5 Cara Keluar dari Zona Nyaman


Pada kesemptan kali ini, saya ingin sedikit sharing mengenai : Bagaimana cara keluar dari zona nyaman. Sebelumnya mungkin kita mengetahui bahwa zona nyaman atau zona yang sering disebut convert zone merupakan zona dimana seseorang merasa tenang, nyaman, seolah-olah tanpa beban.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang hidupnya tidak ingin ribet, tidak ingin susah, ia hanya ingin berada dalam kondisi yang nyaman saja. Mereka yang bersikap seperti itu adalah contoh dari orang-orang yang tidak berani mengambil resiko untuk meninggalkan zona yang selama ini membuat ia merasa nyaman.

Namun demikian, ternyata ada juga orang yang sebaliknya. Menyukai sebuah tantangan dan hal-hal baru yang dapat mengatasi kebosanan dalam rutinitas hidup sebelumnya. Mereka yang seperti itu adalah termasuk orang yang ingin keluar dari zona kenyamanan. Mencari zona baru yang dapat memberikan tantangan baru di dalam hidupnya.

Ada beberapa alasan mengapa orang terkadang ingin keluar dari zona nyaman :

  • Bosan
  • Ingin mendapatkan hal baru
  • Ingin hidup lebih baik dari sebelumnya

Setelah mengetahui beberapa alasan diatas, maka saya rasa masuk akal apa bila ada banyak orang ingin keluar dari zona nyaman. Mungkin sebelumnya mereka adalah seorang karyawan biasa, kemudian ingin memiliki penghasilan lebih, maka mereka akan berusaha keluar dari profesi karyawan tersebut menjadi seorang pengusaha yang penghasilanya jauh lebih tinggi.

Barangkali anda adalah salah satu orang yang ingin keluar dari zona nyaman, maka artikel yang saya tulis ini sangat tepat sekali bagi anda. Silahkan lanjut membaaca, berikut adalah cara keluar dari zona nyaman :

1. Menganggap tantangan sebagai peluang

Mencoba keluar dari zona nyaman bukanlah hal yang pasti. Ada banyak sekali ketidak pastian yang akan ditemukan. Orang sukses biasa menyebutnya sebagai fase resiko, yang mana kita disana dituntut untuk berani menanggung resiko dan menghadapi tantangan.

Tantangan tentu akan selalu ada dalam setiap langkah kita keluar dari zona nyaman. Dan sikap yang harus kita ambil disana adalah menganggap semua tantangan dan masalah yang ada sebagai sebuah peluang yang akan mengantarkan kita kepada kesuksesan.

Di dunia ini, tidak ada yang namanya sukses bisa di dapat dengan mudah, semua itu butuh proses dan perjuangan. Sehingga hasil yang di dapat pun akan menjadi sebanding dengan usaha yang dilakukan.

2. Memulai dari hal kecil/sederhana

Setelah menanamkan pikiran positif (menganggap tantangan sebagai peluang) maka selanjutnya adalah action. Memulainya dari hal kecil dan sederhana. Jangan pernah berharap bisa mendapatkan hasil besar kalau dari hal kecil saja kita tidak mau melakukan.

Cobalah untuk berusaha menabung hasil, melakukan hal kecil secara continue/berkelanjutan. Tetap konsisten dengan usaha, maka apa yang ingin dicapai/keluar dari zona kenyamanan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

3. Menandai perubahan apa yang ingin dilakukan

Menandai perubahan yang saya maksud disini adalah menuliskan semua target atau hal-hal yang ingin dituju. Bila kita tidak menuliskan semuanya, maka terkadang motivasi untuk segera bergerak dalam diri akan melemah.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk kita membiasakan diri menulis target apa yang harus dilakukan baik itu dalam jangka pendek maupun panjang.

4. Menemukan kekuatan/kelebihan diri

Setiap orang wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan di dalam dirinya. Sebab dengan mengetahui kelebihan diri, maka seseorang akan mengetahui kapasitas yang ada di dalam dirinya, apakah suatu pekerjaan itu sesuai atau tidak denganya.

Banyak orang terkadang salah kerja, suatu hal yang tidak ia kuasai dan ia sukai malah menjadi pekerjaanya. Ini namanya bekerja tidak sesuai passion. Makanya tak heran, banyak orang yang kadang sering mengeluh dengan pekerjaanya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengetahui kelebihan/passion yang ada di dalam diri, maka dalam usaha keluar dari zona nyaman akan lebih mudah.

Baca juga : Cara menemukan potensi diri sendiri

5. Terus mencoba dan evaluasi

Salah satu kunci keberhasilan adalah sikap dimana kita tidak pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba. Kesalahan dan kegagalan tidak pernah menyurutkan semangatnya untuk tetap mencoba.

Dalam hal keluar dari zona nyaman, jalanya tidak mungkin akan mulus. Pasti ada banyak sekali kendala yang akan menghadang di depan. Mental terbaik yang harus ditanam dalam diri adalah mental jangan pernah menyerah, terus lakukan evaluasi terhadap kesalahan-kesalahan sebelumnya yang diperbuat. Dengan seiring berjalanya waktu, maka pintu menuju sukses keluar dari zona nyaman akan terbuka secara perlahan.

Itulah beberapa cara bagaimana agar bisa keluar dari zona nyaman. Terimakasih buat teman-teman yang sudah membaca tulisan ini, semoga bisa memberikan kontribusi positif bagi anda semua.

Ingin penjelasan yang lebih lengkap? Silahkan tonton video ini :

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "5 Cara Keluar dari Zona Nyaman"

  1. Nice post dan menginspirasi 👍

    BalasHapus
  2. Keluar dari zona nyaman itu kadang emang sulit ya, tapi sebagai manusia kita harus belajar untuk hal-hal yang baru. Siapa tahu ada keauksesan yang menunggu di luar zona nyaman....😊

    BalasHapus