5 Cara Ampuh Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi

 Percaya diri dalam public speaking

Ada banyak orang yang merasa kesulitan apabila disuruh presentasi, diantara dari mereka mungkin mengatakan ah saya malu, saya ga terbisa berbicara di depan banyak orang, saya biasanya di belakang bukan di depan. 

Baca juga artikel saya tentang Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi.


Kita mungkin mengira kemampuan Presentasi / Public Speaking  merupakan kemampuan yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja, Nyatanya malah  tidak, kemampuan public speaking adalah skill yang bisa di pelajari oleh siapapun dan dari latar blakang apapun.

Untuk dapat presentasi dengan baik di depan banyak orang, kita harus belajar dengan cara bertahap. Kita tidak bisa belajar hanya dalam waktu satu malam kemudian langsung pandai, Ada banyak  proses yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Nah di kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing kepada anda mengenai bagaimana sih caranya presentasi dengan percaya diri?

Pernahkah anda melihat seorang public speaker ketika presentasi penuh dengan rasa percaya diri, sehingga membuat sebuah pertanyaan muncul di benak anda "wah rahasianya apa ya kira-kira kok bisa dia percaya diri seperti itu?" Baik, kita akan mempelajarinya disini.

Berikut adalah beberapa poin yang harus anda perhatikan untuk bisa percaya diri dalam presentasi :

1. Mensyukuri apa yang ada di dalam diri

Saya rasa di dunia ini manusia memang ga ada yang sempurna, semua pasti ada kekurangan dan kelebihan. Buat anda  yang suka memikirkan kekurangan secara berlebihan, berhentilah!. Itu tidak ada manfaatnya, justru itu hanya akan membuat anda menjadi down dan ga percaya diri. Syukurilah  apa yang ada, jangan banyak mengeluh, percayalah semua orang pasti ada kekuranganya.

Kadang yang membuat orang menjadi tidak PD dalam presentasi adalah karena mereka terlalu fokus dengan kekuranganya, mereka lupa dengan kelebihan yang dimiliki. Cobalah fokus pada kelebihan yang dimiliki, saya yakin pasti anda akan lebih percaya diri berbicara di depan umum.

2. Ikhlas

Ketika presentasi, sebisa mungkin anda harus berusaha menunjukan keikhlasan anda. Sebab dengan menunjukan keikhlasan setidaknya anda bersedia dan berani melakukan presentasi, sehingga anda pun terasa lebih percaya diri saat presentasi.

3. Memperhatikan Penampilan

Mungkin sebagian orang sering meremehkan poin yang satu ini. Banyak yang mengira penampilan tidak begitu penting, padahal penampilan juga bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Apakah anda pernah melihat seorang public speaker bebicara dengan percaya diri di depan ribuan orang?, itu juga sebenarnya dipengaruhi oleh faktor penampilan.

Cara berpenampilan setiap orang kadang berbeda-beda, namun secara garis besar dapat kita simpulkan cara berpenampilan yang rapi dan enak dilihat adalah cara berpenampilan yang sering diterapkan oleh seorang pembicara. Silahkan anda sesuaikan style penampilan anda yang bisa membuat diri anda nyaman dan percaya diri.

4. Merasa Superior

Merasa superior atau merasa diri lebih baik dari yang lain dalam hal ini tidak bermaksud menyombongkan diri, melainkan ini adalah cara sederhana kita membuat rasa minder dalam diri menjadi hilang.

Dengan menanamkan rasa superior dalam diri, maka secara tidak langsung anda telah menganggap orang-orang di depan anda adalah orang-orang biasa. Anda jauh lebih baik dari mereka, walau sebenarnya tidak sepenuhnya begitu, namun itu hanya salah satu teknik saja membuat rasa minder menjadi hilang.

5. Gali potensi diri

Yang terakhir, anda harus benar-benar menggali potensi diri anda, kira-kira apa skill yang bisa anda banggakan dan tunjukan kepada audiens di depan anda. Misalkan anda memiliki potensi dalam mengolah kata, atau dalam mengatur gestur tubuh, maka tonjolkanlah itu. Buktikan kepada para audiens bahwa ada hal luar biasa yang ada pada diri anda yang patut ditunjukan. Sehingga dengan sendirinya rasa percaya diri akan tumbuh.

Nah jadi itulah kira-kira tips tentang Bagaimana Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi. Semoga dapat memberikan manfaat.

Ingin terhungung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "5 Cara Ampuh Meningkatkan Percaya Diri Saat Presentasi"

  1. Rasa percaya diri biaa di latih ya pak, yang penting punya keberanian untuk eksis sampai menjadi suatu kebiasaan.

    BalasHapus
  2. Gali potensi diri, bagi saya pak sangat cocok meningkatkan percaya diri.. Karena, dari situ saya merasa paham dan menerima masukan saat persentase..

    BalasHapus
  3. melatih diri agar bisa beradaptasi dengan situasi apapun itu perlu tahapan tahapan yang mampu memotivasi diri, seperti halnya belajar Presentasi saat didepan orang banyak

    BalasHapus
  4. Awalnya pasti grogi kadang2,klo sudah sering presentasi juga jadinya sudah biasa malahan.

    Tapi tips di atas juga emnk pas bngat,

    BalasHapus
  5. saya suka bingung mau ngomong apa kalau di suruh public speaking. entah kenapa semua bisa blank saat di suruh bicara. kurang pede saya sepertinya.

    BalasHapus
  6. wah ketika presentasi dulu saya sangat gugup sekali mas
    ketika itu Tugas akhir kuliah, kulihat rektor ITS muncul
    hadeeeh...keringatku mulai keluar

    tapi pada akhirnya lulus juga meskipun tugas praktek terkendala karena alatku tenggelam
    Pengalaman yang tak terlupakan

    BalasHapus
  7. Dulu saya kalau diminta bawa materi presentasi selalu merasa gak PD banget, tapi rasa takut itu mulai hilang karena saking seringnya diminta naik. Intinya sih perbanyak latihan, jangan takut gagal, percaya diri, dan bawa dengan santai tapi lugas. Saat presentasi juga jangan bertele-tele nyampeinnya langsung poinnya dan berikan sedikit ulasan tambahan. Kalau saya gitu sih.

    BalasHapus
  8. bisa karena terbiasa,, kalo biasa presentasi pasti percaya diri... apa lagi materinya sudah dikuasai

    BalasHapus
  9. Amin,, harus percaya diri dan menggali potensi diri ya kang.. semoga nanti bisa lebih pede lagi kalau lagi tampil di depan umum,, Aminnnn

    BalasHapus
  10. Percaya diri akan melancarkan segenap aktifitas atau pekerjaan. Percaya diri ibarat kekuatan yang menopang keberanian seseorang. Keduanya membuat seseorang bisa bertahan dengan "kerasnya" tekanan kehidupan.

    BalasHapus