Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi

Artikel ini saya tulis karena banyak para subscriber youtube saya yang bertanya kepada saya mengenai tips menghilangkan rasa grogi saat berbicara di depan umum. Saya juga sebenarnya sudah membuatkanya dalam bentuk video, namun dalam kesempatan ini saya akan mencoba menuangkanya dalam bentu tulisan. Bagi kalian yang mungkin ingin menonton tips mengatasi grogi dalam bentuk video silahkan bisa ditonton DISINI.


Grogi sebenarnya adalah hal yang wajar, Alamiah terjadi pada diri setiap orang. Semua orang pasti pernah grogi, bahkan orang-orang besar yang sering kita lihat di TV seperti mario teguh pun juga pernah grogi. Tapi grogi bagi mereka mungkin adalah bagian dari masa lalu yang sudah berhasil mreka lewati dan sudah bisa mereka kendalikan.

Bagi kalian yang saat ini masih mengalami grogi saat berbicara di depan orang banyak jangan khawatir, pasti akan ada solusi terbaik untuk kalian kok. 

Sebenarnya grogi itu tidak bisa dihilangkan melainkan hanya bisa di kurangi. Siapapun itu apabila berada dalam kondisi yang berbeda tentu akan merasa grogi. Contoh misalkan saat ini kalian adalah seorang pengajar di kelas, kalian pasti akan merasa biasa apabila berbicara di depan siswa atau siswi. Namun jika sekarang kalian berada dalam kondisi yang berbeda, misalkan diberikan kesempatan  untuk berbicara di depan masyarakat umum, yang mana disana ada pimpinan masyarakat (Kades, Camat, Bupati) pasti kalian akan merasakan perbedaan, walaupun sebenarnya kalian sering berbicara di depan para siswa tapi tetap saja merasa sedikit grogi bila di hadapkan dengan audiens yang berbeda.

Kira-kira seperti itulah gambaran mengenai rasa grogi. Lantas bagaimana sih cara mengendalikan/meminimalisir rasa grogi? Berikut adalah poin yang harus kalian implementasikan untuk mengatasi rasa grogi.

1. Berusaha Rileks
Seorang public speaker biasanya sebelum mereka memulai berbicara, mereka pasti melakukan sebuah pemanasan agar dirinya menjadi lebih rileks. Beberapa pemanasan yang sering dilakukan  seperti misalnya melatih suara, melatih pernafasan, dan melatih gerakan tubuh (body language).

Hal semacam ini juga bisa kalian lakukan agar nanti pada saat kalian tampil berbicara di depan rasa grogi kalian dapat diminimalisir.

2. Merasa Superior
Merasa superior disini adalah merasa lebih baik dari yang lain, tetapi jangan kalian artikan dalam artian yang negatif, namun kalian harus mengartikanya dalam artian yang positif.

Dengan begitu, rasa grogi bisa sedikit dikurangi. Bayangkan saja apabila kalian menganggap orang-orang di depan kalian adalah orang biasa dan kalian jauh lebih baik dari pada mereka, maka dengan sendirinya kepercayaan diri itu akan muncul dan secara otomatis rasa grogi bisa diminimalisir.

3. Repetisi / Pengulangan
Antoni robins pernah mengatakan "The repetition is the mother of skill" Pengulangan adalah ibu dari skill. Jadi sebenarnya kunci dari sebuah skill itu terletak pada seberapa sering kita mengulangnya, semakin sering kita mengulang atau latihan berbicara maka semakin baik pula public speaking kita.

Ada pepatah yang mengatakan orang bisa karena terbiasa, seorang public speaker, mengapa mereka sangat percaya diri dan tidak grogi saat berbicara di depan banyak orang? jawabanya cuma satu, yaitu karna mereka sudah terbiasa melakukan hal itu secara berulang-ulang.

Jadi kalo kalian ingin terbiasa berbicara di depan banyak orang, ya kalian harus sering mengulang (repetisi).

4. Lupakan Teori / Just do It
Sebenarnya apapun itu, apabila diplajari hanya sebatas teori tanpa pernah di praktikan saya rasa tidak akan pernah menghasilkan apa-apa dan mungkin hanya akan menyisakan pertanyaan, pertanyaan, dan pertanyaan saja.

Bukanya saya melarang kalian untuk bertanya, namun alangkah lebih baiknya kalian mulai praktik saja dari skarang nanti kalo sudah action, barulah bertanya kepada diri kalian sendiri, saya yakin pasti akan terjawab dengan sendirinya.

Guru terbaik adalah pengalaman, jadi kalo selama kalian merasa public speaking kalian masih kurang bagus dan masih saja kalian merasa grogi, maka jadikanlah itu sebagai sebuah pengalaman. Pelajari apa kekurangan sebelumnya yang harus kalian benahi.

Di dunia ini tidak ada yang instan semua butuh proses, jadi hargailah proses karna itu lebih baik.

Mungkin itu saja dulu tips yang dapat saya bagikan kali ini, semoga dapat memberikan manfaat.

Jika kalian ingin mendapatkan tips seputar public speaking lebih banyak lagi silahkan kalian bisa cek channel youtube saya, disana ada banyak video yang saya buat tentang public speaking, inysaallah  dapat membantu kalian.

Terimaksih sudah menyempatkan membaca tulisan ini, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penulisanya.

Salam sukses, Salam Inspirasi!

INGIN TERHUBUNG DENGAN SAYA?

Instagram :
https://www.instagram.com/supiawanroli/

Facebook :
https://web.facebook.com/roli.supiawan.3

Twitter :
https://twitter.com/Rolisupiawan

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Cara Berbicara di Depan Umum Agar Tidak Grogi"

  1. klo aku msh ttp aja grogi 😬😬😬

    BalasHapus
  2. Saya malah dari kecil selalu over confidence kalo ngomong di depan umum, wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. kalo grogi saya pasti sering banget, hehe. kayaknya kalo grogi bisa dihilngkan dengan rileks itu tadi ya?

    BalasHapus
  4. Halo Roli, wah,,,ini nih yang saya butuhkan. Jangankan bicara di depan umum, bicara di depan video saja sudah grogi. Makasiyy ya tipsnya, akan saya ingat-ingat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...terimakasih juga udah mampir

      Hapus
  5. Kalau tidak menguasai materi pasti bakalan grogi, salah satu contoh kecil grogi itu yah saat PDKT sama gebetan wkwkwk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ada ada aja kang,,
      makasih uda mampir

      Hapus
  6. Klo presentasi awalnya pasti grogi di 5 menit pertama, tapi lama kelamaan mulai nyaman,,
    #susah ngilangin grogi

    BalasHapus
  7. kalo grogi sih menurut aku itu manusiawi , karna kadang sebelum ngomong kita udah mikirin yg ngga ngga gitu ,, taku salah ngomong atau ngga PD diliatin banyak orang , terus mereka dengerin ngga yah apa yg kita omongin
    tapi yah itu di awal ,,, kalo udah ngomng beberapa menit yah lancar dengan sendirnya ,,, gua mah gitu xixixixixixi

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi pembaca.