Kiat dan Tips Menjadi Seorang Public Speaker Handal dan Profesional

Kiat dan Tips Menjadi Seorang Public Speaker Handal dan Profesional - Artikel ini sebenarnya saya buat karena saya terinspirasi dari orang-orang yang sangat luar biasa yang telah berhasil memenangkan Kontes Public Speaking "WORLD CHAMPIONSHIP OF PUBLIC SPEAKING" yang selalu diadakan setiap tahunya.

Kebetulan di tahun 2017 ini beberapa daftar orang yang berhasil memenangkan Kontes Public Speaking ini diantaranya Manoj Vasudevan dengan pringkat satu, Simon Bucknall dengan pringkat kedua, dan Kevin Stamper dengan pringkat ketiga.
JUARA WORLD CHAMPIONSHIP OF PUBLIC SPEAKING 2017

Saya berbagi kiat-kiat ini bukan berarti saya adalah orang yang pandai  atau mungkin kalian mengira saya setara dengan para juara diatas, sebenarnya tidak seperti itu. Justru disini saya ingin mengajak kalian semua untuk belajar bersama, kita akan belajar tentang kiat atau tips yang sebenarnya digunakan oleh mereka (para juara) sehingga mereka bisa menjadi seorang public speaker handal dan professional.

Menurut penilaian dan pengamatan saya, Manoj Vasudevan dan kawan-kawan mengapa mereka bisa tanpil profesional saat berbicara di depan umum, ternyata mereka melakukan tiga kiat. Berikut adalah 3 kiat dan tips untuk menjadi pembicara atau seorang public speaker yang professional seperti Manoj Vasudevan dan kawan-kawan.

Pertama : Mengutamakan Praktik


Saya sering kali mengatakan di dalam video tips public speaking yang saya publikasikan di channel youtube saya, bahwa kunci utama dalam public sepeaking itu sebenarnya praktik bukan teori. Apabila kita hanya mempelajari teori saja namun kita tidak pernah mempraktikanya maka saya rasa kita tidak akan pernah bisa menguasai public speaking. Kuncinya adalah memulai praktik dari sekarang jangan terlalu memikirkan teori.


Kedua : Selalu Mengevaluasi Diri


Dimana-mana evaluasi sangat dibutuhkan, bahkan di dalam public speaking pun evaluasi tentu dibutuhkan. Public speaking adalah seni berbicara yang mana untuk menguasainya dibutuhkan kebiasaan mengulang dan mengulang sehingga pada saat sedang mengulangnya kita harus menyelipkan evaluasi agar kedepanya public speaking kita menjadi semakin baik.


Ketiga : Berbicara Seperti Air Yang Mengalir


Seorang pembicara profesional terlihat sangat lancar, mengapa? jawabanya adalah karena mereka berbicara seperti air yang mengalir. Dirasakan dan dihayati, tidak dengan cara menghafal, melainkan dengan cara menjelaskan apa yang dipahami menggunakan nalar yang sudah dilatih sebelumnya.

Jadi ya kalian harus banyak latihan dan banyak mempraktikan agar bisa profesional dan lancar berbicara seperti air yang mengalir.

Nah itulah beberapa Kiat dan Tips Menjadi Seorang Public Speaker Handal dan Profesional", Semoga dapat menginspirasi para pembaca untuk terus belajar mengembangkan potensi public speaking yang dimiliki.

Ingin Terhubung Dengan Saya?

Instagram :

Facebook :

Twitter :

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Kiat dan Tips Menjadi Seorang Public Speaker Handal dan Profesional"

  1. tipsnya menarik bang cuma satu yang menghinggapi saya saat ini yaitu grogi nggak mau hilang saat berbicara di depan umum

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa cek artikel saya yang lain, smoga membantu

      Hapus
  2. Poin ketiga biasanya sampe ke audience banget ya kayaknya :)

    BalasHapus
  3. Wah ini emg kudu dipraktekin ya.. Makasih infonya kak

    BalasHapus
  4. Yaa!! Tulisan diatas sangat menginspirasi sekali tentang bagaimana caranya menjadi seorang pembicara handal. Didepan publik atau kalayak ramai..😃😃

    Namun untuk mencapai semua itu perlu waktu serta bagaimana kita mengatur alur bicara menjadi terarah dan benar..😃😃


    Terima kasih sudah berkunjung keblog Wordpress saya..😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. siapp terimakasih uda berkunjung balik

      Hapus
  5. kiat dan tips nya sangat bermanfaat nih bagi public speaker..kalau saya sih ngomong nya gak lancar hehe

    BalasHapus
  6. harus banyak praktek dimanapun berada
    setelah di kamar belajar
    kemudian ke publik, teman kita dahulu

    BalasHapus