5 Cara Menjadi Orang Yang Berwibawa

Cara menjadi pribadi yang berwibawa

5 Cara Menjadi Orang Yang Berwibawa - Wibawa merupakan salah satu daya tarik yang ada dalam diri setiap orang, yang mana dapat membuat seseorang dihargai dan disegani oleh orang lain.

Wibawa ini sendiri sebenarnya muncul secara alami, misalkan dari kecil sudah terbiasa hidup disiplin dan ber-etika maka dia akan menjadi terlihat berwibawa dengan sikap nya yang baik.

Meskipun wibawa muncul secara alami dalam diri seseorang, namun bukan berarti wibawa ini tidak bisa dibangun. Kita bisa membangun wibawa dalam diri kita dengan beberapa tehnik tertentu.

Nah di kesempatan kali ini saya akan sedikit membagikan tips kepada anda sekalian tentang "bagaimana cara menjadi pribadi yang berwibawa".

Harapan saya tulisan ini dapat sedikit memberikan pencerahan kepada para pembaca yang ingin mengembangkan dirinya menjadi lebih baik.

Ada beberapa hal yang bisa diterapkan untuk menjadi pribadi yang berwibawa, diantaranya sebagai berikut.

1. Berprilaku yang baik dan menjaga sikap kepada orang lain



Ketika kita ingin menjadi pribadi yang berwibawa maka sudah pasti pertama kali yang harus kita lakukan adalah merebut hati orang lain, membuat mereka menjadi suka dengan kita.

Caranya bagaimana? ya caranya adalah dengan bersikap baik, sopan, tidak berkata se-enaknya. Selalu berfikir sebelum bertindak. Ini adalah langkah sederhana kita untuk bisa membuat orang lain nyaman dan senang dengan kita, sehingga ketika mereka sudah senang dan nyaman maka wibawa pun akan tumbuh dengan sendirinya.

2. Selalu berfikir positif dan memandang hal dengan baik


Pikiran juga merupakan hal terpenting yang perlu kita perhatikan dalam menjadi pribadi yang berwibawa. Pikiran adalah kendali utama dari segala prilaku yang kita lakukan setiap hari. Bagaimana kita bersikap dan bertindak semua bersumber dari pikiran, kalau pikiran sudah rusak maka besar kemungkinan akan membuat prilaku kita juga menjadi rusak.

Pandanglah sesuatu dengan positif, jangan mudah menyimpulkan sesuatu yang belum tentu kebenaranya. Karena ketika kita salah dalam menilai dan berprilaku dapat membuat wibawa kita menjadi rendah dimata orang lain.

3. Mensyukuri apa yang dimiliki, baik kekurangn maupun kelebihan


Apa hubungan bersyukur dengan wibawa? Jadi begini, Bersyukur adalah kunci kebahagiaan hidup. Dengan bersyukur artinya kita mau menerima dengan lapang dada apa yang diberikan Tuhan kepada kita, baik itu kekurangan maupun kelebihan.

Nah sikap syukur inilah akan mempengaruhi pola kehidupan kita. Contoh misalkan, pernahkah anda melihat orang yang serakah dan tidak pernah puas dengan apa yang dimiliki? 

Mengapa mereka terlihat tidak baik dan tidak berwibawa dimata orang lain, itu semua karena sikap dia yang tidak pandai dalam berayukur.

Orang yang berwibawa selalu mencerminkan sikap positif dan menjadi contoh yang baik bagi orang lain. Jadi cobalah untuk selalu belajar berayukur, karena dengan bersyukur secara alami wibawa akan tumbuh tanpa dibuat-buat.

4. Selalu sabar dalam menyikapi segala hal pada situasi apapun


Dengan menjadi pribadi yang penyabar, kita juga sebenarnya sedang belajar ilmu kedewasaan, Yang artinya kita juga belajar kewibawaan.

Ketika kita terperangkap dalam suatu masalah, diharapkan kita sabar dan tidak gegabah dalam bertindak. Selalu berusaha tenang dalam menyikapi segala permasalahan, karena kita sadar bahwa bersikap se enaknya tanpa pikir panjang akan membuat masalah yang sudah ada menjadi semakin parah. Oleh karenanya bersikaplah sabar, karena dengan demikian akan menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih tenang, dewasa, dan juga berwibawa dimata orang lain.

5. Membangun peronal branding yang baik


Sebenarnya apa sih yang dimaksud peraonal branding? Jadi personal branding ini secara sederhananya adalah bagaimana pandangan orang lain terhadap diri kita. Apa kira2 yang muncul dibenak mereka pada saat pertama kali mereka mendengarkan nama kita?

Sebagai contoh, misalkan di media sosial kita sering update status-status galau dan banyak curhat tentang masalah spele yang sebenarnya tidak baik untuk di share kepada publik. Nah secara tidak sadar personal branding yang terbangun dalam diri kita adalah kita dikenal oleh orang lain sebagai orang yang lemah dan alay.

Beda dengan ketika kita di media sosial melakukan hal positif, misalkan mencoba berwirausaha dengan berjualan produk secara online, maka personal branding kita yang muncul di benak orang adalah kita dikenal sebagai seorang wirausahawan yang banyak menjual produk secara online, sehingga kita akan dikenal sebagai pribadi yang positif.

