Cara Belajar Public Speaking

Cara Belajar Public Speaking - Banyak orang merasa kesulitan saat disuruh berbicara di depan umum. Mulai dari masyarakat umum sampai dengan kelas mahasiswa yang setiap harinya berhadapan dengan mata kuliah yang terkadang menutut mereka untuk melakukan presentasi juga kadang merasa kesulitan saat disuruh berbicara di depan umum.


Berbicara di depan umum atau dalam bahasa keren nya public speaking merupakan salah satu skill yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang menguasai ilmu public speaking. Mungkin hanya orang-orang yang bergelut dibidang yang tidak terlepas dari aktifitas public speaking saja yang dapat menguasai public speaking.

Maka darinya untuk bisa public speaking tentunya anda harus belajar dulu. Banyak orang yang ketika belajar public speaking itu mudah menguasai namun banyak juga yang sulit menguasai, itu semua tergantung dari pengalaman sebelumnya.

Para pembaca yang budiman, dalam artikel ini saya akan sedikit sharing kepada anda mengenai tips dan cara belajar public speaking. Semoga apa yang anda butuhkan dapat anda temukan di blog ini.

Materi tentang seputar public speaking sebenarnya sudah banyak saya bagikan di beberapa artikel saya sebelumnya dan juga di beberapa video yang saya unggah di channel youtube saya, disana banyak membahas tentang public speaking, silahkan klik disini untuk menonton.

Beberapa tahun yang lalu saya juga tidak bisa public speaking. Ketika disuruh menyampaikan sesuatu di hadapan umum saya seperti tidak bisa berbicara, jangan kan menjelaskan sesuatu, diminta untuk bertanya pun saya tidak berani.

Seiring dengan berjalanya waktu dan seiring dengan banyaknya pengalaman yang saya alami maka sedikit-demi sedikit saya memberanikan diri untuk memulai public speaking, hingga akhirnya saya pun bisa dan kini sudah sedikit terbiasa.

Belajar public speaking itu butuh proses, tidak secepat kita membalikan telapak tangan, jadi butuh waktu untuk menguasainya.

Bagaimana caranya saya belajar public speaking?

Oke jadi disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana cara orang lain belajar public speaking, namun disini saya akan menjelaskan bagaimana cara saya sendiri selama ini dalam belajar public speaking.

Pertama : Saya belajar public speaking dari mengikuti organisasi, jadi selama saya menjadi mahasiswa saya aktif dalam berorganisasi sehingga disana banyak peluang yang bisa saya lakukan dalam belajar public speking. Contohnya misalkan seperti bisa memberikan argument dan opini pada saat rapat, bisa menjadi MC pada saat mengadakan kegiatan, dan masih banyak lagi peluang lainya. jadi buat anda yang ingin cepat bisa public speaking, saran saya anda harus segera praktik dan praktik. Wadah yang paling tepat untuk praktik adalah organisasi.

Kedua : Saya belajar public speaking dengan cara latihan. Biasanya dipagi hari sebelum saya mandi saya melakukan latihan belajar berbicara. Ini memang terkesan aneh tapi ya inilah cara saya belajar dan setelah saya rutin melakukan hal ini saya merasakan dampak yang luar biasa dalam public sepaking saya. Terjadi sebuah peningkatan daripada sebelumnya, mulai dari gaya saya berbicara, intonasi suara sampai dengan susunan kata-kata yang saya gunakan sudah lebih baik. Saya menyarankan anda untuk melakukan cara yang ini, manfaatnya sudah saya rasakan.

Ketiga : Menurut saya yang ketiga ini adalah cara yang paling ampuh untuk menjadikan diri anda pembicara yang baik. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan merekam diri sendiri saat berbicara. Cobalah rekam diri anda saat berbicara, setelah merekam anda bisa menonton kembali video yang anda rekam tadi, nah disana anda akan bisa mengoreksi diri anda sendiri, sehingga anda pun bisa memperbaiki gaya berbicara anda, intonasi suara anda, body language anda, dan bahkan bagaimana ekspresi anda saat berbicara pun juga bisa anda evaluasi disana. Jadi kalo orang jaman dulu belajarnya di depan cermin maka anda sekarang kan hidup di jaman modern, anda harus bisa menyesuaikan belajar dengan cara masa kini yakni memanfaatkan gadget yang anda punya.

Nah pembaca yang budiman, jadi itulah beberapa tips dari saya tentang bagaimana cara belajar public speaking (belajar berbicara di depan umum). Apa yang anda baca ini merupakan murni tips dari saya, silahkan diterapkan dalam kehidupan anda, semoga dapat memberikan manfaat, terimakasih sudah membaca tulisan ini, mohon maaf apabila ada penulisan yang kurang baik.

Salam sukses, salam inspirasi!!

Ingin Terhubung Dengan Saya?

Instagram :

Facebook :

Twitter :




Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "Cara Belajar Public Speaking"

  1. Mantap mas tetap memginspirasi yah. Semoga bisa menjadi coach publik speaking yang ter best deh. Salam inspirasi

    BalasHapus
  2. Yang cara ketiga memang benar, waktu itu ada training tentang skill presentasion, dan suruh praktek dan direkam langsung.

    BalasHapus
  3. aku suka banget liat video motivasinya. Dari artikel ini aku juga jadi belajar gimana bisa tampil di depan umum dan mengemukakan pendapat dengan baik... cara yang kedua lucu ,, tapi bisa juga tuh dicoba :)

    BalasHapus
  4. pengen banget bisa public speaking tpi kok suka ada malu2 nya gtu ya kang.,. harus banyak belajar lagi nih,, belaajar biar makin pinter publik spekingnya yaaa.. thanks sharenya kang..

    BalasHapus
  5. saya juga pengin jadi pembicara
    tapi kayaknya skill tentang itu masi sangat kurang sekali

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.