Cara Belajar Public Speaking Otodidak dengan Mudah

 

Cara Belajar Public Speaking Otodidak dengan Mudah Ketika kita pertama kali mendengar kata public speaking. Apa yang terlintas di pikiran kita? Sudah jelas kemampuan berbicara bukan?, kemampuan berkomunikasi di hadapan banyak orang. Nah bagi anda yang datang ke website ini kemudian membaca artikel ini, entah disengaja atau tidak disengaja, sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca tulisan ini, disini saya akan mengajak anda semua untuk belajar bersama-sama tentang sebuah softskill yang bisa jadi dapat membantu hidup anda.

Kemampuan public speaking merupakan soft skill yang banyak dibutuhkan oleh setiap orang, baik itu di dunia pendidikan maupun pekerjaan. Pernah kah anda di suruh oleh guru/dosen anda untuk mempresentasikan sesuatu di depan teman-teman anda di kelas,? atau mungkin anda adalah seorang pekerja di sebuah perusahaan. Pernahkah anda diberikan tanggung jawab oleh atasan anda menjadi  pengorganisir sebuah team, yang mana anda dituntut untuk bisa berkomunikasi di hadapan banyak orang?, maka disinilah skill public speaking sangat dibutuhkan.

Sudah jelas, ilmu public speaking merupakan soft skill yang banyak memberikan kontribusi bagi setiap orang. Kembali lagi pada prosesnya public speaking bukanlah soft skill yang bisa dikuasai dengan mudah oleh semua orang. Kadang ada orang yang mudah menguasai public speaking, namun kadang ada juga orang yang sulit untuk menguasai public speaking.

Terlepas dari semua itu anda jangan khawatir, public speaking bisa di pelajari oleh siapapun. walau mungkin di awal bagi sebagian orang sangat sulit, namun percayalah anda bisa menguasainya. 

Di dalam tulisan ini saya ingin mengajak anda untuk belajar public speaking secara otodidak atau belajar sendiri di rumah dan di lingkungan anda sehari-hari.

Walau banyak orang yang rela pergi jauh-jauh untuk bersekolah dalam mempelajari ilmu public speaking, namun dengan belajar sendiri pun kita sebenarnya bisa. Bagaimana caranya? berikut akan saya jelaskan secara perlahan.

1. Biasakan setiap pagi belajar berbicara

Pertama kali saya belajar public speaking, saya masih ingat pada waktu itu hampir setiap pagi saya membiasakan diri saya untuk latihan berbicara. Biasanya kalau mau mandi sebelum masuk ke kamar mandi saya berbicara dulu, entah itu membayangkan diri sebagai seorang pemimpin dan lain sebagainya. Mungkin aktivitas semacam ini terdengar aneh bagi anda, namun percayalah ini adalah hal yang biasa bagi seorang profesional public speaker. Mereka juga latihan, sering beajar, tanpa latihan seseorang tidak akan pernah bisa memberikan hasil yang maksimal. Jadi jangan mengira orang yang pandai dalam public speaking emang dari dulu udah pandai begitu, melainkan mereka juga latihan dan sering belajar. Jadi buat anda yang saat ini masih ragu buat latihan, silahkan latihan saja entah itu di depan cermin juga bisa. Yang terpenting adalah anda membiasakan diri untuk berbicara sehingga nantinya akan menimbulkan sebuah reflek yang secara tidak sadar sewaktu-waktu membuat public speaking kita menjadi lebih baik.

Sebuah contoh misalkan, pernahkah anda melihat orang yang belajar silat/bela diri, mengapa mereka terus mengulang gerakan yang sama. Sebenarnya tujuanya apa sih?, jadi tujuanya itu untuk menciptakan sebuah reflek, sehingga sewaktu-waktu apabila dibutuhkan ia akan bergerak sendiri dengan baik sesuai dengan gerakan yang ia pelajari sebelumnya. Begitupun dengan public speaking, saya merekomendasikan anda untuk terus latihan berbicara setiap hari agar anda menjadi terbiasa dan tidak kaku.

2. Praktik di dalam kehidupan sehari-hari

Poin terpenting dalam sebuah pembelajaran adalah praktik. Dalam belajar public speaking kalau anda hanya belajar teori saja tanpa anda pernah praktik ya sama saja ga ada gunanya. Orang yang pandai teori belum tentu pandai praktik dan orang yang selalu mempraktikan ilmu tentu akan pandai dalam memberikan teori.

Jadi, cobalah mempraktikan ilmu yang anda pelajari di dalam kehidupan sekitar anda, entah itu dilingkungan sekolah, kerja dan lain sebagainya.

3. Lakukan evaluasi secara terus menerus 

Selain anda terus-menerus mempraktikan ilmu anda, hal yang juga perlu anda lakukan adalah mengevaluasi dari. Evaluasilah setiap kekurangan-kekurangan yang ada di dalam diri sebelumnya. Pertamakali anda belajar public speaking pasti terlihat kaku atau bahkan tidak menarik untuk di dengar audiens, hal ini wajar terjadi sebab seorang profesional public speaker pun juga tidak mungkin langsung pandai dalam komunikasi, mereka juga berproses, pernah mengalami masa-masa seperti itu.

Bila anda rutin mengevaluasi diri, sering bertanya kepada teman atau kerabat tentang bagaimana perkembangan public speaking anda, saya yakin dalam waktu yang tidak lama skill public speaking anda akan menjadi lebih baik.

Jadi itulah beberapa tips dari saya tentang "Cara Belajar Public Speaking Otodidak dengan Mudah" Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi anda untuk terus belajar memperbaiki diri kearah yang lebih baik.

Tonton juga versi videonya!!


Ingin terhungung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

14 Tanggapan untuk "Cara Belajar Public Speaking Otodidak dengan Mudah"

  1. Kalau public speaking ampun deh. Saya selalu gagal. Udah gitu punya sedikit demam panggung.

    Saya lebih suka menulis sebenarnya. Karena bisa punya jeda lama untuk mikir.

    Tapi, tips di atas layak untuk saya praktiken...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuaikan dengan passion,,,,sip mas

      Hapus
  2. Terimakasih banyak buat artikelnya, Mas Roli.

    Nanti saya coba.

    BalasHapus
  3. banyak bercerita kepada orang lain atau dengan berbicara dalam sebuah kelompok juga bisa mengasah public speaking yang baik... mantapp nih :D

    BalasHapus
  4. Untuk berbicara di depan umum kepercayaan diri mutlak diperlukan. Kalau ini sudah dikuasai maka teknik berbicara bisa dipelajari sambil praktek langsung.

    BalasHapus
  5. Intinya harus banyak praktek ya. Nah, mendorong diri untuk mulai itulah yang susah. Padahal kalau minat, kesempatan selalu ada sih.

    BalasHapus
  6. Latihan itu memang yang paling penting ya, mas.. Dengan latihan jadi tau dimana kurangnya kita.. Saya udah lama banget gak bicara di depan umum.. Trims buat tips-tipsnya.. :)

    BalasHapus
  7. saya pernah ikut pelatihan publik speaking, dan saya sangat gugup waktu itu. tapi memang kata trainernya perlu latihan terus menerus, dan yang penting juga menuasai materi yang di sampaikan.

    tapi sampai sekarang saya masih suka gugup. karena jarang banget praktek.

    BalasHapus
  8. belajar public speaking saat ini memang mutlak diperlukan ya mas, agar sewaktu2 berbicara didepan banyak orang tidak kagok

    BalasHapus
  9. Sering bngat grogi klo di suruh berbicara di umum apalagi presentasi.

    BalasHapus