5 Cara Meningkatkan Keterampilan Public Speaking


Bang Roli gimana caranya saya bisa meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum, kasih tipsnya donk? 

Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan oleh para subscriber saya di youtube, bahkan tak sedikit dari mereka yang menghubungi saya secara langsung melalui media sosial yang saya punya. Berkat banyaknya video yang saya publikasikan di youtube yang membahas mengenai dunia public speaking, akhirnya banyak juga yang tertarik dengan apa yang saya sampaikan disana.

Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, bagi kalian yang belum tahu channel youtube saya, silahkan bisa cek disini.

Sebenarnya untuk bisa meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking, kita harus menguasai beberapa hal penting. Beberapa hal penting itu diantaranya adalah berbicara dengan lancar, memahami apa yang disampaian, tidak monoton, menggunakan body language yang baik, dan Percaya diri

Untuk bisa memenuhi kriteria di atas, kita harus meng-implementasikan tips-tips berikut ini :

1. Melakukan repetisi/pengulangan


Pengulangan sebenarnya adalah salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan skill berbicara kalian. Antoni robins pernah mengatakan "The repetition is the mother of skill" pengulangan adalah ibu dari skill, jadi apabila kalian ingin memiliki skill komunikasi yang baik setidak-tidaknya kalian harus sering mengulang aktifitas berbicara kalian di depan umum.

2. Banyak membaca sebelum menyampaikan materi


Membaca materi/mempelajari materi sebelum tampil di depan umum sangatlah penting, sebab dengan begitu kalian bisa lebih lancar berbicara di depan banyak orang. Hal itu juga bisa membuat diri kalian jadi lebih percaya diri serta dapat menghindari nge-blank di atas panggung.

3. Belajar cara memberikan jokes


Jokes biasanya digunakan untuk mencairkan suasana agar tidak tegang, contohnya misalkan dengan memberikan cerita-cerita lucu dan lain sebagainya. Sebenarnya tujuan dari jokes ini sendiri bukan hanya untuk mencairkan suasana saja, melainkan dapat juga untuk menyatukan RASA antara seorang public speaker dengan audiens nya.

4. Belajar cara menggerakan tubuh/body language


Berbicara tanpa menggerakan tubuh ibarat makan nasi tanpa lauk, mengapa? Sebab syarat diterimanya apa yang kita sampaikan kepada audiens juga dipengaruhi oleh visualisasi menggunakan gerakan tubuh (body language). Jadi buat kalian yang biasanya suka diem ga ada gerakan saat berbicara di depan umum, mulailah membiasakan diri untuk melakukan gerakan visualisasi dalam public speaking, tentunya itu akan berguna untuk mendapatkan perhatian lebih dari audiens.

5. Tanamkan rasa percaya diri dalam diri


Kunci terpenting kesuksesan seorang public speaker itu terletak pada kepercayaan dirinya. Tidak mungkin seorang public speaker dapat menyampaikan sesuatu dengan baik dimuka umum apabila tidak disertai dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Jadi tanamkanlah kepercayaan diri, maka insyaallah keterampilan kalian dalam berkomunikasi di depan banyak orang pun akan semakin meningkat.

Buat kalian yang ingin belajar public speaking secara online, silahkan bisa menonton beberapa video kelas public speaking online saya disini.

Itulah beberapa tips dari saya tentang Bagaimana Cara Meningkatkan Keterampilan Public Speaking, semoga dapat memberikan manfaat.

Terimakasih sudah bersedia membaca tulisan saya, maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan. Saya Roli Supiawan, salam sukses dan salam inspirasi!

Ingin terhubung dengan saya?

Instagram :

Facebook :

Twitter :

Postingan terkait:

18 Tanggapan untuk "5 Cara Meningkatkan Keterampilan Public Speaking"

  1. Hal paling susah saat berbicara di depan umum adalah memberikan intro yang memukau, karena pada saat itu adalah saat paling nervous. . Gmna ya kak biar bsa memberikan awalan atau pembuka yang menarik saat memberikan presentasi di depan umum??

