Tips Agar Bisa Menjawab Pertanyaan Audiens Pada Saat Presentasi


Teradang dalam presentasi kita seringkali cemas dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan audiens kepada kita. Mungkin dalam benak kita bertanya, apakah kita bisa menjawabnya dengan baik atau malah sebaliknya kita tidak mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Dalam kesempatan ini, saya ingin sedikit sharing kepada kalian tentang tips bagaimana cara agar kita bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh audiens kepada kita pada saat melakukan presentasi.

Hal pertama yang seharusnya kalian lakukan adalah mencari tahu terlebih dahuulu apa saja indikasi atau penyebab yang dapat membuat kalian tidak bisa menjawab pertanyaan audiens pada saat presentasi. Saya disini merangkumnya dalam tiga penyebab, yakni sebagai berikut :

Kemungkinan pertama karena faktor pertanyaan yang diberika audiens luar dari konteks yang kalian bahas.

Kemungkinan kedua karena faktor kalian kurang mampu dalam mengolah kata sehingga kesulitan dalam mengutarakanya.

Kemungkinan ketiga karena faktor kalian tidak memiliki wawasan banyak mengenai topik yang kalian bahas.

Nah ketika kalian sudah tau indikasinya, maka selanjutnya tugas kalian adalah mengatasi atau memberikan solusi dari setiap indikasi-indikasi tersebut.

Pertama untuk bisa mengatasi masalah tidak bisa menjawab saat presentasi adalah dengan menyiapkan diri sebelum presentasi. Ibarat orang kalau mau pergi perang tentu harus siap senjata dulu, kalau ga siap ya bisa-bisa kalah nantinya. Begitupun dengan public speaking, jika kalian ingin presentasi kalian baik tanpa ada masalah, maka persiapkanlah hal-hal yang dibutuhkan seperti persiapan properti presentasi, materi presentasi, kondisi fisik kalian yang akan memberikan presentasi, dan prediksi pertanyaan-pertayaan yang bakal ditanyakan oleh audiens.
Selanjutnya adalah belajar cara mengolah kata yang baik, kira-kira Cara berkomunikasi yang mudah di pahami audiens itu seperti apa, nah itu kalian pelajari. Sehingga nantinya kalian dapat terbantu pada saat menjawab pertanyaan audiens.
Yang terakhir selain kalian menyiapkan skill komunikasi, kalian juga ga boleh lupa kalau kalian juga harus benar-benar mempersiapkan materi yang ingin dipresentasikan, pelajari materi presentasi dengan baik. Sekalipun kalian pandai mengolah kata tapi kalo wawasan kalian masih minim, maka itu juga akan dapat membuat kalian menjadi susah dalam menjelaskanya kepada audiens. Jadi, pelajari materi sampai anda benar-benar menguasainya.
Itulah tips singkat bagaimana cara agar bisa menjawab pertanyaan audiens pada saat presentasi. Semoga dapat memberikan manfaat.

Bila kalian ingin mendapatkan tips ini dalam bentuk video silahkan kalian bisa tonton video ini.


Terimakasih sudah bersedia membaca tulisan saya, maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan. saya Roli Supiawan, salam sukses dan salam inspirasi!

Ingin terhubung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Tips Agar Bisa Menjawab Pertanyaan Audiens Pada Saat Presentasi"

  1. Intinya kalau kita sudah menguasai materi, ditanyak-tanyakin pasti akan ada jawabannya. Kecuali ditanyak "kapan nikah?" *eh

    BalasHapus
  2. T e r f a e d a h

    Tips yang sangat berguna mass

    BalasHapus