Tips Melatih Intonasi Suara Public Speaking


Tips Melatih Intonasi Suara Public Speaking - Kalau sebelumnya saya menuliskan tips tentang bagaimana cara mengatur body language dalam public speaking, maka sekarang saya mencoba membahas topik tentang cara mengatur intonasi suara.

Mungkin sebagian orang ada yang menganggap intonasi suara tidak begitu penting, namun tahukah kita ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa intonasi suara berkontribusi sebesar 37% dari pesan yang ingin kita sampaikan, sedangkan isi pesan tersebut hanyalah 7% kemudian sisanya sebesar 56% adalah bahasa tubuh.

Ini menunjukan kepada kita semua, bahwa intonasi suara sangatlah penting di dalam public speaking. Sebagai contoh misalnya, pernahkah anda melihat seorang pembicara berbicara dengan suara datar tanpa memerhatikan intonasi suara,? Apa yang anda rasakan?, Apakah anda merasa jenuh dan bosan?, Ya begitulah kalau berbicara tanpa memerhatikan intonasi kadang bisa membuat audiens menjadi jenuh dan bosan.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sekalugus mengajak anda untuk belajar bersama-sama tentang cara mengatur intonasi suara di dalam public speaking.

Untuk melatih intonasi suara, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya sebagai berikut :

1. Artikulasi

Artikulasi adalah kejelasan suara dalam mengucapkan sebuah kalimat. Tidak semua orang bisa mengucapkan kalimat dengan jelas, kadang karena saking terburu-buru nya berbicara sampai tidak sadar apa yang diucapkan menjadi tidak jelas. Untuk belajar artikulasi anda bisa melatih diri anda dengan cara rutin latihan membaca tulisan secara lantang baik itu tulisan di buku, majalah, koran atau yang lainya.

2. Intonasi

Intonasi adalah nada suara saat berbicara. Nada suara ini sendiri biasanya dipengaruhi oleh lingkungan, semisal contoh anda dari kecil tinggal di lingkungan dengan bahasa daerah yang kental misalnya madura, bali atau medan maka intonasi suara khas daerah itu akan ikut terbawa saat anda berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia. Kadang intonasi ini sulit dirubah, namun ini bukan berarti tidak baik melainkan bisa saja menjadi ciri khas ketika berbicara.

Intonasi/nada suara juga termasuk bagian dari seni, seni dalam mengolah nada suara. Misalnya, seorang motivator yang memberikan renungan motivasi dihadapan banyak audiens, coba dengarkan bagaimana cara dia mengolah vocalnya? Dia tentu akan mengatur suaranya untuk membuat suasanya menjadi sedih, tegang atapun senang.

3. Volume Suara

Volume adalah besar kecilnya suara yang kita keluarkan saat berbicara. Diusahakan ketika berbicara gunakanlah suara yang agak keras namun tidak terlalu keras, jangan terlalu kecil, takutnya apa yang anda sampaikan tidak dapat dicerna dengan baik oleh audiens.

4. Speed/Tempo

Speed / Tempo adalah kecepatan saat berbicara. Ada gaya berbicara yang cepat ada juga gaya bicara yang lambat. Sesuaikan dengan kebutuhan, kadang di beberapa situasi tempo harus dipercepat, kadang juga di beberapa situasi juga di perlambat, jadi disesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

5. Pace / Ketukan

Seperti halnya saat bernyanyi, ternyata berbicara pun juga memiliki ketukan. Yang mana ketukan ini akan mengatur keteraturan kita saat berbicara.

6. Pause / Jeda

Kadang saat berbicara, kita harus jeda/berhenti. Ini tujuanya apa? Tujuanya untuk memberikan sebuah kesan kepada audiens, seperti misalkan membuat audiens menjadi penasaran dengan yang akan kita ucapkan.

7. Aksentuasi / Stressing

Aksentuasi adalah penekanan di beberapa kalimat. Ternyata, tidak semua kalimat kita buat datar begitu saja, melainkan terkadang kita juga harus memberikan sebuah penekanan agar orang yang mendengar kita berbicara tidak jenuh dan bosan, selain itu juga tujuanya untuk meyakinkan audiens.

8. Phrasering

Phrasering adalah Pemenggalan kalimat, misalnya seperti titik koma ketika kita berbicara. Ini bertujuan agar nafas kita saat berkomunikasi bisa teratur, tidak ngos ngosan seperti terburu-buru.

9. Inflection

Yang terakhir ini adalah inflection. Apa itu inflection? inflectin adalah perubahan nada suara. Yang mana terkadang kita harus menaikan dan menurunkan nada suara kita.

Itulah bebrapa hal yang perlu di perhatikan tentang intonasi suara. Semoga bisa bermanfaat, Terimakasih sudah berkunjung.

Untuk lebih lengkapnya, simak video berikut!!!



Ingin terhungung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Tips Melatih Intonasi Suara Public Speaking"

  1. bermanfaat nih untuk aku yang sering grogi dan nggak pd kalau harus bicara di depan banyak orang

    BalasHapus
  2. Wah terimakasih banyak tipsnya, cocok buat yang lagi latihan ngomong di depan banyak orang

    BalasHapus
  3. Artikulasi saya sering gagal, maklum punya sifat gagap dalam bersuara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus jangan menyerah untuk belajar mas

      Hapus
  4. aku jarang bicara kepada banyak org di forum. hmmm ....

    BalasHapus
  5. Tidak mudah bicara didepan banyak orang
    Tapi jika ikuti trikmu jadi lebih gampang
    Apalagi grogi hilang

    :)

    BalasHapus
  6. Yes....Mas Roli Supiawan,Sangat jelas point point ya,tq

    BalasHapus