Jadi Itulah alasan mengapa kita harus membangun personal branding yang baik di media sosial, sebab media sosial adalah sarana kita untuk menyebarkan hal-hal yang positif dan bermanfaat, bukan untuk mengumbar hal-hal yang tidak bermanfaat.

Jagalah image di depan umum, dengan begitu wibawa kita pun akan tumbuh dan orang lain pun akan menghargai kita.

Demikian beberapa tips tentang "Cara menjadi pribadi yang berwibawa" yang dapat saya bagikan kepada anda, semoga dapat memberikan inspirasi. Bila anda suka dengan tips-tips seperti ini silahkan berlangganan artikel di website ini. Jangan lupa like dan sahre kepada teman-teman anda.

Simak juga tips "cara menjadi orang yang berwibawa" dalam bentuk video!



Ingin Terhubung dengan Saya?

Instagram 
https://www.instagram.com/supiawanroli/
Facebook
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3
Fans Page 
https://www.facebook.com/supiawanroli/
Twitter
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

26 Tanggapan untuk "5 Cara Menjadi Orang Yang Berwibawa"

  1. Menjadi orang yang berwibawa itu harus punya sifat pandai besyukur, ini yang seringkali dilupakan kebanyakakan orang hanya mengandalkan tampilan luar untuk menampilkan kewibawaannya

    BalasHapus
  2. poin 5 itu yang saya suka, dan selalu saya publis di akun sosial media,

    "ini lho saya, sosok orang yang kuwat namun tetap sederhana"

    BalasHapus
  3. Point nomor 5 aku sependapat banget ... bermain sosmed tidak mengumbar hal-hal tentang diri sendiri seakan pribadi yang lemah,rapuh dan terkesannya minta dibelaskasihani atau butuh perhatian dari selurib dunia 😁

    Yakin, hanya 2% dari teman yg bersimpati membaca status curhatan seperti itu, selebihnya hanya mentertawakan.

    Btw, aku udah lihat videonya ...
    Berbakat jadi presenter nih 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sangat sependapat, makanya saya jarang berkeluh kesah di media sosial.

      Hapus
  4. Gua mah nggak bakalan dilihat berwibawa, kelakuan gua super aneh dan absurd hehe

    BalasHapus
  5. Gw mah gak begitu peduli berwibawa atau gak, yg penting bersyukur dan gak ngerepotin orang 😂😂

    BalasHapus
  6. Menjadi berwibawa mungkin impian banyak orang, dengan menerapkan tips2 diatas maka kita akan menjadi orang yang berwibawa dan mempesona. :)

    BalasHapus
  7. Membangun personal branding itu sangatlah penting. Jangan suka mengumbar keluh kesah dimedia sosial. Jaga lisan dan jaga jemari jangan sampai terbawa arus.

    BalasHapus
  8. Bagus banget ulasan nya.. Saya akan coba terapkan tips-tipsnya satu persatu..
    Info yang positif sangat bermanfaat untuk mengembangkan diri..
    Makasih ya sukses selalu kak Roli.

    BalasHapus
  9. Berfikir positif memang banyak banget manfaatnya, makanya kita kan dianjurkan untuk selalu berHuznudzon :)

    BalasHapus
  10. harus berperilaku yang baik terhadap semua orang, otomatis orang lain akan merasa segan dengan kita

    BalasHapus
  11. Membaca kelima cara di atas sangatlah mudah. Namun, terkadang sulit melakukannya.
    Apapun itu, bila kita berusaha, insyaAllah pasti bisa.

    BalasHapus
  12. Saya lagi membangun personal branding nih mas Roli
    tapi kadang memang sulit jg penerapan nya

    BalasHapus
  13. setuju mebranding diri salah satunya dengan tidak update status galau alay, provokatif :)

    BalasHapus
  14. Selalu bersyukur menjadi pikiran tenang sehingga tampak berwibawa

    BalasHapus
  15. Dunia media sosial memang jd penilaian yg poinnya lebih besar sekarang. Karena ketemu jarang2 tapi sering lihat update-annya. Apa yg dishare jd penilaian ttg si pemilik akun.

    BalasHapus
  16. Sepwrtinya aku butuh membaca artikel seperti ini kebih banyak lagi. Karena aku sukanya cengengwsan. Siapa tau dengan banyak membaca membawa perubahan pada diriku..

    BalasHapus
  17. sepertinya saya lebih nyaman jadi diri sendiri, yang suka cengengesan :)

    BalasHapus
  18. nanti kalau sudah jadi orang berwibawa, jadi sasaran pelakor mas he,,,

    BalasHapus
  19. Pengen banget keliatan berwibawa kang, namun saya tau diri dari kecil udah pecicilan, jadi susah juga merubah image walaupun uda jaga sikap ujung2nya ketauan kartu kuningnya kang.. hehe btw thanks infonya ya

    BalasHapus
  20. motivasi yang bagus, thanks!

    BalasHapus
  21. Saya rasa berat jadi orang berwibawa ya? Secara aku gitu, soalnya masih banyak sikapku yang bertentangan dengan 5 hal di atas.

    BalasHapus
  22. Sepakat banget nih, selalu bersyukur dan keep positive thinking yaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih bener kak ella.. ayo jadi orang yang lebih berwibawa xixix

      Hapus
  23. wah bisa di praktekin juga nich untuk diri sendiri

    BalasHapus
  24. ini kelemahanku saat bertemu dengan HRD,, gak ada wibawanya kata mereka :D

    mungkin cara diatas dapat diterapkan, :D

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.