5 Cara Mengkritik Yang Baik Agar Orang Tidak Sakit Hati

5 Cara Mengkritik Yang Baik Agar Orang Tidak Sakit Hati

5 Cara Mengkritik Yang Baik Agar Orang Tidak Sakit Hati - Mengkritik merupakan hal yang wajar, baik itu kita sebagai orang yang melakukan kritik ataupun kita sebagai orang yang di kritik.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, mengkritik sangatlah penting dilakukan, sebab kritikan adalah cara untuk menegur seseorang yang salah agar bertindak lebih baik dari sebelumnya.

Namun apa yang akan terjadi, bila dalam mengkritik cara yang digunakan itu tidak baik,? contohnya misalkan mengkritik dengan cara yang kasar, mungkin orang yang di kritik akan merasa tidak senang bahkan bisa saja merasa kecewa.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin sedikit sharing kepada anda semua tentang bagaimana cara mengkritik yang baik agar orang yang di kritik tidak sakit hati.

Berikut adalah beberapa poin yang harus di perhatikan dalam mengkritik orang lain :

1. Berikan pujian sebelum mengkritik

Bila ingin mengkritik orang lain entah itu teman atau saudara, jangan langsung di kritik walaupun sebenarnya dia salah. Setidaaknya berikan pujian terlebih dahulu agar orang yang di kritik tidak menjadi sakit hati. Contohnya begini, anda mengkritik orang lain dengan mengatakan 'wah sebenarnya pekerjaan kamu ini sudah bagus, tapi ada sedikit yang kurang, kalo diperbaiki lagi pasti lebih oke" nah itu adalah contoh ungkapan pujian sekaligus kritikan kepada orang lain. Dengan bicara seperti itu saya yakin siapapun yang anda kritik pasti tidak akan sakit hati.

2. Kritikan harus disertai dengan saran/solusi

Mengkritik  orang lain juga bukan hanya asal mengkritik saja, melainkan harus di dasari dengan saran atau solusi yang logis. Seberapa lama pun anda mengkritik, tapi kalau tidak dilengkapi dengan saran yang baik, maka orang yang di kritik pun tidak akan pernah bisa berubah menjadi lebih baik, dia hanya akan mendapatkan luapan amarah anda saja, dia tidak mendapatkan saran dan solusi dari anda.

3. Sampaikan kritikan secara pribadi

Bayangkan apabila anda adalah seorang bos, anda mengkritik bawahan anda dihadapan banyak orang, bagaimana kira-kira perasaanya? tentu dia akan malu. Kritikan yang anda sampaikan akan menjadi sia-sia dimata dia, sebab yang ada di benaknya anda bukanlah mengkritik, melainkan anda hanya menjatuhkan dan mempermalukan dia di muka umum.

Untuk kasus semacam ini alangkah baiknya, tunggu sampai tidak ada orang selain anda dan dia kemudian sampaikan secara pribadi, maka dia pun akan mau menerma kritik dan saran yang anda sampaikan.

4. Kritiklah perbuatanya bukan orangnya

Banyak orang kadang salah dalam mengkritik, salahnya dimana? Kadang dalam mengkritik, yang selalu di salahkan adalah orangnya. Disini cobalah kita pahami bersama, bahwa kesalahan sebenarnya bukan perkara orangnya, tapi perkara perbuatanya. Maka yang harus di kritik adalah perbuatanya bukan orangnya. Ingatlah bahwa yang namanya manusa itu bisa berubah, yang dulunya banyak salah besok bisa lebih baik lagi. Jadi coba tegur dengan baik, maka insyaallah orang itu akan berubah tanpa merasa sakit hati dengan keritikan yang anda berikan.

5. Akhiri kritikan dengan rasa kekerabatan dan persaudaraan

Yang terakhir, apabila sudah memberikan kritikan kepada orang lain, maka selsaikan dengan rasa penuh persaudaraan. Boleh-boleh saja memberikan kritik atau menegur orang lain, akan tetapi setelah itu hubungan persaudaraan haruslah tetap terjalin. Jangan sampai karena persoalan kritik dapat memecah kita dengan orang lain.

Itulah beberapa tips tentang "5 Cara Mengkritik Yang Baik Agar Orang Tidak Sakit Hati" semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

Ingin terhungung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "5 Cara Mengkritik Yang Baik Agar Orang Tidak Sakit Hati"

  1. setuju banget, cara cara yg mas sarankan bikin org idak tersingun... thankyou for sharing mas

    BalasHapus
  2. yang penting itu ada saran
    jadi yg dikritik akhirnya bisa menerima buat lebih baik
    klo sekedar nyinyir sih ya malah gak ngefek hehe

    BalasHapus
  3. jika dikritik rasanya tidak bisa terima
    makanya harus hati-hati dalam menyampaikannya

    BalasHapus
  4. nombor 4. selalu terjadi sekarang kan, lebih2 lagi di social media...

    BalasHapus
  5. Krtik menurutku termasuk nasehat juga sih, jadi pasti ada etikanya juga, kalau kagak pake etika mungkin yang dikritik tidak akan terima

    BalasHapus
  6. dibisikkan saja ke telinga orang yang dikritik agar tidak terdengar oleh orang lain

    BalasHapus
  7. Iya nih,, mengkritik emang sebaiknya dengan solusi,, kadang kita cuma bisa mengkritik dan berakhir di titik

    BalasHapus
  8. Bener bgt, penting bgt tuh kritik dg kasih solusi.. Jd nggak cuma menjatuhkan yaa

    BalasHapus
  9. Bener bgt, penting bgt tuh kritik dg kasih solusi.. Jd nggak cuma menjatuhkan yaa

    BalasHapus
  10. Haha...gua biasa di kritik, jadi bingung harus gimana ckck

    BalasHapus
  11. Setuju banget, puji dulu biar seneng baru kritik

    BalasHapus
  12. Memang harus tau adap2 mengkritik itu. Bahasa yg salah bisa membuat orang dikritik malah tersinggung. Niat baik malah bisa merenggangkan kekeluargaan

    BalasHapus
  13. Ada adab sebelum ilmu.

    kadang karena merasa lebih berilmu, kita lupa uuntuk menyampaikan kritik dan saran kita dengan disertai adab dan sopan santun, meski sebenarnya kritikan itu benar.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.