Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum

Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum (Public Speaking)

Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum (Public Speaking) - Ada banyak para subscriber youtube saya yang bertanya kepada saya mengenai topik seputar public speaking, “Bang Roli gimana caranya agar saya bisa berbicara di depan umum. Kenapa berbicara di depan umum begitu sulit bagi saya, Tolong kasih tipsnya bang roli”

Pertanyaan semacam itu saya rasa wajar-wajar saya bagi seorang pemula yang baru memulai belajar berbicara di depan banyak orang.

Beberapa tahun yang lalu saya pun juga sama, saya sering bertanya. Mengapa orang lain pandai sekali berbicara di depan banyak orang dan mengapa saya tidak?, Apa sebenarnya rahasianya?

Saat itu saya mulai belajar sambil mencoba praktik dan alhamdulillah lama-kelamaan saya pun menjadi terbiasa dengan aktivitas public speaking. Saat ini setidaknya sudah ada kemajuan dalam diri saya pribadi karena usaha yang saya lakukan sebelumnya.

Sukses dalam berkomunikasi di depan banyak orang sebenarnya memiliki kriteria tersendiri. Seseorang dapat dikatakan sukses berbicara di depan umum apabila memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Beberapa kriteria yang saya maksudkan diantaranya adalah :

LANCAR, PERCAYA DIRI, DAN MEMILIKI DAYA TARIK.

Jadi jika kalian ingin dikatakan sukses pada saat berbicara di depan banyak orang maka kalian harus memenuhi kriteria di atas, Nah bagaimana caranya? Berikut adalah tips dari saya.

1. Lancar
Kita seringkali melihat seorang public speaker yang lancar pada saat berbicara di depan banyak orang. Dari awal berbicara sampai dengan selesai hampir semuanya tanpa kesalahan, kira-kira apa sih tips nya?, Sebenarnya untuk bisa seperti itu kita harus melakukan REPETISI atau PENGULANGAN. Mengapa mereka lancar, ya karena mereka sering mengulang. Apabila kalian sering mengulang ucapan yang sudah pernah kalian ucapkan maka itu akan melekat dalam benak kalian sehingga itu yang dapat membuat kalian menjadi lancar. Jadi jawabanya sangat simpel yakni kalian harus mengulang, mengulang dan mengulang.

2. Percaya diri
Untuk masalah PERCAYA DIRI sebenarnya sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya, dan juga sudah pernah saya bahas dalam video saya di youtube. Silahkan klik Disini untuk membacanya dan klik Disini untuk menonton videonya.

3. Memiliki Daya Tarik
Seorang public speaker juga bukan hanya sekedar berbicara saja, melainkan juga harus memiliki daya tarik tersendiri agar audiens bisa mendapatkan kenyamanan pada saat mendengar apa yang disampaikan. Ketika seorang public speaker tidak memiliki daya tarik maka ia akan terlihat garing dan membosankan dimata audiens, olehnya dibutuhkan teknik agar audiens bisa tertarik.

Bagi kalian yang ingin tahu tips public speaking agar tidak membosankan, saya menyarankan kalian untuk menonton video saya yang sebelumnya pernah saya publikasikan di youtube, Silahkan klik Disini.

Itulah beberapa pembahasan saya mengenai "Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum" Semoga dapat bermanfaat bagi kalian. Saya Roli Supiawan sampai jumpa di tips-tips berikutnya, Salam Inspirasi!!

INGIN TERHUBUNG DENGAN SAYA?

Instagram :

Facebook :

Twitter :


Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Tips Sukses Berbicara Di Depan Umum"

  1. Keren mas roli.. kalau saya ga pede hehe

    BalasHapus
  2. Kelemahan saya yang saya rasakan sampai saat ini sih public speaking, masih kurang memiliki rasa percaya diri.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.