Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi Orang Lain

 Cara agar tidak mudah dipengaruhi

Tulisan ini saya buat karena sebelumnya ada salah satu subscriber youtube saya yang bertanya kepada saya. "Bang roli, gimana caranya agar kita tidak mudah dipengaruhi orang lain?"

Disini saya akan menjawab pertanyaan itu, namun sebelumnya saya ingin menjelaskan kepada anda terlebih dahulu bahwa dipengaruhi orang atau terpengaruh oleh orang lain merupakan hal yang wajar. Saya rasa semua orang pernah terpengaruh oleh orang lain, bahkan kalo anda bertanya kepada saya pun apakah pernah dipengaruhi orang maka saya jawab pasti pernah. Bukan hanya dipengaruhi, bahkan ditipu pun pernah juga. Itu semua adalah bagian dari pengalaman yang bisa kita jadikan sebagai pembelajaran dalam hidup untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Berdasarkan berbagai refrensi dan pengalaman yang saya dapat selama ini, ada 5 tips yang akan saya sharing kan kepada teman-teman sahabat inspirasi tentang bagaimana cara agar tidak mudah dipengaruhi orang lain.

1. Berfikirlah sebelum mengatakan iya

Biasakan berfikir dulu sebelum mengatakan iya. Ketika kita berfikir setidaknya kita berusaha meminimalisir terjadinya hal yang tidak kita inginkan. Misalnya menghindari ditipu orang lain, berusaha tidak mengatakan iya sebelum kita tahu apakah itu menguntungkan bagi kita atau tidak.

2. Kenali siapa yang berbicara

Langkah sederhana yang bisa dilakukan agar tidak mudah dipengaruhi orang lain adalah dengan mengenali terlebih dahulu siapa yang berbicara. Biasanya ini lebih mudah dilakukan karena kita tahu track record orang yang berusaha mempengaruhi kita, apakah baik atau buruk semua bisa kita nilai dan kita pertimbangkan sesuai dengan sejauh mana kita mengenal dia.

3. Dengarkan saran teman yang berpengalaman

Setiap orang punya pengalaman masing-masing, bisa jadi ketika ada seorang teman yang memberikan anda saran, mereka dulunya pernah ditipu oleh orang yang ingin mempengaruhi anda. Dengan begitu anda bisa melakukan pertimbangan dalam menyikapi orang yang mencoba mempengaruhi anda tersebut agar tidak terjadi hal yang sama pada diri anda.

4. Jangan ingin jatuh kejurang yang sama

Kalau sebelumnya anda pernah dipengaruhi orang kemudian anda ditipu, maka berikutnya anda harus benar-benar mengingat hal tersebut. Jangan membiarkan diri anda ditipu dua kali oleh orang yang sama hanya karena anda terlalu lalai dalam menyikapinya.

5. Harus punya prinsip sendiri

Prinsip sangatlah penting, sebab prinsip merupakan suatu hal yang bisa dijadikan sebgai dasar dalam melangkah kedepanya. Peganglah teguh prinsip yang anda anggap benar. Perbanyak wawasan dan pengetahuan agar anda tidak salah dalam berprinsip.

Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi Orang Lain - Jadi begitulah beberapa tips yang dapat saya sharingkan kepada sahabat inspirasi sekalian. Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. 

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Cara Agar Tidak Mudah Dipengaruhi Orang Lain"

  1. Kalau saya kadang luluh kalau ada temen minta tolong, mau nolak juga kasian, tapi bantuin juga malah repotin diri sendiri.

    BalasHapus
  2. kadang kita baru kenal jaa udah percaya2 aja, pdahal ga tau karakter orang yang sedang berbicara yaa,, harus hati2 tktya dia memberi pengaruh kurang baik untuk kita ya kang

    BalasHapus
  3. Yaa!! Dari 5 yang dijabarkan diatas mungkin bisa kita jadikan pedoman untuk kita agar selalu mencerna saran atau masukan dari orang lain sebelum kita bertindak...😄😄

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.