    BalasHapus
  2. Waaah, boleh-boleh nih tipsnya saya pake. Secara, saya mah emak2 yang bawelnya di kandang sendiri. Dan di dunia maya. Giliran di depan orang banyak, lutuut gemeteran. :D

    BalasHapus
  3. simpel tapi mengena, tentunya dengan giat berlatih maka kemampuan akan terasah dengab baik

    BalasHapus
  4. Saya pernah disarain sama orang untuk menganggap lagi ngobrol santai aja sama temen ketika berbicara di depan orang banyak~ Masalahnya, pas presentasi kuliah aja sering grogi. Itu padahal kan temen semua. Wuahaha.

    Yap, dalam hal apa pun, yang namanya repetisi itu penting banget. Semua akan lancar ketika sudah terbiasa. :)

    BalasHapus
  5. beberapa kali saya menjadi pembicara, saya memilih untuk berdiri.. mula mula saya berdiri ditengah ruangan, entah mengapa lama - lama saya lengket pada meja ato dinding.. bukan karena capek, tapi kurang percaya diri..

    apalagi kalo audiennya mulai ribut.. kesel ya iya, bingung juga iya, kecewa sudah tentu.. artinya materi kita tidak menarik :(

    BalasHapus
  6. Dulu waktu belajar manajemen sumber daya manusia, publik speaking sangat diperlukan buat memanajemen bawahan, keren artikel ini hehe

    BalasHapus
  7. repetisi ini penting banget, menurut aku kl udah terbiasa dan beberapa kali bicara di depan banyak orang jadi lebih mudah dan ngga kaku lagi :D

    BalasHapus
  8. Makasih tipsnya. Aku paling nggak pede biaca di depan orang. Rasanya deg-degan kemudian lupa mau ngomong apa.

    BalasHapus
  9. saya masih kurang pede jika harus speaking ditempat umum

    BalasHapus
  10. Jujur saja artkelnya menarik sekali buat saya mas, krn keterampilan ini sangat berguna saat kita bergaul apalagi utk memjadi pembicara dimuka umum. :)

    BalasHapus
  11. Boleh nambahin nggak bang Ruli?
    No. 6 sering belajar ngomong sendiri di depan cermin.. Wkwkwk

    BalasHapus
  12. Point no 3 belajar Cara memberikan jokes agak susah buat Saya kalau udah Di panggung, berasa ilang aja yg udah disiapin hehhe

    BalasHapus
  13. Sampai saat ini saya masih asik dengan bekerja di belakang layar mas, kayanya public speaking terasa sering malu ketika akan beerbicara di depan umum padahal public speaking itu sangat perlu yaa..

    BalasHapus
  14. wah bisa jadi bahan referensi juga nich untuk belajar meningkatkan kepercayaan diri di depan banyak orang

    BalasHapus
  15. Dulu saya sangat takut dan grogi berbicara di depan umum. Jangankan umum, berdiri di depan kelas aja bikin perut melilit. Sekarang karena repetisi bisa mulai terbiasa. Tapi no 3 dan 4 susah banget buat diterapkan. Hiks

    BalasHapus
  16. betul mas, pengulangan sangatlah penting..
    jadi ingat dulu ketika pertama kali disuruh menceritakan pengalaman di depan kelas, hancur total..
    grogi banget dan ga tahu harus ngomong apa.. hehe..

    BalasHapus
  17. saya selalu gagap kalau ngomong di depan public, karena minim repitisi, padahal udah ikut beberapa kali pelatihan. harapannya sih bisa jadi pembicara, minimal MC lah, saya sudah pernah 2 kali jadi MC bagi saya moment ini sangat berharga, pengalaman yang menjarkan harus bisa menguasai diri sendiri

    BalasHapus
  18. Betul sekali, pengulangan itu penting sekali, termasuk juga untuk meningkatkan kepercayaan diri. Bila ini sudah terjadi, maka joke biasanya akan muncul dengan baik.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.