Cara Berbicara Yang Baik di Depan Umum


Kak Roli gimana caranya saya bisa berbicara dengan baik di depan umum, kasih tipsnya donk? 
Pertanyaan semacam ini sering dilontarkan oleh para subscriber saya di youtube, bahkan tak sedikit dari mereka yang menghubungi saya secara langsung melalui media sosial yang saya punya. Berkat banyaknya video yang saya publikasikan di youtube yang membahas mengenai dunia public speaking, akhirnya banyak juga yang tertarik dengan apa yang saya sampaikan disana.

Sebelum saya melanjutkan tulisan ini, bagi kalian yang belum tahu channel youtube saya, silahkan bisa cek DISINI.

Sebenarnya untuk bisa berbicara dengan baik di depan umum itu pertama-tama kalian harus tahu dulu kriteria public speaking yang baik itu seperti apa. cara berbicara setiap orang itu berbeda-beda, namun secara umum memiliki kriteria yang sama. berikut adalah beberapa kriteria public speaking yang baik.
Berbicara dengan lancar, Memahami apa yang disampaian, Tidak monoton, Menggunakan body language yang baik, dan Percaya diri
Untuk bisa memenuhi kriteria di atas, kalian harus meng-implementasikan tips-tips berikut ini :

1. Melakukan repetisi/pengulangan
Pengulangan sebenarnya adalah salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan skill berbicara kalian. Antoni robins pernah mengatakan "The repetition is the mother of skill" pengulangan adalah ibu dari skill, jadi apabila kalian ingin memiliki skill komunikasi yang baik setidak-tidaknya kalian harus sering mengulang aktifitas berbicara kalian di depan umum.

2. Banyak membaca sebelum menyampaikan materi
Membaca materi/mempelajari materi sebelum tampil di depan umum sangatlah penting, sebab dengan begitu kalian bisa lebih lancar berbicara di depan banyak orang. Hal itu juga bisa membuat diri kalian jadi lebih percaya diri serta dapat menghindari nge-blank di atas panggung.

3. Belajar cara memberikan jokes
Jokes biasanya digunakan untuk mencairkan suasana agar tidak tegang, contohnya misalkan dengan memberikan cerita-cerita lucu dan lain sebagainya. Sebenarnya tujuan dari jokes ini sendiri bukan hanya untuk mencairkan suasana saja, melainkan dapat juga untuk menyatukan RASA antara seorang public speaker dengan audiens nya.

4. Belajar cara menggerakan tubuh/body language
Berbicara tanpa menggerakan tubuh ibarat makan nasi tanpa lauk, mengapa? Sebab syarat diterimanya apa yang kita sampaikan kepada audiens juga dipengaruhi oleh visualisasi menggunakan gerakan tubuh (body language). Jadi buat kalian yang biasanya suka diem ga ada gerakan saat berbicara di depan umum, mulailah membiasakan diri untuk melakukan gerakan visualisasi dalam public speaking, tentunya itu akan berguna untuk mendapatkan perhatian lebih dari audiens.

5. Tanamkan rasa percaya diri dalam diri
Kunci terpenting kesuksesan seorang public speaker itu terletak pada kepercayaan dirinya. Tidak mungkin seorang public speaker dapat menyampaikan sesuatu dengan baik dimuka umum apabila tidak disertai dengan rasa percaya diri yang tinggi.

Buat kalian yang bingung dan ga tau cara menumbuhkan rasa percaya diri, kalian bisa tonton tips dari saya di channel youtube saya atau dengan membaca artikel saya yang berjudul "Cara Meningkatkan Percaya Diri Saat Berbicara di Depan Umum"

Itulah beberapa tips dari saya tentang bagaimana cara berbicara yang baik di depan umum, semoga dapat memberikan manfaat.

Terimakasih sudah bersedia membaca tulisan saya, maaf apabila ada kekurangan dalam penulisan. saya Roli Supiawan, salam sukses dan salam inspirasi!

Ingin terhubung dengan saya?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Berbicara Yang Baik di Depan Umum"

  1. lalu, bagaimana menciptakan jokes yang bagus biar gak garing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next artikel atau next video mungkin saya akan membuatkanya..terimakasih sudah mampir

      Hapus
  2. banyak membaca sebelum tampil itu perlu banget, kadang walaupun kita udah paham konsepnya tapi ketika kita gugup kita sering blank gitu tentang konsepnya T.T

    saya pernah gitu soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum terbiasa, biasanya seperti itu...
      Terimakasih udah mampir mas

      Hapus
  3. Wah keren nih bang, jarang blog yang membahas tentang public speaking, saya salah satunya yang suka grogi kalau disuruh bicara didepan umum. Boleh dong saya sedikit-sedikit belajar disini ya bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mas, terimakasih udah mampir

      Hapus
  4. Makasih atas tipsnya semoga bisa bermanfaat yah

    BalasHapus
  5. Mencairkan suasana dengan lawakan emang cukup membantu. Asal sesuai aja lawakannya itu. Nah, pengulangan perlu sekali. Semakin terbiasa jadinya.

    Dulu sempet percaya diri aja tiap tampil. Pernah baca puisi, membahas dunia blog juga pernah pas acara komunitas. Sekarang udah nggak pernah, kayaknya bakalan grogi karena saya udah lama banget nggak tampil di depan umum lagi. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mungkin suatu saat ada kesempatan lagi buat public speakingnya,,,,thanks uda mampir mas yoga

      Hapus
  6. Artikel yang inspiratif...karena memang tidak mudah bagi seseorang berbicara secara menarik di depan orang lain....aku ngacung duluan nih.... :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.