan anda

Setelah mengetahui kelebihan diri, selanjutnya anda harus mempublikasikanya agar orang lain tahu terhadap kelebihan yang anda miliki. 

Di era yang modern ini, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mempublikasikan kelebihan diri. Misalnya, anda memiliki hoby menulis, maka tak ada salahnya anda membuat blog lalu menuliskan artikel-artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Atau anda memiliki hoby membuat konten video, maka tak ada salahnya anda juga memanfaatkan youtube sebagai sarana publikasi.

Jaman sekarang, semua bisa dilakukan dengan cara yang mudah, apalagi teknologi sudah semakin maju. Media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lainya, bisa anda jadikan sebagai sarana publikasi.

Daripada anda update status gak jelas di media sosial, lebih baik anda update suatu hal yang bermanfaat dan berguna, tentunya sesuai dengan potensi yang anda miliki. Sehingga dengan demikian orang lain bisa mengenali anda dengan passion yang sesuai dengan diri anda.

3. Konsisten dalam membangunya

Untuk bisa mendapatkan personal branding yang baik dimata orang tentu tidaklah mudah. Butuh waktu yang lama serta kesabaran yang besar. Tidak bisa anda hari ini mempublikasikan diri anda tentang A, sedang besok nya lagi anda mempublikasikan diri anda tentang B. Maka itu tidak konsisten, sehingga orang lain akan kebingungan sebenarnya anda ini ingin dikenal sebagai orang yang memiliki kemampuan A atau B.

Jadi tetaplah pertahankan konsistensi anda dalam membangun personal branding. Percayalah tidak ada hal yang mudah dan instan di dunia ini. Yang ada adalah semua dibangun dengan usaha dan kerja keras yang dilakukan secara konsisten.

4. Sesuaikan dengan perkembangan zaman

Menyesuaikan dengan perkembangan zaman disini maksud saya apa sih?. Jadi begini, terkadang yang namanya hidup itu kan selalu berubah. Jadi tidak ada suatu hal yang abadi di dunia ini kecuali perubahan.

Kalau jaman dulu, mungkin sarana yang banyak dipakai untuk membangun personal branding adalah BBM maka sekarang mungkin sudah jamanya youtube, banyak orang menjadikan youtube sebagai sarana untuk membangun personal branding. 

Tetaplah menjadi pribadi yang selalu menyesuaikan diri dengan perubahan. Karena bila tidak, maka anda akan tertinggal jauh dari yang lainya.

5. Berdoa kepada Tuhan

Yang terakhir dan ga boleh terupakan, yakni selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Berdoalah agar usaha yang anda lakukan hari ini bisa membuahkan hasil dan tentunya dapat memberikan dampak positif untuk diri sendiri dan orang lain.

Itulah beberapa tips dari saya tentang bagaimana cara membangun personal branding yang baik. Semoga apa yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi anda sekalian.

Ingin Terhubung dengan Saya?

Instagram :

Facebook :

Twitter :

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "5 Cara Membangun Personal Branding Yang Baik"

  1. Betul, di jaman sekarang sarana aplikasi membentuk personal branding sangat mudah dan beragam pilihannya.
    Tergantung pilih aplikasi mana yang disukai.

    BalasHapus
  2. Personal branding yang baik memang penting ya, supaya kita juga bisa menginspirasi orang di sekitar....

    BalasHapus